Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5874c99496bde6f36d8b4576/barang-rusak-ekspedisi-dinoyo-putra-lepas-tanggung-jawab
BARANG RUSAK EKSPEDISI DINOYO PUTRA LEPAS TANGGUNG JAWAB
Kronologi :
Saya pesan barang berupa decosheet/supercon/decosit ke https://www.instagram.com/cs_laminates/ dan bukan pertama kali ini pesan ke mereka
mereka posisi di Jakarta saya di Malang, pengiriman barang selama ini selalu aman menggunakan DINOYO PUTRA
BARANG RUSAK EKSPEDISI DINOYO PUTRA LEPAS TANGGUNG JAWAB

Namun kali ini ketika barang dibuka, kok pecah, berikut penampakannya BARANG RUSAK EKSPEDISI DINOYO PUTRA LEPAS TANGGUNG JAWAB

BARANG RUSAK EKSPEDISI DINOYO PUTRA LEPAS TANGGUNG JAWAB

Otomatis, saya telpon ke DINOYO PUTRA mereka menanggapi enteng sekali dengan berkata bilang saja ke suppliernya, itu kesalahan suppliernya.

berikut penampakan respon dari supplier
BARANG RUSAK EKSPEDISI DINOYO PUTRA LEPAS TANGGUNG JAWAB

Yang saya sayangkan disini, tidak ada solusi dari kedua belah pihak tentang barang saya yang rusak ini.
Saya paham sebagai pihak ekspedisi, situ barang yang dikirim banyak dan ngirim juga bukan ke tempat saya saja. Tapi saya juga sudah membayar tarif yang dikenakan, lalu kenapa masih ada kasus seperti ini ?

Kasus kali ini benar-benar membuat saya sudah tidak percaya lagi dengan DINOYO PUTRA, apa-apaan tanggapan mereka sama sekali tidak professional melempar kesalahan ke supplier mentang-mentang ekspedisi besar begitu tidak mau tanggung jawab ?

Tolong TANGGUNG JAWAB
Yang kayak gini tergantung perjanjian.
Apa ada asuransi kehilangan atau kerusakan dari ekspedisinya.
Kalau gak ada, gimana perjanjian sama pengirim.
Serah terima barang itu di jakarta atau malang.
Kalau di jakarta, brarti kemungkinan sejak barang ada di ekspedisi, barang udah miliknya TS sebagai pembeli, termasuk kalau ada risiko hilang/rusak.
Nantinya kalau pun mau ganti ke ekspedisi lain, tetep aja ada risiko barang rusak kayak gitu selama gak ada asuransi. Yang nanggung kerugian juga bakal ttp gak jelas siapa kalo shipping point nya gak jelas.
Kurang tau deh kalo masalah begini...

Tapi kalo perusahaan ekspedisi besar (yg biasa ngangkut barang perusahaan besar kyk Or*ng Tua group, Nab*ti group dll) Claim pasti dibebankan ke pihak ekspedisi (boleh cek ke perusahaan2 ekspedisi, mereka biasany punya Krani khusus buat ngecek barang bawaan kalo jelek/rusak pasti mereka ga mau angkut karena pasti kena biaya claim nantiny)

Tapi kalo barang bagus pas diangkut trus rusak dibongkar berarti rusak pas di perjalanan, kalo kondisi begini ya nasib ekspedisinya lah
Intinya kalo perusahaan ekspedisi setau ane biaya Claim tetap dibebankan ke pihak ekspedisi... (makanya pihak ekspedisi biasany punya krani sendiri buat mengurangi kejadian2 kyk gini)

Ane tau karena ane kerja di perusahaan ekspedisi
Waduh... itu rusak dah hampir setengah gulung... kayaknya bukan dari supplayer deh... itu barang pasti pernah jatuh dari posisi yang agak tinggi dan kena salah satu ujung gulungan makanya bisa pecah bagian atas dan bawahnya enggak...

Tidak semua ekspedisi mau bertanggung jawab kalau ada komplain dari konsumen, lain kali pilih-pilih ekspedisi gan... kalau bisa yang ada jaminan asuransi pengiriman...
untuk asuransi / ganti rugi udah djelaskan yah sma yg diatas,
sekedar saran aja, next time minta suppliernya packing kayu.
bahaya klo kirim barang ginian pake ekspedisi.