alexa-tracking

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587d6870c1cb17e66e8b4569/intoleransi-meluas-antropolog-minta-jokowi-benahi-3-hal-ini
Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini
Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini


Liputan6.com, Jakarta - Para antropolog bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Berbagai masalah disampaikan kepada Jokowi, terutama perihal intoleransi yang dirasa semakin luas di Indonesia.

Seorang perwakilan antropolog Yando Zakaria mengatakan, para antropolog mulai resah dengan berbagai hal yang terjadi di Indonesia. Gerakan yang menjurus pada aksi intoleransi semakin bermunculan.

Kemunculan gerakan yang memaksakan kehendak di negeri ini justru terus menerus bermunculan. Hal itulah yang membuat para antropolog resah karena Indonesia negara dengan kemajemukan.

"Kami menyerukan kedaruratan kebhinnekaan di Indonesia ini," kata Yando, di Kantor Presiden, Senin (16/1/2017).

Paling tidak ada 3 hal yang bisa dilalukan pemerintah untuk meredam aksi intoleransi ini agar tidak semakin meluas. Ketiga hal itu pula yang disampikan kepada Jokowi saat pertemuan itu.

Yando menjelaskan, intoleransi bisa diredam mulai dari dunia pendidikan. Pendidikan mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi sudah disusupi gerakan intoleransi. Karena itu, antropolog meminta Presiden untuk memerhatikan permasalahan ini.

Kemudian, masalah ekonomi juga bisa menjadi pemicu intoleransi. Ketidakadikan ekonomi terutama pemerataan sumber daya alam memang perlahan mulai dibenahi. Salah satunya dengan mengadakan reforma agraria.

Pembagian lahan kepada masyarakat adat bisa menjadi awal yang baik untuk memangkas kesenjangan sosial. Harus diperhatikan jangan sampai menimbulkan masalah di kemudian hari.

Ketiga adalah masalah hukum. Antropolog melihat masih banyak aturan di Indonesia yang belum mengimplementasikan keberagaman. Misalnya soal pengakuan terhadap agama di Indonesia.

Usia Indonesia 10 Tahun

Saat ini hanya ada enam agama yang diakui di Indonesia. Padahal masih banyak kepercayaan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena tidak terdaftar, mereka tidak bisa menikmati pelayanan publik seperti sekolah.

"Jadi ada persoalan-persoalan hukum yang juga masih kami lihat sebagai yang mungkin perlu disempurnakan," imbuh Yando.

Belum lagi ada beberapa undang-undang yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi bangsa Indonesia sekarang ini. Sebut saja undang-undang tentang penistaan agama.

Para antropolog menilai, masalah penistaan agama ini merupakan persoalan yang sangat subjektif. Belum lagi, masalah ini sangat mudah dipolitisasi.

"Di banyak negara demokrasi saat ini, UU penisaan agama sudah dicabut. Indonesia salah satu negara yang masih mempunyai," ujar Yando.

Permasalahan ini memang tidak banyak menjadi fokus para akademisi. Karena itu, antropolog Indonesia berpendapat pandangan ini perlu disampaikan kepada Presiden agar ada tindak lanjut guna menahan aksi intoleransi.

"Jangan ragu untuk mengatasi masalah intoleransi. Kalau kita terlambat mengatasi masalah intoleransi, mungkin mimpi kita untuk menjadi Indonesia itu akan berakhir. Ada ahli yang mengatakan, kalau kita gagal mengelola keberagaman ini, usia Indonesia hanya akan 10 tahun lagi," Yando memungkas.

Sumber Berita

==========================================================================
Komen TS

Aksi Intoleran GMBI yang menyerang FPi sungguh terkutuk... Jangan Ditiru ya!!
Aksi Demonstran salah satu forum masyarakat itu juga ngaco dan sangat subjektif...
Mereka ga sadar telah menghilangkan banyak nyawa orang yang tidak berdosa di Sampit tahun 2001, banyak bayi, anak kecil, danp erempuan yang kena tindak kekerasan mereka... Harusnya mereka malu karena mereka telah melakukan perbuatan keji.. Sok damai banget sih!! Jangan ditiru ya!!!

Saya mendukung ormas intoleran dan biang rusuh kyak GMBI untuk secepatnya DIBUBARKAN!!

Semua juga tahu mana yang Cinta Kedamaian dan Biang Rusuh


Quote:


Quote:
kalau fpi jadi partai, gw yakin lewat tuh parlementary treshold. apa gak mau berjuang lewat politik dan birokrasi, dibandingkan menekan sana sini padahal yang ditekan pun pihak yang tidak mereka percayai?!
tdnya seharusnya ahok bisa kerjasama dengan FPI, paling tidak para anggotanya FPI di rekrut jadi pasukan orange, pink, biru atau penjaga makam dan para panglimanya di angkat jadi sopir transjakarta atau security di balaikota. kan FPI jadi ada kerjaan yg menghasilkan duit tanpa harus selalu demo di jam kerja yg sangat mengganggu para pengguna jalan
KASKUS Ads
10 tahun yang sia sia....emoticon-Hammer2
hidup dwifungsi ABRI..hidup pak harto..
ABRI dan Rakyat bahu membahu negara kuat..emoticon-Big Grin
Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini

Intoleransi Meluas, Antropolog Minta Jokowi Benahi 3 Hal ini
Quote:



Quote:
emoticon-Traveller
Trit Panasbung emoticon-Leh Uga
diem2 laskar fentung ngaskus juga emoticon-Wkwkwk
Riziek tersangka?
ormas2 seperti aliran sarungan atau abangan yg menjadi akar masalah intoleransi dinegara ini

pesantren2 abangan lah melahirkan para pengikut FPI dan ormas2 islam dinegara ini

tapi masih banyak orang bodoh yg termakan seakan aliran abangan ini nasionalis dan pluralis

lihat semua anggota2 ormas radikal berkelakuan seperti aliran abangan atau sarungan yg sifatnya kampungan dan merasa paling benar sendiri
Quote:


sekarang sudah panaspung.
Quote:



Quote:


Terkadang memang orang ngomong suka seenak jidat sih emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Oknum.
Oknum mayoritas blagu/slengean, arogan di RL
Oknum minoritas blagu/slengean, arogan di dunmay

Klop sudah negara ini
Orang-orang munafik standar ganda pasti bilangnya "Itu cuma oknum !!!"
Padahal dia sendiri juga intoleran...
Dikira intoleran cuma rusuh sama ngebom doang kali...

Miris,endonesah bentar lagi bakal bikin negara bagian ini emoticon-No Hope

#NKRIHARGAMATI

Menurut teori antropologi, sepertinya ormas2 tsb masih belum ber-evolusi secara sempurna emoticon-Embarrassment
Quote:


fpi ga dikutuk juga gan
Quote:


quote eni biar ga lupa.........emoticon-Big Grin

JUDUL: daftar kekerasan fpi beserta video.......




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
susah lah
intoleransi justru di piara oleh wereng ijo demi kelanggengan mereka sendiri
sampe ada latihan bersama sgala
kodok terbukti gak pnya kendali terhadap wereng ijo
wereng ijo juga berseberangan dgn wereng coklat yg udah siap mo bubarin tuh ormas radikal
keresahan yang sudah ane rasakan 6 bulan yang lalu, akhirnya dosen-dosena ne angkat bicara juga