alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dituduh Bantu ‘Teroris’ di Suriah, Lembaga Kemanusiaan Turki Siapkan Gugatan ke Indo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586a3b6d5c779832138b4568/dituduh-bantu-teroris-di-suriah-lembaga-kemanusiaan-turki-siapkan-gugatan-ke-indo

Dituduh Bantu ‘Teroris’ di Suriah, Lembaga Kemanusiaan Turki Siapkan Gugatan ke Indo

SALAM-ONLINE: Insani Yardim Vakfi atau IHH, badan kemanusiaan internasional yang berpusat di Istanbul, Turki menyatakan takkan berdiam diri atas beredarnya tuduhan pihaknya terlibat dalam bantuan kelompok “teroris” di Suriah.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal IHH, Yavus Dede, kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) saat bertemu dalam pengukuhan kerja sama antara ACT dengan IHH, di kantor IHH di Istanbul, Jum’at (30/12/2016).

Yavus menjelaskan, pihaknya juga mendapatkan informasi serta terus memantau perkembangan lontran isu-isu bernada tuduhan kelompok tertentu atas kiprah aksi kemanusiaan lembaga ini di Indonesia.

Terkait tuduhan oknum tertentu di Indonesia yang beredar viral, IHH menyiapkan tim pengacara di Jakarta untuk menggugat pencemaran nama baik lembaganya.

“Kalau dibiarkan, maka orang akan menganggapnya sebagai kebenaran. Harus diambil langkah hukum untuk menjaga nama baik kami,” ujar Yavus Dede kepada Senior Vice President ACT, Syuhelmaidi Syukur.

Yavus melanjutkan, langkah ini juga dilakukan karena Indonesia ‎negara penting dan berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Menurut Yavus, pihaknya perlu menyampaikan hal itu kepada ACT karena ACT menjadikan IHH mitranya.

Terkait hal ini, Senior Vice President ACT, Syuhelmaidi Syukur menegaskan, ACT sendiri sudah lama menjalin kerjasama dengan IHH, tak hanya dalam merespon krisis kemanusiaan Suriah. Terkait rencana IHH membawa fitnah ini ke ranah hokum, ACT siap memberi dukungan maksimal.

“Kerja kemanusiaan ini, sudah cukup berat. Keterlaluan jika dipolitisasi, difitnah dan diseret ke isu ‘terorisme’. Tak ada kata lain, harus dilawan dengan hukum. Kita tak boleh membiarkan kekuatan anti-kemanusiaan memfitnah pegiat kemanusiaan seenaknya,” ungkap Syuhelmaidi kepada Islamic News Agecy (INA).

Apalagi, imbuh Syuhel, ACT serius berperan optimal menolong warga Suriah korban konflik yang menjadi pengungsi terutama di wilayah Turki dengan membuka cabang di Negara pimpinan Erdogan itu. “Ini juga meneguhkan peran ACT di ranah global,” ujar Syuhel.

Sementara itu, demi memperkuat kiprahnya untuk para pengungsi Suriah di Turki, ‎ACT sebagai lembaga resmi yang taat asas dan mengusung nama baik bangsa, tak pernah mengabaikan upaya berkoordinasi dengan perwakilan pemerintah Indonesia di mana pun, termasuk di Turki.

Menjelang akhir tahun 2016 lalu, Tim SOS Suriah XI, Jum’at (30/12/2016), melakukan kunjungan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul. Konsuler RI, Abdul Hakim menerima Tim SOS Suriah XI untuk mengoordinasikan kerja ACT dengan perwakilan pemerintah RI di Turki itu.

“Kami ikut senang atas kehadiran ACT dengan kerja kemanusiaan yang luar biasa. Kami turut mendoakan semoga semua program kemanusiaan ACT sukses. Kerja sama ACT dengan IHH sudah tepat karena mereka salah satu NGO yang terpercaya sampai saat ini dan memiliki hubungan baik dengan pemerintah,” ujar Abdul Hakim.

Terkait rencana pembukaan kantor cabang di Turki, pihak Konsulat RI ‎merespons positif.

“Kami sangat senang, semoga ini bisa membawa kebaikan juga untuk Indonesia,” kata ‎Abdul Hakim. Ikut menyambut ACT, Sekretaris Pertama KBRI, Dyah Lestari Asmarani. Ia memberi masukan terkait perkembangan situasi politik di Turki.

“Situasi politik di sini (Turki) setiap saat kondisinya bisa berubah. KBRI siap menjadi mitra bagi setiap aktivitas warga negara Indonesia di wilayah kerja kami di Turki,” ujar Dyah yang menangani urusan penerangan, sosial dan budaya KBRI di Turki.

Peluang berkiprah di Turki amat strategis terutama karena posisinya, khususnya di wilayah Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia Tengah.‎

Syuhel juga menegaskan, negara yang hingga saat ini membuka diri menolong umat manusia yang dilanda krisis di berbagai belahan dunia adalah Turki.

Turki banyak berbuat untuk kemanusiaan, hal yang tak banyak dilakukan negara lain. “Dan IHH sebagai badan kemanusiaan di Turki, gamblang menunjukkan peran itu,” imbuh Syuhel.
Aksi Cepat Tanggap terpanggil membela sesama badan kemanusiaan. “Semoga kita sadar untuk tidak membiarkan fitnah merajalela,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, IHH adalah organisasi lembaga kemanusiaan internasional yang telah diakui PBB. Dalam kiprahnya, IHH pernah menjadi inisiator konvoi kemanusiaan Freedom Flotilla menuju Gaza, Palestina, yang diikuti lembaga dan aktivis kemanusiaan dunia.

Selain dengan ACT, IHH juga bermitra dengan beberapa lembaga kemanusiaan lainnya di Indonesia seperti Indonesian Humanitarian Relief (IHR) Foundation pimpinan Ustadz Bachtiar Nasir, PKPU dan Rumah Zakat. (s)
http://m.salam-online.com/2017/01/dituduh-bantu-teroris-di-suriah-lembaga-kemanusiaan-turki-siapkan-gugatan-ke-indonesia.html
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Kok bisa indonesia sembarangan ngasi label, apnga pake pengkajian
sumbernya media abal-abal pendukung teroris juga?!? emoticon-Marah

teroris, teroris everywhere!!! emoticon-Marah

Dituduh Bantu ‘Teroris’ di Suriah, Lembaga Kemanusiaan Turki Siapkan Gugatan ke Indo
melebar kemana-mana
Hayolooo, jadi ribet kan sekarang
Bagus juga dibawa ke pengadilan biar ketahuan siapa yang benar siapa yang salah
Quote:


jgn lupa pake aksi turun ke jalan bela.....
#ahsudahlah
ya udah, buktikan saja dipengadilan kenapa bantuan bisa nyasar ke kelompok teroris jaysh emoticon-Cool


Diubah oleh buceros
gugatannya ditujukan ke siapa? emoticon-Bingung (S)
Quote:

Ga ada yg nyasar emoticon-Cape d...
beneran mau ngegugat?
yg pertama kali nyebar isu sopo sih? terus penelusuran polisi gmna ini?
Quote:


emoticon-Ngakak

itu dia ya gan, antara sengaja dan gak sengaja....

kita juga masih nunggu investigasi dari yang memang ahlinya apakah benar nyasar atau ........ emoticon-Malu
Quote:

paling mbak D*n* yg diudak2...yg paling sering bongkar korengnya IHH emoticon-Wkwkwk

bagus biar bocah2 yang suka latah nuduh teroris di indonesia sport jantung dulu
Quote:


Seru ini....pingin liat endingnya
Quote:


jangan, jangan Bu D*n* emoticon-Mad (S)
Diubah oleh hidupsekalimati
Quote:

hmmmmhhh....hhmmm..hhh..hemmehemhhh...nganu..nganunya...takut ilang...soalnya..hmm..hmm..hemmm..kalau nganu nganunya paling gede dan merem.....
kirim segera delegasi ke Indonesia, dont talk bullshit!

Erdogannn

Dasar rezim teroris


Lawan politik buka sekolah di mari, elu suruh tutup padahal tuh sekolah banyak menghasilkan cendikiawan Muslim, bukan ekstrimis bego macam erdogan, isis dkk

Sekolah kharisma bangsa dan sekolah pribadi di tuntut sama dubes turki
Wong edan
Elu kira ini negara elu bisa seenaknya nutup sekolah orang tanpa dasar




Gak usah sok peduli syria lah, orang di uber uber isis dari belakang, terdesak ke turki malah tutup perbatasan


Eropa aja gak gitu gitu amat, imigran yang terkatung katung di laut mediterania dijemput sama coast guard.

Itu aja eropa masih di semprot sama tahta suci karena kurang responsif dan tidak memberi tempat pada pengungsi terlepas dari latar belakang politik pengungsi


Gak malu apa sodara seiman elu malah lebih di perhatikan sama tapir bahkan pemimpin tapir, Paus Fransiskus yang jadi provokator bagi negara eropa buat nerima pengungsi
Diubah oleh sarotherodon
ah...sudahlah... makin ora jelas hidup skrg, berani kasih data aja
Bukannya IHH sendiri pernah berurusan dgn penerintah turki ya karena urusan yg sama?
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di