alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587d97ee5c7798c04b8b4567/perjalanan-menakjubkan-di-morowali
Perjalanan Menakjubkan di Morowali

Agan dan Aganwati sekalian, berbanggalah kita sebagai Bangsa Indonesia. Dengan hamparan pemandangan dari ujung barat hingga timur, terbentang luas pesona Nusantara yang sungguh luar biasa. Tak perlu repot mengurus paspor dan visa. Cukup dengan modal niat bahkan “nekat”, kita bisa menjelajah lembah, sungai, gunung, padang savana, hingga salju di Timur pun bisa tercapai di Bumi Pertiwi.

Senekad itulah pengalaman para Pendekar MURI yang bertugas di berbagai tempat. Dengan mengemban tugas mulia untuk mencatat prestasi superlatif Bangsa Indonesia, Pendekar MURI siap diterjunkan di berbagai kondisi dan kontur alam yang berbeda-beda.

Kali ini, agan dan aganwati sekalian akan membaca sedikit kisah dari kami, para Pendekar MURI, Mas Tri dan Mas Randi yang bertugas ke Sombori, daerah Morowali, Sulawesi Tengah di bulan Desember lalu.

Perjalanan Menakjubkan di Morowali

Menuju Morowali dimulai dari Bandara Soekarno-Hatta memakan waktu 3 jam untuk mendarat di Bandara Haluoleo. Perjalanan udara dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 5 jam. Rasa mual akibat gejolak jalan berkelok tanpa aspal seketika sirna ketika menengok kanan-kiri, sungguh pemandangan yang luar biasa! Di tengah perjalanan, kami menyempatkan untuk beristirahat dan makan siang dengan sajian olahan laut. Hal unik dari kuliner ini adalah kami sendiri yang mengolah sambal sebagai penambah rasa, berbeda dengan rumah makan biasanya yang menyajikan sambal siap cocol.

Perjalanan kami belum usai. Pukul 6 petang kami tiba di dermaga dan dilanjutkan dengan perahu ketinting. Apa itu, perahu ketinting? Perahu ketinting adalah sejenis perahu kecil dari kayu yang dapat menampung 3-4 orang saja. Selama 30 menit, kami menuju Desa Matarape.

Perjalanan Menakjubkan di Morowali


Desa Matarape merupakan satu-satunya desa yang memiliki sumber air tawar. Desa ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona dan mengandalkan hasil perkebunan kacang mete sebagai kebanggaan daerah Sulawesi Tengah. Menginap semalam, kami melanjutkan dengan berketinting lagi ke Desa Matarape untuk menyelam yang dipandu kawan-kawan dari Komunitas Sombori Diving Club.

Menyelam bersama Sombori Diving Club


Puas menyelam di Desa Matarape, perjalanan kami belum berakhir. Di sinilah tujuan utama kami, menuju Desa Mbokita sebagai lokasi pencatatan rekor Pembentangan Kain Merah Putih Terpanjang. Sepanjang 19 kilometer, kain merah putih dibentangkan mengelilingi kepulauan.

Perjalanan Menakjubkan di Morowali

Perjalanan Menakjubkan di Morowali

Perjalanan Menakjubkan di Morowali

Agan dan Aganwati sekalian, di seberang Desa Mbokita terdapat surga tersembunyi yang bernama Pulau Sombori. Pulau Sombori ini mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua. Dengan ukuran yang lebih mini, keindahan Pulau Sombori tak bisa dipandang sebelah mata dan harus kita kunjungi untuk destinasi selanjutnya.

Perjalanan Menakjubkan di Morowali


pulau sombori
emoticon-2 Jempol
waw kere banget....
luar biasa, banyak banget destinasi wisata yg indah tapi kurang terekspos di Indonesia....
wih keren yaa.. indonesia emang ga ada duanya
widiihh kerenn emoticon-thumbsup
indonesia timur keren