alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587e0b32c2cb17836b8b4567/prof-mahfud-tegaskan-polri-bukan-penegak-fatwa-mui
Prof Mahfud Tegaskan Polri Bukan Penegak Fatwa MUI
jpnn.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Moh Mahfud MD menyatakan bahwa fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bukanlah hukum positif. Karenanya, aparat penegak hukum tidak bisa menegakkan fatwa MUI.

“Fatwa MUI bukan hukum. Tidak boleh menggunakan aparatur negara untuk melaksanakan atau untuk menegakkannya,” ucap dia Mahfud usai diskusi bertema Fatwa MUI dan Hukum Positif di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (17/1)

Guru besar ilmu hukum itu menambahkan, umat Islam juga tidak boleh menggunakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) ataupun organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk menegakkan fatwa MUI. “Karena fatwa untuk kebutuhan amaliyah pribadi tidak bisa dipaksakan ke orang lain," katanya.

Lebih lanjut mantan menteri pertahanan itu menambahkan, Polri sebetulnya sangat paham mengenai kedudukan fatwa MUI ini. Namun, Korps Bhayangkara itu memerlukan dukungan lebih kuat untuk menegaskan posisinya terhadap fatwa MUI.

Karenanya, Polri pun mengumpulkan akademisi dan ulama. “Bahwa akademisi dan ulama mengatakan itu (fatwa MUI, red) tidak lebih kuat dalam hukum negara dalam penegakannya," terangnya.

Kendati demikian, kata Mahfud, fatwa MUI secara etik dan moral mengikat ke pribadi masing-masing muslim. Sehingga, sanksinya bersifat otonom atau datang dari dalam diri sendiri. Misalnya karena takut malu atau dosa.

"Fatwa MUI belum menjadi hukum positif. Sehingga tidak bisa dipaksakan. Apakah fatwa bagus? Ya bagus sekali. Apakah penting ? Penting sebagai bimbingan akan tetapi penting maupun bagus tidak bisa menegakkan alat negara karena alat negara untuk menegakkan hukum itu hanya dengan hukum positif,” tuntas dia.(elf/JPG)

http://www.jpnn.com/news/prof-mahfud...egak-fatwa-mui



cuman memberikan himbauan agar nggak menerbitkan fatwa yg mengakibatkan polemik breee.. emoticon-Jempol
Nah lho..fatwa yg memvonis penistaan ntu gimana?
Cuma himbauan bre,jadi jan maksa2 loh bre inget bre emoticon-Marah
Silent majority mulai bergerak setelah pidato Mamak banteng... Muantappp.
Fatwa itu untuk pribadi. Urusannya ama Tuhan
Sayangnya digunakan alat oleh sekelompok orang untuk tampil
bibip mulai gusar neh...mulai jiper...buktinya gak berani laporin mega...padahal awalnya koar2, mulai banyak yg nyerang kayaknya
dopost sialan...telkampret sinyal empot2an
ibaratnya, seseorang di paksa shalat. iya orang itu shalat,
tapi apakah dia ikhlas? 90% enggak,
karena shalat itu timbul dari pribadi masing masing...

dosa? yah, itulah mengapa di ciptakan neraka,

semua kembali ke pribadi masing masing. saya setuju ama mahfud kali ini.
yah, semoga aksi² yang mengatasnamakan pengawalan fatwa dsb tidak terjadi lagi....
"Sesungguhnya manusia kerugian, melainkan yg saling mengingatkan dalam kesabaran"

Kalaupun ada gerakan penegakan fatwa, mbokya gausah galang massa atau ngerusuh, jelas itu ada di Al Qur'an

emoticon-No Hope
kalo di aceh silakan aja deh

kalo nakal aku balikin kamu ke suaka margafatwa joni emoticon-Traveller emoticon-linux2
Dan yang waras mulai bicara
kita dukung aparat penegak hukum untuk menempatkan hukum sebagai garis yang harus di patuhi seluruh warna negara.
agar kita bisa hidup damai dalam toleransi,
Quote:Original Posted By thesente
Dan yang waras mulai bicara


hati nuraninya mulai terketuk untuk berbicara

Biar fair, tadi juga denger penjelasan pak mahfud , ormas ataupun lsm bahkan polisi tidak bisa menegakkan fatwa sebab bukan hukum positif, lebih ke bimbingan pribadi. Nanti2 mah (kalau ga dibubarin) mui sebaiknya konsultasi dulu ke yg berwenang supaya efek fatwa lebih mengena dan tidak menimbulkan masalah
Jelaskan, gk bisa dipaksakan dan gk perlu ada LSM ato Ormas buat menegakkan nya emoticon-Leh Uga
Wkwk habis sudah amunisi nya onta udah di netralin semua
emoticon-Leh Uga
Woq zupeer sekali......ini baru top
Quote:Original Posted By suromenggolo
Fatwa itu untuk pribadi. Urusannya ama Tuhan
Sayangnya digunakan alat oleh sekelompok orang untuk tampil


Ada kesempatan buat bergerak gans, dulu saat MUI jarang mengeluarkan fatwa ya gak bisa gerak gimana-gimana. Sekarang mumpung ada fatwa bisa di share ke publik dan galang dukungan sebanyak-banyaknya. Sayangnya apa yang dilakukan berulang tentu hasilnya akan semakin menurun. Lebiih baik pas di puncak bikin kegiatan positif agar makinn banyak pendukungnya emoticon-Jempol