alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587dc456a2c06e3f1a8b4567/polri-kritisi-dampak-masif-fatwa-mui
Polri kritisi dampak masif fatwa MUI
Polri kritisi dampak masif fatwa MUI
Selasa, 17 Januari 2017 12:52 WIB

Polri kritisi dampak masif fatwa MUI

Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian berpendapat fatwa yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhir-akhir ini berpotensi menimbulkan gangguan pada stabilitas keamanan nasional.

"Yang menarik, belakangan ini ketika fatwa memiliki implikasi luas dan berpengaruh ke sistem hukum kita," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam diskusi bertajuk Fatwa MUI dan Hukum Positif, di PTIK, Jakarta, Selasa.

Ia mencontohkan, dikeluarkannya fatwa larangan penggunaan atribut Natal bagi karyawan beragama Islam yang kemudian memicu berbagai aksi beberapa pihak yang melakukan sosialisasi di ruang publik hingga adanya aksi kekerasan di kafe.

"Ini menunjukkan fatwa bukan lagi dianggap pandangan halal atau haram. Tapi belakangan malah berkembang menjadi ancaman bagi keberagaman dan kebhinekaan," katanya.

Contoh lainnya, lanjut dia, ketika ada isu dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki T. Purnama (Ahok) lalu, MUI menerbitkan fatwa yang menyebutkan bahwa Ahok menistakan Alquran dan ulama.

Menurut Tito, fatwa tersebut memiliki dampak yang besar karena memunculkan gerakan mobilisasi GNPF MUI (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI) dan membentuk opini masyarakat.

"Akhirnya masyarakat termobilisasi seperti aksi 411, 212 yang cukup banyak terpengaruh sikap MUI," paparnya.

Padahal, menurut dia, fatwa MUI bukan hukum positif yang disahkan undang-undang.

Menurutnya, fenomena tersebut menunjukkan fatwa MUI bukan lagi menentukan halal atau haram tapi juga menimbulkan dampak sekunder yakni mengancam kebhinekaan dan kamtibmas.

(Baca juga: Tiga faktor ini picu intoleransi di Indonesia)

Ia mengatakan, meski GNPF MUI berhasil memobilisasi massa dalam peristiwa Aksi Damai 212 dengan aman dan tanpa kericuhan, tapi aksi tersebut menunjukkan adanya gerakan yang mengarah pada intoleransi yang bertentangan dengan semangat kebhinekaan.

"Meski (Aksi 212) aman, tapi membuka wacana baru tergerusnya mainstream Islam, menaikkan transnasional yang kurang pas dengan situasi kebhinekaan kita," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta sejumlah pihak untuk tidak memanfaatkan MUI untuk mengeluarkan fatwa tertentu.

"Kami menghormati MUI, tapi kami tidak menghendaki pihak tertentu memanfaatkan MUI mengeluarkan fatwa yang mengancam kebhinekaan," tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak membantah bahwa fatwa MUI berpengaruh cukup besar bagi kehidupan umat beragama di Indonesia. Contohnya dalam penerapan fatwa halal atau haramnya suatu produk makanan.

Editor: Monalisa

sumber


MUI juga yang mendanai 100M buat demo oleh FPI...
Intinya, MUI ingin pemerintahan Jokowi jatuh...
Apakah ini antara-lain gara-gara dana haji yg dulu jaman SBY digelontorkan ke Bank Muamalat, tapi kini di jaman Jokowi dipakai buat pembangunan infrastruktur?

Polri kritisi dampak masif fatwa MUI

Bank Muamalat

Polri kritisi dampak masif fatwa MUI
Polisi takut Ama nasbung? emoticon-Bingung
makanya yg tegas pak pol, jelaskan negara kita menganut hukum positip, udah jalanin itu aja. Kalau kalian masih bertoleransi ma kaum panasbung ya nglunjak kyak gini jadinya
Pantesan dtmpt gw muamalat tutup
Nunggu fatwa angpao haram kok kagak turun2 yah?
Udah mo deket deadline nih, buru keluarin napa ..
Bisnis MUI lebih kejam dari bisnis MLM
karna menghalalkan berbagai cara dengan kedok agama
Ke ane gak berdampak pak tito...
Tapi ane kafir emoticon-Big Grin
Kabeh masalah weteng emoticon-Big Grin


Piknik maneh \emoticon-Big Grin/
makin kau lawan, makin kuat umat pak

belum seminggu kejadian, pak tengku zulkarnain dilawan oleh sbg orang dayak, langsung rame2 pembela nya turun ke jalan

makin sering kau komen macam2 pak, tambah bahan buat mereka menganggap bapak adalah lawan

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

terserah pak kapolri saja bagaimana baiknya agar kamtibmas bisa terjaga tanpa ada rasa was² dan takut bagi masyarakat dalam melakukan segala sesuatu yang sudah diatur secara sah menurut uu yang berlaku di negeri tercinta kita ini....


emoticon-Shakehand2
polisi pikun.. lah dulu katanya pas ada yg mau ngelaporin ahok pake pasal penistaan agama, katanya suruh minta fatwa MUI dulu.
nah bener ini pendapatnya...

uda disalah artikan sama bbrp orang mengenai haram halal ini...sampai ada sweeping segala... emoticon-Cape d... (S)

padahal setau saya urusan agama itu ranah pribadi...

sedih liat indonesia yang sekarang... emoticon-Berduka (S)
Lembaga tanpa kredibilitas yg hanya mengejar harta
Ditunggu fatwa Rokok dan Fatwa Ang Pao
awas tar d bilang autokapir

gara gara bacot taik itulah masarakat cenderung intoleran
pantesaaan gt emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By letak.de.kil

gara gara bacot taik itulah masarakat cenderung intoleran

Quote:Original Posted By babimenista13
SUMBER UTAMA DARI KERESAHAN SAAT INI ADA BACOT SI PENISTA


Setuju banget. Gak sabar si Babieq Briziq dipenjara. Penista Pancasila, penista agama Kristen dan Katolik, penghujat budaya2 daerah lain, dll


Quote:Original Posted By Veruzax
polisi pikun.. lah dulu katanya pas ada yg mau ngelaporin ahok pake pasal penistaan agama, katanya suruh minta fatwa MUI dulu.


Mungkin tito lelah gan...!!!
are you kiddin me emoticon-Hammer