alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dcdaf9478685a0f8b4568/sriwijaya-air-layani-rute-dili-bali-air-timor-di-ambang-kebangkrutan
Sriwijaya Air Layani Rute Dili-Bali, Air Timor di Ambang Kebangkrutan
Pemerintah Timor Leste dituding mencoba menghancurkan satu-satunya maskapai penerbangan negeri itu, Air Timor.
Manajemen Air Timor menyebut, kehancuran maskapai ini dimulai setelah pemerintah memberikan hak monopoli untuk maskapai Sriwijaya Air dan anak perusahaannya NAM air.
Alhasil, kedua maskapai penerbangan inilah yang kini menguasai jalur penerbangan antara Timor Leste dan Indonesia.
Alhasil, Air Timor pekan ini menutup rute penerbangan Dili-Denpasar dan berencana merumahkan semua stafnya di Dili.
"Keputusan pemerintah pada akhir 2015 yang mengizinkan NAM Airlines terbang dari Denpasar ke Dili membuat rute ini terlalu ramai," kata mantan direktur pengelola Air Timor, Ed Turner.
Akibatnya, lanjut Turner, terlalu banyak tiket dibanding permintaan sehingga maskapai penerbangan hanya mampu mengisi separuh kapasitas pesawat.
"Padahal maskapai harus minimal mengisi 70 persen kursi untuk menutup biaya operasi. Harga tiket juga turun menjadi 70 dolar (sekitar Rp 900.000), jauh di bawah harga normal," tambah Turner.
Akibat kosongnya pesawat, lanjut Turner, membuat Air Timor merugi hingga 10.000 dolar AS atau lebih dari Rp 130 juta setiap hari.
Padahal, setahun lalu, Air Timor membukukan keuntungan hampir 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 13 miliar dan memiliki simpanan di bank sebesar 2 juta dolar AS.
Hanya dalam waktu setahun Air Timor, dari sebuah perusahaan lokal paling sukses, terjun bebas dan merugi hingga lebih dari 4 juta dolar AS.
Turner menyebut, salah satu penyebab kehancuran Air Timor adalah kebijakan pemerintah Timor Leste yang dinilai menguntungkan Sriwijaya Air.
Turner memberi contoh, undang-undang penerbangan Timor Leste yang menyebut usia pesawat yang dioperasikan maskapai tak boleh melampaui 20 tahun.
"Wakil menteri perhubungan Inacio Moreira meminta Air Timor mengganti pesawat kami yang sudah berusia 18 tahun dengan Airbus A320 baru," kata Turner.
Pemerintah mengatakan kepada manajemen Air Timor bahwa peraturan itu berlaku juga untuk Sriwijaya dan NAM yang memiliki pesawat dengan usia rata-raya 22 tahun.
"Pada September Moreira membatalkan izin terbang NAM, tetapi tanpa alasan jelas dua bulan kemudian dia memperbarui izin kedua maskapai itu dengan tetap menggunakan pesawat berusia 22 tahun," papar Turner.
Saat meminta penjelasan kepada Moreira, sang wakil menteri hanya mengatakan semua adalah keputusan pemerintah.
"Warga Timor Leste kini dihadapkan pada sebuah monopoli, dengan satu maskapai menguasai pemilik pesawat berusia 22 tahun menguasai jalur penerbangan," Turner menegaskan.
Padahal menurut situs AirlineRating.com, Sriwijaya Air masuk ke dapam peringkat 10 maskapai penerbangan paling tak aman di dunia.
Sejauh ini ABC sudah berusaha meminta keterangan dari wakil menteri perhubungan Inacio Moreira, tetapi sejauh ini tidak ada tanggapan.

http://internasional.kompas.com/read...gkrutan?page=2

*Punya 1 pesawat bisa bikin maskapai,begitu ada saingan langsung kolap,entah salahnya dimanaemoticon-Cape deeehh
lion air masuk juga gan...langsung kolaps tuh
Duit kagak mengenal nasionalisme mano emoticon-Wink
what seriusan es cuman punya 1 pesawat tuh maskapai ? emoticon-Kagets
suruh lion sama air asia main situ tuh hilang langsung emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kleponyu
what seriusan es cuman punya 1 pesawat tuh maskapai ? emoticon-Kagets


kalo dibaca di Wikipedia, malah itu ga punya pesawat sama sekali, cuma nyarter doang 2 pesawat.
harusnya didukung dong ya, bisa dapat 1 juta dolar pertahun.
Buset cm pny 1 pesawat emoticon-Bingung
Bersaing dong.....kok langsung nyerah
bentar lagi katanya bakal ada 212 air .... emoticon-Ultah
Apapun pesawatnya yang penting pilotnya jangan sampe mabok
wah penjajahan lewat dunia penerbangan emoticon-Big Grin
hehehe klo direbut lagi lewat militer Indonesia pasti bermasalah di PBB
mknya dikuasai aja melalui ekonomi, aman tentram

toh negara lain juga melakukan emoticon-Wkwkwk
×