alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dd7abd9d770c47a8b456e/lsi-denny-ja-elektabilitas-agus-dan-ahok-naik-anies-turun
LSI Denny JA: Elektabilitas Agus dan Ahok Naik, Anies Turun
LSI Denny JA: Elektabilitas Agus dan Ahok Naik, Anies Turun
Rilis survei LSI Denny JA (Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom)

Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dipimpin oleh Denny Januar Ali kembali merilis elektabilitas 3 pasangan calon di Pilgub DKI 2017. Hasilnya, elektabilitas Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat terus naik sedangkan elektabilitas Anies Baswedan-Sandiaga Uno menurun.

Survei terbaru LSI Denny JA dilakukan pada 5-11 Januari 2017. Jumlah responden survei sebanyak 880 responden dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Metodenya adalah multistage random sampling dengan margin of error +- 3,4%.

Hasil survei memperlihatkan elektabilitas Agus-Sylvi sebesar 36,7%; Ahok-Djarot memperoleh dukungan 32,6%; sementara elektabilitas Anies-Sandi sebesar 21,4%. Mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 9,3%.

"Jika Pilkada dilakukan hari ini, pasangan Anies-Sandi tersingkir di putaran pertama," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam rilis survei di Graha Dua Rajawali, Jl Pemuda No. 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (17/1/2017).

Kesimpulan itu didapat karena jarak dukungan pemilih kepada pasangan Anies semakin tetringgal di atas 10 persen dibandingkan dukungan kepada Ahok dan Agus. Jika elektabilitas Anies-Sandi ditambah dengan semua yang belum menentukan pilihan, keduanya juga belum lolos ke putaran kedua.

LSI Denny JA juga memetakan elektabilitas Anies-Sandi sejak November 2016. Survei LSI Denny JA saat itu menunjukkan elektabilitas Anies-Sandi paling rendah dibanding Agus dan Ahok yaitu 20%. Di Desember 2016, elektabilitas Anies-Sandi naik menjadi 23,6% tapi tetap paling rendah. Pada Januari 2017, elektabilitas Anies-Sandi 21,4%.

"Tren elektabilitas Agus dan Ahok naik. Elektabilitas Anies-Sandi yang cenderung stagnan dan bahkan turun menguatkan kesimpulan LSI Denny JA bahwa pasangan Anies-Sandi berpeluang tersingkir di putaran pertama," ungkapnya.

LSI Denny JA memaparkan 3 alasan Anies-Sandi berpotensi tersingkir di putaran pertama. Alasan pertama adalah karena kunjungan Anies ke FPI dan bertemu Rizieq Shihab.

"Pendukung Anies-Sandi di segmen menengah atas umumnya adalah pemilih muslim yang moderat yang tidak terlalu sejalan dengan FPI," papar Ardian.

Alasan kedua adalah tidak ada program unggulan yang dikampanyekan secara massif. Sementara alasan ketiga adalah Anies-Sandi kalah daya tarik dibanding Ahok-Djarot di segmen menengah atas dan juga kalah dengan Agus-Sylvi di kalangan menengah ke bawah.

Survei LSI Denny JA ini belum merekam dinamika suara tiap kandidat usai debat perdana pada 13 Januari 2017 lalu. Lembaga ini bakal mengadakan rilis survei lagi untuk memotret elektabilitas usai debat.
(imk/try)


https://news.detik.com/berita/d-3398...ik-anies-turun
Kalau objektif pemilih udah tahu mau pilih apa.
Kita liat pastinya aja nanti 15feb emoticon-Bingung
45M melayang Joni emoticon-Traveller
Makin seru ya..

Bakal dipecutin lg nih buzzer2.. emoticon-Traveller
hasil survei bukanlah jaminan....
loh loh.. kok ahok naik??

sia-sia dong demo-demo kmren..
FPI harus kerja keras lagi..
harus ada lagi bela jilid berikutnya biar tambah digunjang lagi tu elektebelitas tetangga...

eh ngomong ngomong kok tambah naik aja tu elektebelitas si ahok, mungkin salah jurus kali yaa.....
Nampak nya ahok djarot jg main aman tidak terlalu menyerang anies. Mgkn jaga2 berharap dukungan dari pemilih anies di putaran 2.

Tapi seperti nya selesai di putaran pertama ahok djarot 57%
ane masih tidak mengerti jalan pikiran yg pilih no1???

ga suka Ahok?? bolehlah itu hak pribadi masing2 individu.......
pilih seiman?? itu juga hak.......


tapi diantara paslon no1 dan no3..............
ane liatnya masih realistis klo pilih no3
>lebih matang
>ada pengalaman di birokrasi
>ada pengalaman manajemen/pengusaha
>debat juga lebih teratur dan sistematis



no1??? apa coba???
tolong pencerahannya???? emoticon-Smilie

polling kaskus lebih realistis lah antara paslon no1 dan no3 lebih banyak pilih no3.........emoticon-Entahlah
faktor sby doank???? emoticon-Entahlah






emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
buat nastak, jangan terlalu membully dan menghina anies.

pemenang putaran kedua ditentukan dari siapa yang bisa menarik paling banyak suara dari pendukung anies.
efek 1M kah?
aneh, kok banyak ya yg milih paslon dgn program bagi bagi duit dan hapalan. sudah lah emoticon-Motret
agus unggul??
berarti hasil debat engga ngebuktiin apa2..
atau orng2 mau coba berlindung di program agus yg anti gusur dan fulus?
Agus for dki 1

1 m gan....

Quote:Original Posted By mudah dihafal
ane masih tidak mengerti jalan pikiran yg pilih no1???

ga suka Ahok?? bolehlah itu hak pribadi masing2 individu.......
pilih seiman?? itu juga hak.......


tapi diantara paslon no1 dan no3..............
ane liatnya masih realistis klo pilih no3
>lebih matang
>ada pengalaman di birokrasi
>ada pengalaman manajemen/pengusaha
>debat juga lebih teratur dan sistematis



no1??? apa coba???
tolong pencerahannya???? emoticon-Smilie

polling kaskus lebih realistis lah antara paslon no1 dan no3 lebih banyak pilih no3.........emoticon-Entahlah
faktor sby doank???? emoticon-Entahlah






emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


penyebabnya faktor x....
1m....
blt.... 400rb....
itu kenyataan....
siapa bilang yg pegang hp pinter atau yg tiap hari di depan komputer itu pasti pinter....?
itu contoh masyarakat indo yg sesungguhnya....
mirissss.....
Quote:Original Posted By mudah dihafal
ane masih tidak mengerti jalan pikiran yg pilih no1???

ga suka Ahok?? bolehlah itu hak pribadi masing2 individu.......
pilih seiman?? itu juga hak.......


tapi diantara paslon no1 dan no3..............
ane liatnya masih realistis klo pilih no3
>lebih matang
>ada pengalaman di birokrasi
>ada pengalaman manajemen/pengusaha
>debat juga lebih teratur dan sistematis



no1??? apa coba???
tolong pencerahannya???? emoticon-Smilie

polling kaskus lebih realistis lah antara paslon no1 dan no3 lebih banyak pilih no3.........emoticon-Entahlah
faktor sby doank???? emoticon-Entahlah






emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Orang miskin dan goblok itu paling senang dijanjiin duit bre. Yang bikin janjinya orang ganteng maksimal lagi.
Mana urus jakarta mau maju, yang penting dijanjiin dapat uang instant, gak digusur dan gubernurnya ganteng. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
#PapaMintaGubernur emoticon-Motret
Quote:Original Posted By rambut.cendol
agus unggul??
berarti hasil debat engga ngebuktiin apa2..
atau orng2 mau coba berlindung di program agus yg anti gusur dan fulus?


yang berpengaruh besar sepertinya janji sorganya aja kali ganemoticon-Wakaka
no.3 gak janjiin duit BLS sih, cuma OK sama OC... musti putar otak lagi nih nasbung karet 3 emoticon-Ngacir