alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dee702e04c8e3098b458a/ganjar-pranowo-cabut-izin-lingkungan-pabrik-semen
Ganjar Pranowo cabut izin lingkungan pabrik semen
Ganjar Pranowo cabut izin lingkungan pabrik semen
Warga Rembang yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) menggelar aksi penolakan pendirian pabrik semen, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (17/1).
Sehari sebelum tiba tenggat untuk menjawab putusan Mahkamah Agung (MA), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mencabut izin lingkungan pabrik semen PT Semen Indonesia (PT SI) di Rembang.

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu, izin lingkungan dapat kembali berlaku jika perusahaan memenuhi persyaratan yang diminta.

"Pabrik harus memenuhi putusan Peninjauan Kembali (PK), kalau enggak bisa memenuhi putusan PK maka enggak bisa beroperasi. Maka ada kewajiban dia (PT SI) memenuhi PK," ujar Ganjar dikutip Kompas.com, Senin malam (16/1).

Seturut putusan MA, Ganjar mesti memerintahkan PT SI untuk menyempurnakan dokumen tambahan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan RKL-RPL (Rencana Pengelolaan Lingkungan/Rencana Pemantauan Lingkungan).

Dalam proses perbaikan dokumen, Ganjar meminta operasi pabrik "berhenti dulu semuanya" dengan "batas waktu dia yang menentukan sendiri".

Sebelumnya, pada Desember 2016, laman VIVA.co.id mewartakan bahwa Ganjar menyatakan putusan PK MA tidak berdampak pada penghentian operasi pabrik.

"Saya kok tidak membaca satu pun di dalam putusan (MA) itu menghentikan pabrik, atau ada yang membaca, atau saya yang tidak cermat," ujarnya.

Sementara, beritaTempo.co hari ini (17/1), menunjukkan bahwa Ganjar telah mencabut izin pendirian pabrik, yang dikeluarkan pada 2012. Namun, karena hanya ditunda, Ganjar membuka kesempatan kepada PT SI untuk memperbaiki dokumen amdal sesuai putusan hakim MA. Pabrik takkan bisa beroperasi jika tidak sanggup memenuhinya.

Tim penyusun amdal, Dwi P. Sasongko, dilansir Tempo.co, menyatakan ada empat poin perbaikan yang mesti dipenuhi PT SI sesuai dengan perintah hakim MA: perbaikan tata cara penambangan, menjaga kelangsungan sistem aquifer, menjamin pemenuhan kebutuhan air warga, dan menyediakan solusi konkret untuk air pertanian.

Pada 2012, Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo menerbitkan izin lingkungan bagi penambangan dan pembangunan pabrik PT. Semen Gresik (kini PT. Semen Indonesia) di Rembang.

Area itu meliputi penambangan batu kapur di Tegaldowo dan Kajar (520 hektare) serta penambangan tanah liat di Kajar dan Pasucen (250 hektare). Itu belum termasuk lokasi pabrik dan perangkatnya di Kajar dan Pasucen seluas 105 hektare serta jalan produksi di Kadiwono (15 hektare).

Mahkamah Agung membatalkan surat keputusan gubernur Bibit pada 5 Oktober 2016. Sekelompok warga, bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, menggugat pembangunan pabrik karena mengancam kelestarian lingkungan.

Lokasi penambangan dan pabrik berada di kawasan karst. Eksploitasi penambangan akan mematikan sumber air dan menghilangkan sawah yang menjadi penghidupan warga.

"Kalau ada (orang) bicara saya hidup dari pertanian, kalau nanti ada (pabrik) semen (di sana) bagaimana, halah nonsense," kata Bupati Rembang, Abdul Hafidz, menyambut dukungan pembangunan pabrik semen dari massa. "Insya Allah, (pabrik) semen tetap beroperasi tapi saya minta dukungan sepenuhnya."

Dalam dokumen putusan Mahkamah Agung, lima kegiatan PT. Semen Indonesia di Rembang berada di kawasan pegunungan Kendeng Utara. Lokasinya berada di atas cekungan air tanah Watuputih. Cekungan ini, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 26 tahun 2011, memiliki luasan 31 hektare dan mencakup wilayah Rembang dan Blora.
Ganjar Pranowo cabut izin lingkungan pabrik semen


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-pabrik-semen

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ganjar Pranowo cabut izin lingkungan pabrik semen Kenapa Polresta Bogor terima laporan kasus Ahok

- Ganjar Pranowo cabut izin lingkungan pabrik semen Peringkat "kompromi" JP Morgan untuk Indonesia

- Ganjar Pranowo cabut izin lingkungan pabrik semen Dua janji Freeport bila kontraknya diperpanjang

selamat ya, karyawan sekitar pabrik jd pengangguran lg ga bisa beroperasi

terima kasih lsm emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ioichaeyeon
selamat ya, karyawan sekitar pabrik jd pengangguran lg ga bisa beroperasi

terima kasih lsm emoticon-Embarrassment


pengangguran? emoticon-Ngakak (S)
lha pabriknya aja belom jadi
nah trus kalo pabrik semen berdiri dan membuat ekosistem di wilayah sana terganggu siapa yang rugi? petani emoticon-sad
Quote:Original Posted By salkomsel


pengangguran? emoticon-Ngakak (S)
lha pabriknya aja belom jadi
nah trus kalo pabrik semen berdiri dan membuat ekosistem di wilayah sana terganggu siapa yang rugi? petani emoticon-sad



klu bkn asli cah rembang g usah keminter emoticon-Embarrassment
pabrik da 99 % jadi, ud jalan, tempat pabrik jg di lahan tandus, petani lu suruh nanam apa? kurma sama minyak papyrus? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ioichaeyeon
selamat ya, karyawan sekitar pabrik jd pengangguran lg ga bisa beroperasi

terima kasih lsm emoticon-Embarrassment


nah loh
ane ucapin selamat juga dah

biasa lah lsm, emang kerjaannya gt
mencerdaskan masyarakat

emoticon-Cool
Quote:Original Posted By sunyimembara


nah loh
ane ucapin selamat juga dah

biasa lah lsm, emang kerjaannya gt
mencerdaskan masyarakat

emoticon-Cool


pikiran oicik gua sih klu gagal beroperasi tinggal relokasi ke kabupaten sebelah emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ioichaeyeon


pikiran oicik gua sih klu gagal beroperasi tinggal relokasi ke kabupaten sebelah emoticon-Embarrassment


nah, simple.
yg butuh kerjaan buanyak, lokasi tanah gersang juga gak di situ doank.
emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By ioichaeyeon



klu bkn asli cah rembang g usah keminter emoticon-Embarrassment
pabrik da 99 % jadi, ud jalan, tempat pabrik jg di lahan tandus, petani lu suruh nanam apa? kurma sama minyak papyrus? emoticon-Embarrassment


LSM asu itu... atas suruhan oknum
namanya pabrik semen pasti ambil tempat tandus, kalopun deket sawah suruh mereka lihat TUBAN... sekeliling pabrik masih banyak noh sawah yg masih fungsi baik juga,....
klo ga mau maju ya susah
Quote:Original Posted By bonchez


LSM asu itu... atas suruhan oknum
namanya pabrik semen pasti ambil tempat tandus, kalopun deket sawah suruh mereka lihat TUBAN... sekeliling pabrik masih banyak noh sawah yg masih fungsi baik juga,....
klo ga mau maju ya susah


kek g ngerti aja kerjaan LSM itu kek gmn
malakin yg punya pabrik gua minta duit 20 jt - 50 jt
ga lu kasi aq galang demo dr masyarakat buat demo pabrik lu ga bs beroperasi

yg namanya pabrik ga beroperasi 1 hari = rugi milyaran emoticon-Embarrassment
beda sama jualan nasi bungkus ga jualan sehari rugi 100 rb doank emoticon-Big Grin
LSM asu
nti klo kita kekurangan semen, pasti harus import

kyknya ada maen sama mafia import lah emoticon-Embarrassment

jd fix lsm asu
LSM dimana mana emng taek emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka isine pengangguran