alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587da88d54c07ae70a8b4569/kapolri-belakangan-fatwa-mui-berdampak-pada-stabilitas-kamtibnas
Kapolri: Belakangan, Fatwa MUI Berdampak pada Stabilitas Kamtibnas
Quote:Kapolri: Belakangan, Fatwa MUI Berdampak pada Stabilitas Kamtibnas
Selasa, 17 Januari 2017 | 10:35 WIB

Kapolri: Belakangan, Fatwa MUI Berdampak pada Stabilitas Kamtibnas

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menilai, fatwa Majelis Ulama Indonesia memiliki pengaruh cukup besar pada kehidupan bernegara.

Banyak contoh positif penerapan fatwa tersebut, misalnya, untuk menentukan halal atau haramnya produk makanan.

Namun, menurut Tito, belakangan ada fatwa yang menimbulkan gejolak stabilitas keamanan.

"Menarik belakangan ini ketika fatwa MUI punya implikasi luas dan dapat menimbulkan dampak terhadap stabilitas gangguan kamtibnas," ujar Tito dalam diskusi bertajuk "Fatwa MUI dan Hukum Positif" di PTIK, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Fatwa tersebut, kata Tito, memengaruhi sistem hukum di Indonesia. Ia menyebut fatwa larangan untuk menggunakan atribut Natal bagi karyawan beragama Islam.

Munculnya fatwa itu memicu berbagai gerakan, mulai dari sosialisasi di tempat publik hingga kekerasan di kafe.

"Atas nama sosialisasi, tapi menimbulkan keresahan. Bahkan dianggap intoleransi mulai berkembang," kata Tito.

Kemudian, ada juga sikap MUI soal dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Munculnya fatwa ini, kata Tito, memicu munculnya kelompok Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI.

Gerakan tersebut kemudian memobilisasi opini masyarakat bahwa fatwa MUI merupakan keputusan tegas bahwa apa yang dilakukan Ahok merupakan suatu pidana.

Padahal, kata dia, fatwa MUI bukan merupakan hukum positif yang disahkan oleh undang-undang.

"Kita lihat bagaimana sikap dan pandangan keagamaan membuat masyarakat jadi termobilisasi, muncul aksi, yang semuanya cukup banyak dipengaruhi keputusan MUI," kata Tito.

Tito menambahkan, fenomena tersebut menunjukkan bahwa fatwa MUI bukan lagi dianggap suatu pandangan halal atau haram, melainkan juga mulai memunculkan dampak.

Hal ini tak hanya berdampak pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga mengancam kebinekaan.

"Terutama ancaman yang sangat sensitif yaitu keagamaan, karena latar belakang keagamaan didasarkan pandangan pada Tuhan," kata Tito.

Tito mengatakan, kerap muncul pertanyaan apakah fatwa MUI merupakan hukum positif. Kemudian, apakah dibenarkan melakukan sosialisasi fatwa MUI soal atribut Natal sebagaimana yang terjadi di Solo.

Oleh karena itu, Polri melakukan dialog dengan mengundang Ketua Umum MUI Maruf Amin dan ahli hukum tata negara Mahfud MD untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.

"Juga menjadi bahan masukan untuk mengambil sikap dan langkah ke depan untuk menjaga stabilitas keamanan negara dan kebinekaan ini," kata Tito.

http://nasional.kompas.com/read/2017...itas.kamtibnas



kalau sudah meresahkan, boleh dibekukan saja. Atau paling tidak dikeluarkan kepres yang memaksa MUI untuk morotarium fatwa untuk sepuluh tahun ke depan, sampai situasi kondusif.
Ngapain dialog dialog... Pemerintahnya tegas saja bilang aturan dan hukum yg berlaku adalah uu dan konstitusi saja
tungku mana tungku emoticon-army
langsung semprit n audit aje pak..emoticon-Malu
Bubarin aja ormas ga jelas itu emoticon-Cape d... (S)
Jadi jangan sungkan, segan&ragu2 untuk menbubarkan MUI.
Indonesia itu berdasarkan UU bukan berdasarkan Fatwa...

mending di info aja peraturan2 itu berdasarkan UU.
pertama, realisasikan pengelolaan jaminan halal oleh pemerintah dg cara yg the best mungkin
perasaan mui nerima duit dari pemerintah kok, ya kan ??? ya sekali2 stop aj biar intropeksi gitu susah amat pak
MUI kena virusnya FPI ato dah dari sononya dah virusan emoticon-No Hope
maklum pak otak 2d mana bisa mikir logis emoticon-Ngakak
Dan yang paling buruk dalam hal ini... MUI selalu lempar batu sembunyi tangan..
Sebagai organisasi ulama pengayom masyarakat.. gak mampu mempertanggung jawabkan perbuatan nya sendiri.. itu buruk.. sungguh sungguh buruk
Fatwanya nggak mutu.
Ada fatwa pesanan keluarga cikeas, ada fatwa polisi tidur haram, ditambah muncul ormas preman pengawal fatwa pake nama MUI.
Sampah banget MUI sekarang emoticon-norose
Quote:Original Posted By kinggidorah666



kalau sudah meresahkan, boleh dibekukan saja. Atau paling tidak dikeluarkan kepres yang memaksa MUI untuk morotarium fatwa untuk sepuluh tahun ke depan, sampai situasi kondusif.


situs berita hoax diblokir langsung pada teriak penzoliman
itu berita hoax loh, berdasarkan kajian kominfo

apalagi yg ini yg gak hoax, bakal ada keributan besar dikalangan pendidikan rendah dan ekonomi menengah kebawah plus politikus licik
kayak g tau MUI aja paling entar bilang hanya himbauan dan klau da aksi terkait fatwa MUI g mw tanggung jawabemoticon-Blue Guy Bata (L)
Gara2 fatwa MUI, fpi merasa di atas angin. Dampak dari fatwa itu juga MUI tidak ada tanggung jawab nya.
terima pesanan fatwa hubungi 081xxxxxxxxxx. kerahasiaan dijamin

mending pesen burger buat joni daripada pesen fatwa, yuk joni emoticon-Traveller emoticon-linux
tinggal beresin ajah om tito
Intinya sebagai kapolri dan orang islam si tito ingin rembukan baik baik dengan MUI akan tetapi kompas nggiringnya terkalu over sehingga kesanya tercipta dikotimi Kapolri vs MUI

Hati hati komporisasi dari ular beludak dan devide at impera
dah kandangin atu atu biar ga berulah
emoticon-Traveller
×