alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587b781ed89b093d6d8b456c/gus-mus-bicara-label-halal-dan-mui
Kesel 
Gus Mus Bicara Label Halal dan MUI
Quote:Gus Mus Bicara Label Halal dan MUI
MINGGU, 15 JANUARI 2017 | 14:30 WIB

Gus Mus Bicara Label Halal dan MUI
KH. Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus. TEMPO/Ishomuddin
TEMPO.CO, Rembang - Tokoh Nahdlatul Ulama KH Ahmad Mustofa Bisri mempersoalkan rebutan sertifikasi halal antara Majelis Ulama Indonesia dan Kementerian Agama.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Roudlatuth Tholibin, Rembang, Jawa Tengah, ini yang mengherankan adalah bagaimana bisa sertifikasi halal diterbitkan oleh MUI yang notabene bukan lembaga pemerintah. Sedangkan Kementerian Agama justru tak mengeluarkan label halal.

“Perkara gitu saja kenapa, kok rebutan?" kata Gus Mus, panggilan akrab Mustofa Bisri, dalam wawancara dengan Majalah TEMPO, Kamis malam, 5 Januari 2017. Wawancara lengkap baca Majalah Tempo edisi 15-22 Januari 2017.

Gus Mus semakin heran pada saat mengetahui solusi penyelesaian atas gegeran label halal tersebut, yakni dengan model Indonesia berupa kompromi. “Yang fatwa tetap MUI, yang mengeluarkan label Kementerian Agama. Hehehe… Kok ada seperti itu ngapain?

Soal MUI, Gus Mus menyatakan, keberadaannya tidak jelas. "Apakah MUI itu instansi pemerintah, ormas, parpol, bagian dari Kementerian agama, kawan kementerian agama, rekanan kementerian agama, atau apa?" katanya.

Menurut Gus Mus, MUI hanya organisasi yang berdiri di era Presiden Soeharto dengan tujuan menyatukan ormas-ormas Islam. Gus Mus menyebut almarhum Soeharto sebagai ahli strategi. Sama halnya ketika pada zaman Orde Baru organisasi kepemudaan disatukan di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) atau organisasi profesi wartawan disatukan di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan partai politik Islam dijadikan satu di Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Lebih jauh, Gus Mus menyebut bahwa proses rekrutman pengurus MUI tidak jelas. Padahal, kini MUI juga mengeluarkan fatwa.

“Siapa yang bisa memasukan seseorang menjadi pengurus MUI. Siapa yang menetapkan orang tertentu bisa masuk ke MUI,” jar Gus Mus. Ia membandingkannya dengan rekrutmen pengurus di berbagai jabatan publik, seperti Dewan Perwakilan Rakyat yang memiliki pola rekrutman dan persyaratan yang jelas.

"Kalau mau dicari solusi, ditegaskan dulu. MUI itu mahluk apa?" kata Gus Mus.


Sumber Varokah

Setubuh nih ama gus Mus, halal atau haram harusnya wewenang Kementrian Agama bukan wewenang mahluk jadi jadian emoticon-Wink emoticon-Wakaka emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Maaf Agan
bener sekali
harus diperjelas mui itu makhluk apaan
ayo gnpf serang gus Mus emoticon-Malu
Jelas sekali yang berhak sertifikasi halal itu lembaga pemerintah
MUI kan dah tau dr singkatan Makhluk Unik Intoleran
awas dituduh PKI autokafir tukang adu domba + kerak telor tentunya!!! emoticon-Marah
Trus ada ide gmn bubarin makhluk tsb..lbh cpt lbh baik nih..
MUI mahluk ghoib .... mungkin emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By cak.kontong
Trus ada ide gmn bubarin makhluk tsb..lbh cpt lbh baik nih..


cabut sumbr dana dulu emoticon-Wink emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Maaf Agan
kira2 gus mus bakalan di demo ga ya sama mahluk2 suci berdaster emoticon-Ngakak
Bener sekali Gus, pemikiran simple dan jelas emoticon-Ngacir
MUI adalah mahluk sejenis dengan lembaga agama di indonesia lainnya

1. Islam : Majelis Ulama Indonesia (MUI)
2. Kristen : Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI)
3. Katolik : Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
4. Hindu : Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)
5. Buddha : Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi)
6. Khonghucu : Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin)

aneh, udah tua gak ngerti sejarah. emoticon-Shutup
dulu disekolah gak diajarin?
gus mus kurang beriman, mui kan ahli surga
mui bisa menentukan mana yg masuk surga dan mana yg masuk neraka tergantung dari fatwa dan stempel halal mereka
Uang hasil sertifikasi HALAL itu seperti apa pengelolaannya?

Itu bukan uang kecil
Sertifikasi itu ada masa berlakunya dan ada waktu ujinya.
Kafe...ukm produsen makanan minuman..industri..rumah makan dll

Itu se indonesia raya..busyett dahh


Selidiki arti "pembinaan umat" karena tidak ada masjid yg berdiri karena dibantu MUI...tidak ada ponpes yg dibantu MUI.
Panitia takmir masjid yg mencari donatur sendiri
Ponpes juga mandiri tanpa MUI

Kalo gus mus yg bicara ya wajar..beliau kan punya ponpes puluhan tahun dan ribuan santri
Quote:Original Posted By daniihsan9
gus mus kurang beriman, mui kan ahli surga
mui bisa menentukan mana yg masuk surga dan mana yg masuk neraka tergantung dari fatwa dan stempel halal mereka

Jualan voucher surga kah?
Quote:Original Posted By k4ktus
MUI adalah mahluk sejenis dengan lembaga agama di indonesia lainnya

1. Islam : Majelis Ulama Indonesia (MUI)
2. Kristen : Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI)
3. Katolik : Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
4. Hindu : Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)
5. Buddha : Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi)
6. Khonghucu : Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin)

aneh, udah tua gak ngerti sejarah. emoticon-Shutup
dulu disekolah gak diajarin?


Sesama organisasi harusnya saling menghargai bukan saling menjatuhkan kalo ada yg kurang jelas tabayun bukan di lempar ke publik buat bahan
Quote:Original Posted By k4ktus
MUI adalah mahluk sejenis dengan lembaga agama di indonesia lainnya

1. Islam : Majelis Ulama Indonesia (MUI)
2. Kristen : Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI)
3. Katolik : Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
4. Hindu : Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)
5. Buddha : Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi)
6. Khonghucu : Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin)

aneh, udah tua gak ngerti sejarah. emoticon-Shutup


nah brarti semua lembaga agama ini harus jelas apa posisinya atau bentuknya dalam suatu negara...
ngeri,bisa kena fatwa nanti di datengin 7 juta orang.
Quote:Original Posted By partoholic

Jualan voucher surga kah?


calo tiket gan
Quote:Original Posted By tokiyo


nah brarti semua lembaga agama ini harus jelas apa posisinya atau bentuknya dalam suatu negara...


udah ada penjelasannya, dulu jaman sekolah ada di RPUL emoticon-Big Grin

kecuali matakin, 5 lainnya dibentuk dijaman Soeharto. sebagai Ormas Resmi (atau disebut Lembaga)
kedudukannya diatas NU & Muhammadiyah.
https://id.wikipedia.org/wiki/Majeli...lama_Indonesia
ketuanya sekarang "KH Ma'ruf Amin" perwakilan dari NU.

justru aneh, Gus Mus pakai tanya seperti itu. hmmm...

NB : gua gak komentar soal label halal. cuma bagian resmi ato enggak nya MUI. emoticon-shakehand

Tambahan : perbedaan lembaga dan organisasi>>
http://apaperbedaan.blogspot.ae/2015...rganisasi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial
×