alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587b052198e31ba30e8b457b/kecelakaan-maut-tak-pernah-berhenti-di-tol-cipali
Kecelakaan maut tak pernah berhenti di Tol Cipali
Kecelakaan maut tak pernah berhenti di Tol Cipali
Sejumlah kendaraan melintas di pintu keluar tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/12/2016)
Kecelakaan maut terjadi di KM 161 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Minggu (15/1/2016) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari. Tujuh nyawa melayang dan tiga luka berat dalam insiden tersebut. Insiden itu semakin menambah jumlah kecelakaan di jalan tol yang diresmikan pada 13 Juni 2015 itu.

Dirlantas Polda Jabar Komisaris Besar Tomex Kurniawan menjelaskan peristiwa itu bermula saat kendaraan Daihatsu Luxio dengan nomor polisi B-1138-UKS yang dikemudikan Aan Sawaludin melaju dari arah Cikopo menuju Palimanan.

Tomex mengatakan setibanya di KM 161, Aan yang diduga mengantuk tidak bisa mengendalikan kendaraan dengan baik hingga akhirnya menabrak ekor truk tronton dengan nomor polisi AB -8837-AK.

Tomex menuturkan kondisi mobil ringsek lantaran menabrak ekor truk tronton dengan kecepatan cukup kencang. Akibatnya tujuh dari sepuluh penumpang mobil tersebut tewas, termasuk pengemudi. "Pengemudi (Luxio) diduga mengantuk lalu menabrak kendaraan di depannya," kata Tomex melalui Detikcom, Minggu (15/1/2017).
Kondisi mobil Luxio nopol B-1138-UKS yg mengalami kecelakaan di Ruas Tol Cipali KM 161 jalur A dr Cikopo arah Cirebon. (Ft: PJR Tol Cipali) pic.twitter.com/fCRGyayEXi
— Radio Elshinta (@RadioElshinta) January 15, 2017
Tol Cipali merupakan jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan dengan Jalan Tol Palimanan-Kanci. Jalan tol juga sekaligus merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Tol Cipali diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015. Pada tahun pertama beroperasi, terjadi 88 kecelakaan yang mengakibatkan 41 korban meninggal, 17 luka berat dan 92 luka ringan. Data kepolisian Jawa Barat pada 14 Juni- 6 Desember 2015 itu tersebar di wilayah hukum Polres Majalengka, Indramayu, Purwakarta, Subang dan Cirebon.

Selama 2016, kecelakaan juga terus membayangi pengguna jalan Tol Cipali. Pada awal tahun lalu, tabrakan minibus dengan truk menewaskan satu orang dan tujuh luka. Insiden terbesar terjadi pada April lalu di kolometer 137. Empat orang penumpang mobil Daihatsu Ayla tewas setelah ditabrak dari belakang oleh truk boks yang kehilangan kendali pada 8 April 2016.

Kecelakaan di Cipali seringkali disebabkan akibat pengemudi mengantuk dan kelelahan. Pengamat transportasi, Andy W Sinaga pernah mengatakan, tingginya kecelakaan di tol Cikopo-Palimanan (Cipali) disebabkan oleh tiga faktor, yaitu kultur atau budaya berkendaraan, faktor teknis kendaraan, dan faktor infrastuktur Jalan.

"Masyarakat harus diberikan pemahaman serta penyadaran pentingnya disiplin berkendaran dengan mengubah kultur berkendara yang tidak tertib menjadi tertib dan patuh pada rambu lalu lintas," ujar Andy.

Tol Cipali merupakan jalan tol terpanjang, masyarakat pengguna harus benar- benar memastikan kendaraannya laik jalan. Sebelum masuk tol, pengguna harus memeriksa perlengkapan teknis kendaraan, seperti fungsi roda, rem dan air radiator.

Andy menambahkan infrastruktur jalan tol Cipali perlu segera dibenahi, seperti marka jalan, rambu-rambu, pembatas dan penerangan jalan umum. Pembangunan efek kejut untuk mengingatkan pengemudi jika mengantuk perlu di perbanyak. Tempat peristirahatan atau rest area yang lengkap juga perlu diperbanyak. Bila perlu, dibangun rumah sakit mini di kedua arah untuk langkah penyalamatan ketika terjadi kecelakaan.
Kecelakaan maut tak pernah berhenti di Tol Cipali


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-di-tol-cipali

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kecelakaan maut tak pernah berhenti di Tol Cipali Ada ledakan di pesawat Wings Air tujuan Luwuk

- Kecelakaan maut tak pernah berhenti di Tol Cipali Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo meninggal

- Kecelakaan maut tak pernah berhenti di Tol Cipali Para kandidat ditantang mengatasi ketimpangan Jakarta

Turut berduka bagi para korban.

Masuk tol cipali memang membuat mata ngantuk.
Aspal yang masih bagus dan track lurus membuat bosan jadi mengantuk...
Kalau sudah begini lebih baik belok rest area, lalu tidur sebentar.
Turut Berduka Cita

ane pikir jalan tol dimana-mana pasti ada aja kecelakaan. namun itu harusnya menjadikan kita lebih hati-hati dlm menyetir. pihak pengelola tol juga mesti terapkan sistem yg baik utk mencegah kecelakaan.

kalo menurut ane sih tol Cipali yg lurus malah bikin pengemudi gak sabar. daripada bosen dengan kecepatan konstan mending tambahin lagi kecepatan. ini jadi masalah kalo menghadapi tikungan atau ada mobil nyalip atau melambat.
minum kopi pahit kental aja
dijamin gak bakalan ngantuk deh
tapi jangan kopi sacetan
kopi bubuk yg bungkus kertas tradisional itu
itu yg bagus
Pengendara emang harus tahu kondisi kalo ngantuk ya harus istirahat biar perjalanan aman dan selamat sampai tujuan.....
Quote:Original Posted By xanax.viagra
minum kopi pahit kental aja
dijamin gak bakalan ngantuk deh
tapi jangan kopi sacetan
kopi bubuk yg bungkus kertas tradisional itu
itu yg bagus


Yup

Yang sachetan malah bikin nambah ngantuk
Soalnya udah ditambah gula ama susu yang mengandung kalori

Pernah ngerasain beli di rest area cipali arah jakarta... untung ga terlalu nganntuk emoticon-Big Grin
udah ngantuk ga usah maksa ngemudi lah langsung cari rest area buat istirahat...kalau terpaksa berhenti pinggir pake lampu hazard sekalian

emoticon-Thinking
Quote:Original Posted By SweetRiver


Yup

Yang sachetan malah bikin nambah ngantuk
Soalnya udah ditambah gula ama susu yang mengandung kalori

Pernah ngerasain beli di rest area cipali arah jakarta... untung ga terlalu nganntuk emoticon-Big Grin


prnah baca di trit sebelah, kopi sacetan itu yg bubuk kopi beneran nya cuma dibawah 10% doank, sisanya bubuk jagung di kasi rasa kopi pake bahan kimia, makanya keliatan banyak
karena kalo semuanya bubuk kopi beneran, harga sacetan gak bakal nutup, gak balik modal, dan kemahalan utk dijual sebagai sacetan
makanya ane lebih suka bubuk kopi tradisional aja, dijamin gak di campur sama bahan lain selain bubuk kopi
Quote:Original Posted By xanax.viagra


prnah baca di trit sebelah, kopi sacetan itu yg bubuk kopi beneran nya cuma dibawah 10% doank, sisanya bubuk jagung di kasi rasa kopi pake bahan kimia, makanya keliatan banyak
karena kalo semuanya bubuk kopi beneran, harga sacetan gak bakal nutup, gak balik modal, dan kemahalan utk dijual sebagai sacetan
makanya ane lebih suka bubuk kopi tradisional aja, dijamin gak di campur sama bahan lain selain bubuk kopi


Makasih infonya gan

Ane malah baru tau...soal bubuk jagung itu
yang kecelakaan kmaren itu yg mobil luxio tetangga kampung ane gan,, kasihan mau pada pulang abis usaha malah kena musibah 😓
ane bisa mudik setaon 2x, tangerang-jogja .. so far membasuh kaki cukup ampuh mengusir kantuk, jangan muncuci muka ..
turut prihatin emoticon-Mewek
pengalaman sering nyetir lintas pantura jabar/DKI - jatim di jateng biasa ngantuk2nya.
Klo ga ada yang gantiin ane ga bakal berangkat.
apalagi kena tol mulus . . . .minggir aja deh di pom bensin

Ngomong kecelakaan maut,
pantura non tol bbrp ruas rawan kecelakaan yang mati >50 orang pertahun, cuman jarang diekspose aja emoticon-Takut
Pas ane nyetir lewat situ tancap sampe 100km/jam ga kerasa gan kalo lancar, lha wong truk aja segitu jalannya, ya kali mau kalah sama truk.
Makanya mobil low mpv apalagi kayak luxio gitu bahaya banget kalo buat ngebut disitu, mana angin nya kenceng, oleng dikit, susah ngendaliin di kecepatan segitu...

Tapi, kalo kita pelan2, bakalan gampang ngantuk gan, lha wong jalannya panjang banget, udah gitu rest area nya jauh2...

Makanya bakalan serba salah lewat situ...

Itu sih pengalaman ane...
Turut berduka cira,Kalo ngantuk gak usah dipaksain,emang cipali menggugah banget buat nginjek gas dalem2. Tp kalo malam ngantuknya gak tahan,mending melipir, tidur 3-4 jam baru deh jalan lagi
turut berduka cita

sebaik nya kalau udh tidak tertahan bagus cari rest area,dan kecepatan di kuranginemoticon-Jempol
Quote:Original Posted By Ghost.Tea85
Pas ane nyetir lewat situ tancap sampe 100km/jam ga kerasa gan kalo lancar, lha wong truk aja segitu jalannya, ya kali mau kalah sama truk.
Makanya mobil low mpv apalagi kayak luxio gitu bahaya banget kalo buat ngebut disitu, mana angin nya kenceng, oleng dikit, susah ngendaliin di kecepatan segitu...

Tapi, kalo kita pelan2, bakalan gampang ngantuk gan, lha wong jalannya panjang banget, udah gitu rest area nya jauh2...

Makanya bakalan serba salah lewat situ...

Itu sih pengalaman ane...


Ya kan bisa menepi dulu gan
Ga perlu ke rest area

Kecuali kebelet boker emoticon-Big Grin
jalannya lempeng2 aja
jadi merem2 dikit lah emoticon-Genit
turut berduka cita
semoga keluarga korban ikhlas dan tabah
emoticon-Turut Berduka

ya allah tururt berduka cita semoga amal ibadahnya di terima di sisi allahswt ,...
lebih hati" di jalan , kalau capek mending berhenti aja lah ...
tapi gak ada yang tau juga sih gan kapan maut akan datang emoticon-Berduka (S)
turut berduka cita untuk keluarga yg ditinggalkan. semoga arwah yg meninggal diterima di sisi-Nya.

menurut ane, faktor manusia berperan penting di sini. pengalaman ane, bogor - magelang beberapa kali, nggak sekalipun makan sampai kenyang, mending perut agak laper malah nggak ngantuk (ane suka jalan malam hari), ngemil yang pedes2, sama ngrokok kalo agan ngrokok. kalo di jalan, kenceng boleh aja, asal nggak ngelanggar aturan kecepatan, soalnya kalo agan jalan kek siput pasti bosen. apalagi lewat cipali malem, ga ada yg bisa diliat selain pantat mobil orang.
×