alexa-tracking

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586a2e119e7404c5038b456b/10-spot-terbaik-di-gunung-untuk-menikmati-sunrise-di-tahun-2017
Thumbs up 
icon-hot-thread
10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017
10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Mendaki gunung tergolong sebagai olahraga berat, tetapi aktifitas mendaki gunung bisa dilakukan oleh siapa saja. Hampir setiap orang yang pernah menginjakkan kaki di alam liar pegunungan, mengaku jatuh cinta. Keindahan yang disuguhkan di atas ketinggian sebuah gunung adalah panorama yang memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Cinta pandangan pertama mereka jatuh pada indahnya alam yang terbentang luas sejauh mata memandang. Menyaksikan fenomena golden sunrise ketika pagi hari dan memandang awan putih bak samudera yang terhampar dibawah kaki. Bagi pencinta wisata gunung, Indonesia adalah “surga”. Ada begitu banyak gunung yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini 10 spot terbaik di gunung untuk menikmati sunrise di tahun 2017 :

1. Gunung Prahu

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung Prahu atau lebih dikenal dengan Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng atau tepatnya berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Gunung ini memang sangat terkenal dengan fenomena sunset dan sunrisenya yang indah. Di puncak gunung terdapat padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Kita juga dapat menjumpai bukit-bukit kecil dan sabana di atas sana. Karena gunung ini merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sehingga para pendaki bisa menikmati sunrise yang bersanding dengan gunung-gunung di sekitar Gunung Prahu, seperti Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

Bisa bayangin kan gimana eksotisnya warna matahari yang keemasan menembus celah-celah pegunungan? Well, buat kamu yang belum pernah atau jarang mendaki gunung nggak perlu khawatir untuk datang kemari. Gunung ini cocok bagi para pendaki pemula karena ketinggiannya yang tergolong sedang yaitu sektar 2565 meter di atas permukaan laut serta jalur pendakian yang tidak begitu sulit sehingga waktu tempuh pendakian yang tidak terlalu lama.

2. Gunung Putri

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung Putri terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Gunung dengan ketinggian 1587 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu gunung yang sangat mudah dijangkau. Hanya memerlukan waktu mendaki sekitar 30 menit melalui jalur perkebunan sayur dan sekitar 1-2 jam melalui jalur hutan pinus untuk dapat sampai ke puncaknya. Jalur pendakiannya pun pun sangat bersahabat, yang dapat dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail.

Di puncak gunung terdapat sebuah tugu bernama Tugu Gunung Putri yang merupakan penanda bahwa puncak gunung berada di situ. Dari puncak Gunung Putri pendaki bisa menikmati indahnya pemandangan Lembang dari atas serta ditemani semburat jingga matahari terbit. Kabut yang menyelimuti area Gunung Putri di pagi hari menambah keindahan tiada tara bak berada dalam negeri di atas awan. Jika ada waktu lebih, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke benteng peninggalan Belanda yang ada di atas sana. Bagus buat tempat foto-foto, lho.

3. Gunung Andong

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung bertipe perisai ini terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Merupakan salah satu dari sekian gunung yang mengelilingi Magelang, berdampingan dengan Gunung Telomoyo. Bentuknya yang mirip dengan punggung sapi membuatnya diberi nama Gunung Andong. Gunung dengan ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut ini memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Makam yang terdapat sebuah makam di atasnya, Puncak Jiwa yang biasa digunakan sebagai camping ground, puncak Alap-Alap, dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat sampai di puncak, karena pendaki hanya perlu menempuh waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Karena tergolong cukup mudah untuk didaki, Gunung Andong pun menjadi salah satu pilihan favorit bagi para anak muda. So, jangan kaget kalau sampai di puncak kamu akan menemukan begitu banyak orang dan tak lupa warung yang menjajakan makanan.

4. Gunung Merbabu

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung Merbabu berasal dari kata meru yang berarti gunung dan babu yang berarti wanita. Secara administratif Gunung Merbabu berada di Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut. Meski tergolong memiliki ketinggin yang cukup tinggi, namun medannya tidak terlalu berat yang terdiri atas beraneka ragam jalur pendakian mulai dari datar, bergelombang, agak naik, sampai sangat menanjak.

Beberapa hal yang harus diwaspadai pendaki saat berkunjung ke gunung ini antara lain udara dingin, kabut tebal, serta hutan yang lebat namun homogen. Berada di hamparan savana Gunung Merbabu yang luas sambil menyaksikan rona jingga matahari terbit serta merasakan hembusan angin segar menusuk kulit tentu akan membuat pagi pertamamu di tahun 2017 tidak akan pernah terlupa.

5. Gunung Gede

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung Gede terletak di Bogor, Jawa Barat. Untuk dapat sampai ke puncak gunung dengan ketinggian 2.958 meter ini, pendaki harus menempuh sekitar 7-8 jam perjalanan. Gunung yang tidak terlalu jauh dari Jakarta ini merupakan salah satu tempat favorit untuk mendaki dan berkemah. Setiap pekan banyak pendaki yang datang untuk menikmati keindahan Gunung Gede.

Selain dapat menikmati sunrise di pagi hari, jika tidak berkabut kamu juga bisa melihat Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, bahkan sampai Jakarta dari atas puncak. Lokasi favorit para pendaki saat berkunjung ke Gunung Gede adalah Alun-alun Surya Kencana dan Lembah Mandalawangi atau Lembah Kasih karena bunga edelweis tumbuh dengan subur di sini.

Baca Juga :

5 Kota Yang Wajib Dikunjungi Buat Kamu Yang Fashionable dan Shopaholic

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

6. Gunung Bromo

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter ini terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki keindahan yang berbeda dari gunung-gunung pada umumnya yaitu memiliki bentuk tubuh yang saling bertaut di antara lembah dan ngarai serta dikelilingi kaldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 5.300 hektar.

Selain itu cara menuju ke Gunung Bromo pun berbeda dari gunung-gunung pada umumnya, kamu tidak perlu capek-capek mendaki hingga memakan waktu berjam-jam karena untuk sampai di Gunung Bromo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda 2. Tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit adalah di puncak penanjakan, dari kejauhan akan terlihat puncak gunung semeru yang mengeluarkan asap disinari dengan rona jingga matahari terbit, sungguh indah sekali.

7. Gunung Kelimutu

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Nama Kelimutu berasal dari gabungan kata “keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1639 meter di atas permukaan laut. Yang istimewa dari Gunung Kelimutu adalah, gunung ini memiliki 3 buah danau kawah di puncaknya yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. Warna danau ini selalu berubah-ubah seiring waktu. Tak perlu khawatir dengan jalur pendakian di gunung ini, karena sudah disediakan trek khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan puncak Gunung Kelimutu. Bahkan berbagai fasilitas seperti gazebo, lahan parkir dan jajaran kios sudah tersedia di sini. Jangan lupa datang pagi-pagi sekali untuk menikmati matahari terbit di balik keindahan kawah Gunung Kelimutu.

8. Gunung Kerinci

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung berapi tertinggi di Indonesia ini juga dikenal dengan sebutan Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura. Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut ini teletak di Provinsi Jambi berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Dari atas puncak Gunung Kerinci, pendaki bisa melihat panorama indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu.

Selain itu di puncak Gunung Kerinci terdapat kawah berisi air berwarna hijau dengan luas 400 x 120 meter. Di sebelah timur terdapat Danau Bento dengan airnya yang jernih dan segar. Kapan lagi bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari atas gunung berapi tertinggi di Indonesia ditambah dengan panorama kawah dan danaunya yang cantik pula!

9. Gunung Batur

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Pulau Dewata Bali, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kaldera yang sangat luas dan di tengahnya terdapat sebuah danau bernama Danau Batur. Belakangan ini mulai marak wisatawan lokal maupun mancanegara mencoba menaklukan puncak Gunung Batur karena keindahannya. Sudah banyak orang yang mengabadikan momen matahari terbit dari atas puncak Gunung Batur.

Selain karena keindahannya yang menggoda, medan menuju ke puncak gunung tergolong tidak terlalu sulit dan thanya memakan waktu sekitar 2 jam saja. Biasanya gunung ini semakin ramai dikunjugi wisatawan pada akhir pekan, so kamu nggak usah takut akan tersesat atau sendirian. Gimana, tertarik untuk menyambut semburat jingga dari ufuk timur di atas puncak Gunung Batur?

10. Gunung Sindoro

10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

Gunung Sindoro di Jawa Tengah dapat mengawali perjalanan wisata gunung pada tahun 2017. Bulan Januari biasanya masuk musim hujan dan Gunung Sindoro bisa menjadi pilihan gunung untuk didaki karena hanya memakan waktu sekitar tujuh jam perjalanan. Jalur pendakian Gunung Sindoro cenderung tak banyak berpindah punggung gunung sehingga jarak tempuh relatif dekat. Jadi naik ke puncak saat pagi dan kembali saat menjelang sore. Umumnya hujan turun di sore hari.

Gunung Sindaro dapat didaki melalui dua jalur pendakian yakni jalur Kledung (Kabupaten Temanggung) dan Tambi (Kabupaten Wonosobo). Jalur pendakian Kledung berada di pinggir jalan Desa Kledung di sebelah Restoran Dieng Pass. Di puncak Gunung Sindoro, pendaki dapat melihat pemandangan kota Wonosobo dan juga Gunung Sumbing. Jalur pendakian yang terjal dan berbukit-bukit akan menantang stamina. Gunung ini cocok didaki oleh pendaki pemula dan juga yang telah berpengalaman. Gunung Sindoro di Jawa Tengah dapat mengawali perjalanan wisata gunung pada tahun 2017. Bulan Januari biasanya masuk musim hujan dan Gunung Sindoro bisa menjadi pilihan gunung untuk didaki karena hanya memakan waktu sekitar tujuh jam perjalanan.

Inilah ke-sepuluh gunung dengan panorama sunrise indahnya yang cocok kamu datangi di tahun 2017. Mana yang menurutmu paling indah?


Sumber :
http://travelingyuk.com/sunrise-pert...ma-2017/23549/
http://www.arlojinesia.com/jam-tangan-pendaki.html
http://forumpendaki.com/gunung-indon...-didaki-pemula
http://kesiniaja.com/wisata-indonesi...i-gunung-prau/

Sumber Gambar :
https://img.okezone.com/content/2016...Hw4R5CtrV6.jpg
http://www.arlojinesia.com/wp-conten...a-1024x682.jpg
http://piknikasik.com/wp-content/upl...chmatedsel.jpg
http://www.pikiran-rakyat.com/sites/...?itok=3lCnyxPF
http://tango.image-static.hipwee.com...-3-750x498.jpg
https://acentrisjalanjalan.files.wor...9d4c-dion1.jpg
https://muhdhito.files.wordpress.com...06/sunrise.jpg
http://www.wisatagunungbromo.com/wp-...mo-sunrise.jpg
https://alidesta.files.wordpress.com...2/p1160608.jpg
https://c2.staticflickr.com/2/1493/2...daecd7ab_b.jpg
http://tango.image-static.hipwee.com...014/11/001.jpg
http://telusuri.org/wp-content/uploa...oro-Puncak.jpg
image-url-apps
jadi pengen ke bromo emoticon-Mewek



Gw HT in bray emoticon-Stick Out Tongueencet
image-url-apps
10 Spot Terbaik di Gunung Untuk Menikmati Sunrise di Tahun 2017

anak gunung banget
KASKUS Ads
uwah seger pemandangan nya
image-url-apps
Gunung sindoro benar2 emeijing, gantz... emoticon-thumbsup
kaya nya seru yah emoticon-Mewek
image-url-apps
lutut dah gak kuat tanjakan,
yg ada kereta gantung pendakiannya kaga ada ye emoticon-Big Grin
image-url-apps
indah banget pemandangannya bray
image-url-apps
Gunung putri gede euy emoticon-Genit
image-url-apps

Aaah jauh semua bray . . .

emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
Pengen banget ke bromo tapi gak sempet mulu emoticon-Mewek
image-url-apps
wah jd pgn ke gunung gan foto2 bwt diupload disosmed emoticon-Ngacir
image-url-apps
Fotonya kerenn... tapi kok klo ane moto ada mataharinya dari hape kok item gak seindah yg diharapkan emoticon-Sorry
image-url-apps
Gunung oh gunung emoticon-Kaskus Radio
image-url-apps
kesukaaan ane gunung emoticon-Embarrassment
image-url-apps
gunung kembar kagak masuk bre emoticon-Wink
image-url-apps
Waduh gunung gede keren jiga tuhemoticon-Leh Uga
image-url-apps
Bromo ntapz jg tuh next time dach mlncr kesono emoticon-Traveller
image-url-apps
kuy lah kesana ... emoticon-Matabelo
image-url-apps
Bromo om mantaappp
Ane pernah kesono kereeen abiss