alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587db2cd62088192458b456a/modus-tenaga-kerja-asing-ilegal-masuk-ke-jawa-barat
Modus Tenaga Kerja Asing Ilegal Masuk ke Jawa Barat
VIVA.co.id – Diduga hendak menghilangkan jejak dari kejaran aparat, sejumlah tenaga kerja asing (TKA) yang tersebar di Jawa Barat memilih tinggal di daerah terpencil. Tak hanya berprofesi sebagai buruh, beberapa dari mereka yang telah diamankan ternyata juga berprofesi sebagai pekerja seks komersial (PSK).

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Susi Susilawati di sela-sela kesibukannya saat menghadiri acara Imigrasi kelas II Depok, di Balaikota, Rabu 11 Januari 2017. Susi pun menegaskan, pihaknya akan terus bertindak tegas jika para TKA tersebut melakukan pelanggaran.

“Tak peduli dari negara manapun, sepanjang itu melanggar aturan keimigrasian, ya, akan kita tindak tegas,” ujar Susi.

Susi mengakui, keberadaan warga asing illegal di Jawa Barat cukup sulit untuk dipetakan. “Kalau yang legal sudah terdata, nah yang tidak resmi tidak terpetakan. Kalaupun ada, seperti asal Tiongkok, biasanya menggunakan visa kunjungan, itu yang tidak bisa dideteksi,” kata Susi.

Ia menjelaskan modus para tenaga kerja asing ilegal itu agar tak tertangkap, bergerak di wilayah pinggiran. "Tapi kan kita punya Timpora yang turut melibatkan masyarakat," ujarnya.

Ironisnya, beberapa dari mereka yang sempat tertangkap di kawasan Sukabumi, lanjut Susi, diketahui bekerja sebagai PSK. “Modusnya kadang-kadang di kelab, di panti pijat dan salon,” kata Susi didampingi Kasubdit Penyidikan Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI, Dudi Iskandar.

Sedangkan terkait temuan sejumlah TKA asal Tiongkok di kawasan Bogor beberapa hari lalu, Susi pun menduga kuat ada yang memberi dukungan pada mereka. “Indikasi ke arah sana ada, itu yang akan kami dalami,” katanya. (ase)


http://m.news.viva.co.id/news/read/8...-ke-jawa-barat

Dan kini kita merasakan apa yg dirasakan negara tetangga, malaysia.
Bagaimana pusingnya diserbu TKA ilegal.

emoticon-Cool


Quote:1,3 Juta TKI Ilegal masih Berada di Malaysia

SEBANYAK 1,3 juta warga Indonesia bekerja tidak secara resmi alias ilegal di Malaysia. Sebagian dari mereka mengalami masalah berupa masa izin tinggal yang sudah habis alias overstay.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Hermono mencatat tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal ada di dua wilayah di Malaysia.

"Yaitu Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur yang meliputi Sabah dan Serawak," ungkap Hermono dalam kunjungannya ke Batam, Minggu (6/11).

Hermono mengatakan masa izin tinggal sebagian TKI itu sudah habis atau overstay. Umumnya, mereka masuk ke Malaysia dengan paspor hijau. Mereka tidak memiliki dokumen untuk bekerja di Malaysia.

Namun, kata Hermono, BNP2TKI sulit mendeteksi keberadaan TKI ilegal. Sebab banyak TKI kabur ke hutan dan kabur dari razia Polisi Di Raja Malaysia (PDRM).

Kendala lain, TKI tidak melaporkan keberadaan mereka ke Kedubes RI di Malaysia. Sehingga BNP2TKI sulit mendata para TKI dan memproses pemulangan mereka ke Tanah Air.

Hermono meminta TKI yang masa izinnya telah berakhir segera melapor ke Kantor Kedubes setempat. Sehingga, pemerintah Indonesia dapat memulangkan mereka.

http://www.mediaindonesia.com/news/r...sia/2016-11-06


Bagaimanapun juga harus diwaspadai, ini bisa jadi masalah serius
serbuan TKA ilegal yg tak memiliki keahlian makin sulit dikendalikan bree emoticon-No Hope
upayakan tindakan lebih tegas lagi emoticon-army
Betul, kita perlu belajar dari negara tetangga untuk mengatasinya
Kalo psk asing tarifnya sama dgn yg lokal
Pasti kagak ada yg komplain soal ilegalitasnya

Seluruh body satu warna coy, kagak ada bagian yg item2 dekilnya ..
TKI indonesia di malaysia ada karena serumpun sehingga tidak ada masalah bahasa diantara tki dan orang tempatan.

Untuk TKA Aseng di indonesia bisa membludak di indonesia siapa lagi yg bisa berkomunikasi dan menjadi lidah penyambung klo bukan saudaranya yg sudah beranak pinak dimari
Beda lah jangan dibandingin malay n indo.. Di malay TKI ilegal bekerja pada sektor informal yg memang orang malay sendiri males bekerja disektor itu contoh pembantu rumah tangga n buruh kasar..
Lha sedang menlen ilegal disini bekerjannya sma2 di sektor informal misalkan buruh pabrik, dll..Disini nyari kerja aja susah malah disusupi pekerja ilegal dr menlen,hadeh..
Wah makin banyak modusnya emoticon-Matabelo