alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dcc83ddd770b4778b457a/ketum-mui-ungkap-sulitnya-keluarkan-fatwa-haram-untuk-rokok
Ketum MUI, Ungkap Sulitnya Keluarkan Fatwa Haram Untuk Rokok
Ketum MUI, Ungkap Sulitnya Keluarkan Fatwa Haram Untuk Rokok


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Maruf Amin mengatakan, hampir seluruh kajian yang dilakukan MUI berujung satu suara untuk melahirkan fatwa halal atau haram.

Hanya satu yang kajiannya alot dan terpecah pendapat dalam tim, yakni soal rokok.

"Yang lainnya hampir tidak ada perbedaan pendapat, kecuali soal rokok saja," ujar Maruf dalam diskusi di PTIK, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Maruf mengatakan, pendapat tim terpecah saat memperdebatkan halal atau tidaknya rokok.

Dalam melakukan investigasi, MUI melibatkan Komisi Fatwa, Komisi Hukum dan Perundang-undangan, Komisi Infokom dan Komisi Pengkajian.

Kemudian dilakukan kajian komperhensif agar mendapatkan pandangan utuh soal masalah tertentu, termasuk dampak sosial keagamaan.

Kajian komperhensif itu, kata Maruf, termasuk telaah ahli fiqih, pendapat ulama, para imam besar, serta telaah fatwa yang terkait.

Karena terjadi perbedaan pendapat, maka penetapan fatwa dilakukan berdasar titik temu.

"Ada dua pendapat, tidak terselesaikan. Yang satu mengatakan haram, satu mengatakan makruh," kata Maruf.

Akhirnya, MUI mengeluarkan fatwa haram untuk rokok. Pengumuman fatwa itu disampaikan beserta sejumlah pertimbangan dan pendapat yang berbeda itu.

"Akhirnya penetapan fatwa disampaikan apa adanya perbedaan pendapat disertai penjelasan masing-masing," kata Maruf


Ketum MUI, Ungkap Sulitnya Keluarkan Fatwa Haram Untuk Rokok
ROKOK HAR... (duit sekoper di drop)
ROKOK HAR...(transferan masuk)
ROKOK HAR...(mobil baru dianterin)
Susah banget mau kerja digangguin terus, kagak kelar2 nih
Ngrokok haram, ngoral halal.

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Berarti yang tetep ngerokok auto tapir ya? emoticon-Bingung (S)
Gimana kagak sulit kalo setiap mo keluarin patwa ada transferan masuk, mobil baru dateng, terapis bohay nyamperin, dll

Quote:Original Posted By victorducatisti
Gimana kagak sulit kalo setiap mo keluarin patwa ada transferan masuk, mobil baru dateng, terapis bohay nyamperin, dll



eh, ada homo masih idup
Kalo diharamin, bisa banyak anggotanya yg murka. emoticon-Betty
mungkin dilemmanya ada pemasukan gede emoticon-Wow
Ga tegas nih
Demokrasi: haram
Cina-kristen jadi gubernur: haram
Sari roti: haram
Metro: haram
Rokok: ???
duitnya yg bikin dilema ya?
emoticon-Ngakak
wah kalo rokok haram.. bnyak yg tapir donkkemoticon-Wakaka
Nastaik ini maunya apa sih?
Kalo difatwain haram tar koar2 dasar wakhabi liat noh kyai nu pada ngerokok kretek,gak mikir gmn nasib buruh pabrik rokok dan petani tembakau.

Gak difatwain pada fitnah,dapet transferan lah,setoran lah.

Hadeuhhhh
Quote:Original Posted By kleponyu
mungkin dilemmanya ada pemasukan gede emoticon-Wow


emoticon-Big Grin gak usah ngeres dulu....ada 6 juta orang bekerja di sektor rokok, mulai dari petani,buruh, distributor dll ... terus lo anggap mereka ini makan uang haram? itu dari aspek sosial ekonominya...dari sisi dalil pun masih debatable, yg pasti hukum asalnya adalah makruh....

lalu bagaimana dgn negaranya yg katanya rokok mutlak diharamkan? emoticon-Leh Uga cekidot :

The number of Saudi smokers is expected to rise from the current 5 million to 10 million by 2020, according to the Saudi Diabetes and Endocrine Association in the Eastern Province.
It said the projected rise is based on the lack of awareness programs on the dangers of smoking in Saudi society. It said government should take drastic action to counter this trend because of the major health and economic costs associated with the addiction.
In a study published in a book entitled “Smoking in the Saudi Community” by Salman Al-Omari, it was found that 37.9 percent of Saudis said they were influenced by their peers to start smoking; 12.26 percent started on their own initiative; 22.61 percent were influenced by their parents and family members; and 16.21 said they started smoking to show more assertiveness among their peers.
On the occasion of “World No Tobacco Day” held by the World Health Organization (WHO) on May 31 every year, the association highlighted the message of the campaign, which calls for a ban on all tobacco advertising, promotion and sponsorship. An estimated 15 billion cigarettes, worth up to $ 1.3 billion is sold in Saudi Arabia a year. The Kingdom is the fourth-highest importer of cigarettes and ranks 23 on the list of the world’s highest consumers of tobacco.


sumur : http://www.arabnews.com/news/453724

emoticon-Big Grin belum lagi yg ngisep shissah atau argileh ... sak wanitanyapun banyak emoticon-Leh Uga
Aalamak banyak auto kapir ini
emoticon-Leh Uga
kagak bakalan bisa lu

kagak tau aje orang terkaya apaan bisnisnya

mau keluar fatwa
disumpel duit segepok aja udah kagak jadi

ngahahaha
emoticon-Ngakak
Wkwkwkwkw bener bener parah
Bahas rokok= bahas duit.
Pajak& cukainya berapaan tuh. emoticon-Wow

Belum lg membludaknya pengangguran.
Mikir!!
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Atau lihat aja ke ponpes langitan, santri dan pengajarnya bnyk yg merokok. Belum lg pesantren2 di pedalaman. Pasti bnyk santrinya yg merokok. Lha wong ada yg usaha sampingannya ukm rokok.
Haram kalo harganya kemahalan emoticon-Ngakak
×