alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dcf7c162ec2f21c8b458f/kuasa-hukum-ahok-hakim-pertimbangkan-nyatakan-wilyuddin-saksi-palsu
Kuasa Hukum Ahok: Hakim Pertimbangkan Nyatakan Wilyuddin Saksi Palsu
Kuasa Hukum Ahok: Hakim Pertimbangkan Nyatakan Wilyuddin Saksi Palsu
Jakarta, GATRAnews - Kuasa hukum terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Humphrey Djemat, mengatakan, majelis hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto akan mempertimbangkan permohonan tim kuasa hukum yang memohon agar menyatakan Wilyuddin Abdul Rasyid Dhani sebagai saksi  palsu.

"Karena memberikan keterangan yang tidak benar, kita minta saksi ini dinyatakan sebagai saksi palsu, tapi hakim bilang akan mempertimbangkan," kata Humphrey usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (17/1).Tim kuasa hukum pada persidangan ini, tidak mau lagi bertanya kepada Wilyuddin selaku saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut) dan pelapor Ahok ke Polresta Bogor, karena dinilai memberikan keterangan palsu.Adapun keterangan palsu yang didalilkan tim kuasa hukum terdakwa Ahok, bahwa Wilyuddin tidak melihat dan mendengar langsung pidato atau sambutan Ahok di Pulau Pramuka, Kepukauan Seribu."Kemudian, mereka itu tidak tahu kejadian di Kepulan Seribu. Jadi mereka hanya mendengar dari apa yang disampaikan," ujar Humphrey.Selain itu, Wilyuddin pada persidangan ini mengatakan, bahwa ia hanya berdua melaporkan Ahok di Polresta Bogor, Jawa Barat (Jabar). Namun berdasarkan keterangan duan penyidik Polresta Bogor yang dihadirkan, yakni Bripka Agung Hermawan dan Briptu Ahmad Hamdani, Wilyuddin datang berempat."Tadi yang diperiksa hanya dua orang saksi dari verbalis yang menerima laporan pada waktu saksi Wilyuddin Dhani datang ke Polresta Bogor. Ditanya berapa orang yang mendampingi saksi Wilyuddin itu, kedua orang polisi itu menyatakan, bahwa semua yang hadir itu 4 orang," katanya.
Keempat orang itu adalah Wilyudin, satu orang yang mendampingi dan mengambil foto, satu orang memegang map, dan seorang lainnya hanya duduk-duku saja."Polisi itu menyatakan empat orang sama Wilyuddin. Tapi saksi ini bilang hanya dua, yaitu diri dia sama satu lagi temannya, karena dia bilang naik motor hanya bisa dua orang. Yang lain kalau ada dia enggak tahu, dia bilang mungkin malaikat. Jadi dua lawan satu," tandasnya.

Reporter: Iwan Sutiawan

Sumber : http://www.gatra.com/hukum/239258-ku...in-saksi-palsu

---


- Kuasa Hukum Ahok: Hakim Pertimbangkan Nyatakan Wilyuddin Saksi Palsu Humphrey Sayangkan Ketidakhadiran Seorang Saksi Mualaf