alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dc9651cbfaa710c8b456c/mengejutkan-lembaga-survei-ini-tempatkan-kandidat-yang-di-luar-dugaan-jadi-tertinggi
Mengejutkan! Lembaga Survei ini Tempatkan Kandidat yang di Luar Dugaan Jadi Tertinggi
Tidak aneh jika menjelang pemilu akan bertebaran berbagai hasil survei dari lembaga atau perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan yang tengah melakukan survei elektabilitas calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2017 ini. Hasil survei ini bisa jadi merepresentasikan preferensi masyarakat, namun ada juga kemungkinan riset yang dilakukan memiliki hasil yang di luar dugaan persepsi orang kebanyakan. Seperti salah satunya perusahaan yang melakukan survei berikut ini.

Menurut perusahaan ini, elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni unggul jauh dari kedua pasangan kandidat lain. Berdasarkan survey dari PT Grup Riset Potensial (GRP) tingkat keterpilihan pasangan nomer urut satu itu mencapai 45 persen. Agus-Sylvi mendominasi di 27 kelurahan yang menjadi sampel penelitian ini dengan selisih di atas 10 persen dari para pesaingnya. Sementara elektabilitas dua pasangan lain, yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno berada di kisaran 2 persen.

Survei GRP dilakukan pada 2-7 Januari 2017 dengan jumlah responden sebanyak 2.745 dari 27 kelurahan di DKI Jakarta. Survei ini menggunakan metode stratified systematic sampling dan model statistika regresi multinominal logit dengan margin of error di bawah 2 persen. Model mobile survey application (MOSAIC) dengan dilengkapi GPS dipilih untuk menghindari survei palsu dari enumerator. GRP mengklaim bahwa penelitian ini dibiayai oleh dana perusahaan.

Mengejutkan! Lembaga Survei ini Tempatkan Kandidat yang di Luar Dugaan Jadi Tertinggi

Sumber: http://databoks.katadata.co.id/datap...-agus-capai-45