alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dc8e114088dad4e8b4569/ketum-mui-ungkap-sulitnya-keluarkan-fatwa-haram-untuk-rokok
Ketum MUI Ungkap Sulitnya Keluarkan Fatwa Haram untuk Rokok
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Maruf Amin mengatakan, hampir seluruh kajian yang dilakukan MUI berujung satu suara untuk melahirkan fatwa halal atau haram.

Hanya satu yang kajiannya alot dan terpecah pendapat dalam tim, yakni soal rokok.

"Yang lainnya hampir tidak ada perbedaan pendapat, kecuali soal rokok saja," ujar Maruf dalam diskusi di PTIK, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Maruf mengatakan, pendapat tim terpecah saat memperdebatkan halal atau tidaknya rokok.


Dalam melakukan investigasi, MUI melibatkan Komisi Fatwa, Komisi Hukum dan Perundang-undangan, Komisi Infokom dan Komisi Pengkajian.

Kemudian dilakukan kajian komperhensif agar mendapatkan pandangan utuh soal masalah tertentu, termasuk dampak sosial keagamaan.

Kajian komperhensif itu, kata Maruf, termasuk telaah ahli fiqih, pendapat ulama, para imam besar, serta telaah fatwa yang terkait.

Karena terjadi perbedaan pendapat, maka penetapan fatwa dilakukan berdasar titik temu.

"Ada dua pendapat, tidak terselesaikan. Yang satu mengatakan haram, satu mengatakan makruh," kata Maruf.

Akhirnya, MUI mengeluarkan fatwa haram untuk rokok. Pengumuman fatwa itu disampaikan beserta sejumlah pertimbangan dan pendapat yang berbeda itu.

"Akhirnya penetapan fatwa disampaikan apa adanya perbedaan pendapat disertai penjelasan masing-masing," kata Maruf.

SUMBER

Kalo udh menyangkut kepentingan dan duitnya.. hadist Rasulullah pun langsung ga d anggap.. emoticon-Malu (S)

diriwayatkan dari Al Nu'man bin Basyir ra. : Nabi Muhammad Saw bersabda, "halal dan haram adalah perkara yang jelas, dan diantara keduanya terdapat perkara yang syubhat (sesuatu yang meragukan, tidak jelas apakah halal atau haram). maka siapa pun yang meninggalkan syubhat karena khawatir melakukan dosa, ia benar-benar telah menghindari yang haram; dan siapapun yang berani melakukan syubhat, ia hampir jatuh kepada perkara yang jelas haramnya. Dosa adalah Hima (tempat penggembalaan pribadi) milik Allah dan siapapun yang menggembalakan (domba-dombanya) di dekatnya. pada saat itu ia benar-benar hampir masuk ke dalamnya."


btw.. kok gw ga pernah denger adanya GNFF-MUI buat fatwa rokok haram ya ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Emang rokok ono stempel hallal'e? emoticon-Big Grin
setoran rokok lancar ya bro....
Grup lawak lagi menggodok bahan lucuan baru nih emoticon-thumbsup
pertanyaan TS mantab betul dan sulit dijawab emoticon-Ngakak
emg berani??? mau dirudu perokok se indonesia apa wkwk dijamin dah lebih rame dr 7,5juta bunshin nya bibib kmren
Gimana kagak sulit kalo setiap mau tanda tanganin fatwanya terhalang sama tumpukan fulus dari produsen rokok emoticon-Wink
Sulit? emoticon-Big Grin

Gak ada yang sulit bagi ulama2 MUI.
emoticon-Cool
wajar sih sulit kan banyak kyai MUI jadi ahli hisabemoticon-Traveller
btw.. kok gw ga pernah denger adanya GNFF-MUI buat fatwa rokok haram ya ??

GNPF hanya untuk menjatuhkan ahok gan

bukan bener2 jaga fatwa secara keseluruhan emoticon-Big Grin
angpaonyaa gedeee emoticon-Ultah
Trus pake produk tapir dan kerja di perusahaan tapir kapan mui bikin fatwanya ?
rokok haram emoticon-fuck
itu sudah emoticon-fuck
mui siap2 kena geser sama habib
ayo joni emoticon-Ngaciremoticon-Traveller
sulit emang kalo digaplok duit masih mau.....mau tandatangan, ditampar duit trus lupa...yaudah
HAR... (duit sekoper)
HAR...(transferan masuk)
HAR...(mobil baru dianterin)
Susah bgt yah nyelesain satu kata aja, digangguin terus sih.
krn mui adalah majelis, kumpulan orang, gak satu suara

dan dalam mui ada suara yg tidak mengharamkan


beda soal ahok mah
satu suara

nastak gini aja gak kepikiran

idiot parah emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
bukannya dulu udah pernah
Kapan fatwa kalo terima angpao kafir itu haram bisa keluar ? emoticon-Big Grin
Dilema padahal klo di serifikasi mungkin bisa dapet trilyunan setahun emoticon-Big Grin
kok baru sekarang di kaji nya....?