alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Gatra.com /
India Larang Politisi Bawa-bawa Agama untuk Menangkan Pemilu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586a49acdc06bd4c398b457f/india-larang-politisi-bawa-bawa-agama-untuk-menangkan-pemilu

India Larang Politisi Bawa-bawa Agama untuk Menangkan Pemilu

India Larang Politisi Bawa-bawa Agama untuk Menangkan Pemilu

Jakarta, GATRAnews - Mahkamah Agung India melarang para politisi negeri itu memanfaatkan agama dan kasta dalam mendapatkan dukungan suara pemilih. Keputusan ini diperkirakan akan memaksa partai politik di India mengubah strategi mereka menghadapi Pemilu nanti. "Politisi tidak boleh mencari suara atas nama kasta, kepercayaan atau agama," kata Ketua Mahkamah Agung TS Thakur, dalam amar putusannya. Menurutnya, proses Pemilu harus diselenggarakan secara sekuler.

India secara resmi merupakan negara sekuler, namun partai politik biasa menggunakan alasan agama dan kasta sebagai kriteria mereka dalam memilih calon pemimpin dan dalam meraih suara pemilih.Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi dari Partai Bharatiya Janata (BJP) selama bertahun-tahun berjuang dalam Pemilu dengan membawa agenda nasionalis Hindu. Para anggota partai ini kerap dituding mengeluarkan pernyataan-pernyataan anti-muslim, demi mendapatkan suara dari pemilih Hindu.Keputusan mahkamah agung itu, menurut Reuters yang dikutip Antara, muncul hanya beberapa pekan menjelang pemilihan daerah di negara bagian Uttar Pradesh, yang merupakan negara bagian paling padat penduduk di mana isu agama dan kasta kerap mendominasi tema Pemilu.Hasil Pemilu akan penting bagi Modi yang memburu masa jabatan kedua pada Pemilu 2019. Pilkada serupa juga berlangsung di negara bagian Punjab, Uttarakhand, Goa dan Manipur.Putusan Mahkamah Agung yang didasarkan perkara yang diajukan seorang politisi pada 1996, yang menyebutkan bahwa etika sekuler dari konstitusi harus dilindungi.Mayoritas dari tujuh hakim agung yang mengeluarkan putusan itu mengatakan Pemilu dianggap batal jika ada satu politisi saja yang berusaha mendapatkan suara dari pemilih dengan memanfaatkan sentimen agama.

Editor: Tian Arief

Sumber : http://www.gatra.com/internasional/a...nangkan-pemilu

---


- India Larang Politisi Bawa-bawa Agama untuk Menangkan Pemilu Pemprov DKI Larang Petasan di Malam Tahun Baru
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalau di Indonesia banyak lawan politik Ahok yang membawa-bawa agama untuk menyerang Ahok.
india waras gak macem negara mayoritas muslimemoticon-Betty emoticon-Leh Uga
lah india yg pelem2 nya suka gak waras, tapi ternyata politiknya masih waras toh..
jika diterjemahkan ke bahasa lokal emoticon-Thinking
maka fix kasus serupa dengan Ahok emoticon-Leh Uga
Dasar tukang nari sama tiang, contoh donk Indonesia emoticon-Blue Guy Bata (L)
Yakin nih ngak bawa agama di India? Partainya PM India Narendra Modi, BJP ( Bharatiya Janata Party ) sendiri berasakan Hindu. Ngak sekuler seperti Partai Kongresnya clan Nehru-Gandhi. Jangan lupa salah satu partai anggota koalisinya PM, Shiv Sena malah berlandaskan Hindu Nasionalis (Hindu ekstrim kanan). Mana mungkin ngak bawa agama dalam politik di India.emoticon-No Sara Please


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di