alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587db924d89b09f4678b456a/eropa-bakal-akui-hak-hak-robot
Eropa Bakal Akui Hak-Hak Robot?
Quote:Eropa Bakal Akui Hak-Hak Robot?

Liputan6.com, Jakarta - Parlemen Eropa dilaporkan tengah mempertimbangkan regulasi baru yang ditujukan robot. Dalam pembahasan baru-baru ini, robot disebut-sebut dapat diberi status hukum sama seperti 'hak asasi'.

Aturan yang komprehensif ini dapat digunakan untuk mengatur cara manusia berinteraksi dengan robot, terutama yang dibekali dengan kecerdasan buatan. Alasan kuat dari penerapan peraturan ini karena robot dapat menjadi revolusi industri baru.

"Robot otomatis yang mumpuni dapat memiliki status sebagai electronic person dengan hak dan kewajiban tertentu, termasuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh tindakan mereka," tulis salah satu poin pembahasan tersebut seperti dikutip dari Mirror, Selasa (17/1/2017).

Masalah lain yang juga menjadi pembahasan adalah hak inklusif untuk mematikan seluruh robot yang ada di kehidupan manusia nantinya. Dengan adanya regulasi ini diharapkan manusia tak perlu merasa takut atau khawatir berinteraksi dengan robot.

Kendati masih dalam pembahasan, regulasi ini ternyata sudah menuai kritik. Salah satunya dilayangkan oleh seorang pekerja hukum Lorna Brazell. Menurutnya, robot tak memiliki hak menjadi seperti manusia ketimbang hewan mamalia lainnya.

Ia mencontohkan, paus dan gorilla tak memiliki payung hukum seperti manusia. Namun, mereka nyatanya memiliki aspek humanis yang lebih banyak ketimbang robot. Karena itu, tak ada alasan untuk memberi robot status hukum yang jelas.

Di sisi lain, beberapa ahli menyebut akan ada perbedaan dari sisi tingkat kecerdasan robot dengan manusia. Robot yang dibekali kecerdasan buatan diprediksi akan melewati kemampuan manusia dalam beberapa dekade ke depan.

Untuk itu, dibutuhkan regulasi yang mengatur agar manusia dapat mengontrol buatannya itu sendiri. Pembahasan itu juga menyerukan dibutuhkan agensi khusus untuk membahas persoalan robotik dan kecerdasan buatan yang diisi ahli regulator, etika, termasuk teknis.

Komite ini diharapkan bisa menjadi pemberi saran untuk pengembangan dan desain robot di masa depan. Terlebih, di beberapa negara maju, diprediksi robot dapat menggantikan fungsi manusia. Karenanya, kehadiran regulasi khusus disebut perlu ada dalam proses transisi tersebut.

(Dam/Isk)

Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/28287...-hak-hak-robot


jangan sampai deh umat manusia menjadi terancam hanya karena robot, makanya perlu hati2 nih klo mau ngembangin robot yang melewati batas kemampuan manusia emoticon-Ngacir
Eropa kamjuan teknologinya ga terbendung, bangsa sana makin terbuka, mknya sring terima imigran eh ujungxnya kena jihad deh
Robot Lives Matteremoticon-Matabelo
Jadi teringat Astro Boy
jadi itu toh alasannya kaskus menghilangkan capcha emoticon-Leh Uga

robot juga boleh ngaskus. emoticon-Leh Uga
kirain Isaac Asimov's "Three Laws of Robotics" udah cukup..
Quote:Original Posted By yellowmarker
Jadi teringat Astro Boy


Nah iya mirip2. Tapi coba deh baca manga Pluto (Urasawa Naoki), cerita Astro Boy dirubah gitu stylenya.

Ceritanya bagus.
Pluto comes to reality nih...abis itu the matrix became our realities...kebablasan, malah jadi planet of the apes...
Jd kepengen nonton matrix & terminator hehehehe
Busehhh ide bodoh drmana ini... Hewan aja banyak yg gak punya hak
binatang dan robot di kasih hak hak tertentu?
boleh saja si
soalnya derajat mereka masih lebih tinggi dari "ITU" emoticon-Ngakak
Skynet mulai self aware
irobot beneran bakal ada
teringat perjalanan liku wall-e emoticon-Matabelo
yg menentang rasis tu emoticon-Big Grin