alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587d87c3925233ef2b8b4588/pengamat-hakim-harus-diyakinkan-soal-kualitas-saksi-jpu
Pengamat: Hakim Harus Diyakinkan soal Kualitas Saksi JPU
Pengamat: Hakim Harus Diyakinkan soal Kualitas Saksi JPU

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat hukum Jamin Ginting menyebut kuasa hukum terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama harus bisa meyakinkan hakim soal saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU). Tim harus membeberkan secara legal formal saksi tak memiliki kualitas memberi keterangan di depan persidangan.


"Secara material, substansi yang disampaikan tidak memiliki keterkaitan langsung dengan yang menjadi pokok perkara yang disidangkan," tegas Jamin dalam dialog Breaking News di Metro TV, Selasa (17/1/2016).


Tim kuasa hukum harus bisa membuat hakim mengabaikan keterangan saksi. Apalagi, selama ini saksi yang dihadirkan bukan orang yang mendengar langsung pidato Ahok di Kepualauan Seribu, 27 September 2016.


"Itu akan dikesampingkan oleh hakim kalau mempunyai kualitas seperti itu. Dan itu lah tugas penasihat hukum," jelas dia.


Baca: Ahok Tegaskan Gugat Saksi Pelapor


Dalam sidang pemeriksaan saksi yang sudah ketiga kali dilaksanakan, selalu ditemukan hal-hal nyeleneh. Beberapa di antaranya, lupa sejarah pendidikan, tanggal pelaporan yang berbeda dengan fakta, penulisan keterangan yang tak  sesuai kenyataan, dan lain-lain.


Namun, dihadirkannya dua anggota polisi dari Bogor yang berkaitan dengan saksi pelapor memberi ruang bagi tim Ahok. Ini bisa membuka fakta soal tanggal pelaporan yang tertera 6 September, sementara pidato Ahok baru disampaikan pada 27 September.


"Ini kan bagaimana lawyer mau menunjukkan sebenarnya Anda tidak punya kualitas sebagai saksi pelapor karena Anda melaporkan sesuatu yang belum terjadi. Itu kalau benar terjadi (pelaporan dilakukan 6 September)," jelas dia.




Kemungkinan salah ketik, kata Jamin, memang terbuka. Namun, kemungkinan itu tidak besar karena biasanya orang yang memberikan berkas acara pemeriksaan (BAP) dijelaskan soal isinya. Sebelum BAP ditandatangani, orang tersebut diberi kesempatan membaca dari awal sampai akhir.


Pelapor seharusnya teliti. Kalau sampai tak teliti, bisa saja apa yang disampaikan dengan isi BAP berbeda. Namun, ini tak akan menjadi masalah besar ketika isi BAP disangkal sendiri di pengadilan. Sesuai Pasal 185 KUHP, hakim pasti akan menggunakan keterangan saksi di pengadilan.


"Tapi kalau mengenai tanggal waktu kedatangan, polisi kan tidak bisa disangkal. Kalau dia datang tanggal 6 September, itu enggak boleh disangkal di persidangan," ucap Jamin.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...itas-saksi-jpu

---

Kumpulan Berita Terkait KASUS HUKUM AHOK :

- Pengamat: Hakim Harus Diyakinkan soal Kualitas Saksi JPU Protap Pengamanan Sidang Ahok tak Berubah

- Pengamat: Hakim Harus Diyakinkan soal Kualitas Saksi JPU Pengamat: Hakim Harus Diyakinkan soal Kualitas Saksi JPU

- Pengamat: Hakim Harus Diyakinkan soal Kualitas Saksi JPU Pengamanan Sidang Keenam Ahok Dibagi 4 Ring