alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58830a3ddc06bd286e8b456f/longsor-lagi-di-cilacap-desa-majingklak-terisolir
Longsor Lagi di Cilacap, Desa Majingklak Terisolir
Longsor Lagi di Cilacap, Desa Majingklak Terisolir
Cilacap, GATRAnews – Jalan alternatif yang dibuat oleh warga Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kembali terputus akibat longsor. Akibatnya, satu desa kembali terancam terisolir. Jalur ini sebelumnya dibuat oleh warga karena jalan milik kabupaten sepanjang 125 meter putus.

 
Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap wilayah Majenang, Edi Sapto Priyono mengatakan putusnya jalur tersebut menyebabkan warga Desa Palugon Kecamatan Wanareja terisolir. Pasalnya jalan tersebut adalah akses jalan terdekat ke kota kecamatan atau ke desa yang lain. “Ada jalan lain tetapi harus berputar jauh dan kondisinya jelek,” imbuh Edi, Jumat (20/1).
 
Edi menjelaskan jalur ini pernah terputus total karena longsor sepanjang 125 meter dan kedalaman 8 meter. Kemudian, warga membuat jalur alternatif baru di sebelah atas longsoran semula. Namun, pada Desember kemarin, longsor juga menyebabkan jalur ini kembali putus. Kemudian warga membuat jalur alternatif baru agar bisa dilewati kendaraan,setidaknya roda dua.
 
“Terbaru, ada retakan di atas mahkota longsor lama. Warga sedang membuat jalan baru lagi karena jalur alternatifnya putus sudah kena longsor lagi,” jelas Edi.
 
Namun, Edi mengakui, pembuatan jalur alternatif baru ini juga masih di area yang rawan longsor. Sehingga dikhawatirkan akan longsor kembali. Penurunan tanah juga masih berlangsung. “Sudah ada retakan sepanjang 10 meter di sebelah atas mahkota longsoran lama dan jalur alternatif,” ujarnya.
 
Edi Sapto menambahkan, pada longsoran pertama penanganan secara permanen akan dilakukan setelah kondisi tanah stabil. Tetapi, saat ini pergerakan tanah masih terus berlangsung. “Kami juga masih harus menunggu survei tim geologi untuk memutuskan penanganan permanennya. Sebab, pergerakan tanah juga masih terjadi,” jelasnya.
 
Diketahui, pada longsor awal jalur Majingklak-Palugon, panjang luncuran mencapai 200 meter dengan luasan lahan tanah bergerak mencapai empat hektar. Bidang jalan yang terputus mencapai panjang 125 meter. Beruntung, longsor terjadi di jalan yang merupakan area perkebunan warga sehingga tidak ada korban jiwa.

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Dani Hamdani 

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/jawa/...klak-terisolir

---


- Jalan Putus Total, Warga Pamulihan Cilacap Terpaksa Buat Jalur Alternatif