alexa-tracking

Kisah Korban Selamat: "Saya lihat cucu didorong ke laut, tak tahu istri anak dimana"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586a0346162ec25c768b456d/kisah-korban-selamat-quotsaya-lihat-cucu-didorong-ke-laut-tak-tahu-istri-anak-dimanaquot
Kisah Korban Selamat: "Saya lihat cucu didorong ke laut, tak tahu istri anak dimana"
Kisah Korban Selamat: "Saya lihat cucu didorong ke laut, tak tahu istri anak dimana"

Dadin Suganda dan 12 keluarganya merencanakan liburan ke Kepulauan Seribu untuk merayakan hari pertama tahun baru 2017. Dia sengaja berangkat dari Bandung menuju Jakarta pada malam pergantian tahun baru.

Dadin dan anggota keluarganya menumpangi KM Sahro Express yang akan membawa mereka dari Muara Angke menuju Pulau Tidung. Dadin beserta keluarga duduk di bagian belakang KM Zahro. Kapal mulai beranjak meninggalkan pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Dari atas kapal, mereka menikmati perjalanan. Tas mereka diletakan di dekat mesin kapal.
Saat sedang menikmati pemandangan laut, tiba-tiba banyak penumpang kapal berteriak meminta pelampung. Dia menengok ke arah teriakan penumpang, terlihat asap hitam tebal membumbung ke angkasa.

"Saya lihat cucu-cucu saya sudah pakai pelampung didorong-dorong orang jatuh ke laut," kata Dadin di Rumah Sakit Polri Sukamto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/1).

Dadin hanya mendengar sayup-sayup teriakan salah satu putrinya yang memangil suaminya. Kepulan asap hitam tebal membuatnya tak bisa melihat apapun. Dadin yang saat itu telah memakai pelampung bersiap lompat ke laut dan menyelamatkan diri. Saat hendak lompat, ada seseorang yang mengantarkan Revano, cucunya. Tanpa pikir panjang, Dadin mengajak Revano yang sudah memakai pelampung, lompat dari atas kapal.

"Saya lompat kedorong bawa cucu, saya 1, Revano. Saya enggak tahu istri saya dimana. Saya cuma lihat cucu-cucu saya yang lain keseret-seret sama kedorong ke laut," cerita Dadin.

Sekuat tenaga Dadin pun berusaha menyelamatkan diri dan cucunya. Dia melihat ada orang yang juga menarik dirinya menuju kapal penolong.

"Nafas enggak kuat, ada orang di depan saya pegangan sampai ke kapal penolong. Sampai di atas kapal saya lihat cucu yang dua perempuan ada di sana. Kalau Bu Eha (istri Dadin) enggak ada kabarnya, masih di kapal waktu itu apa enggak saya nggak tahu," tutur Dadin.

Dadin tak bisa menggambarkan secara jelas kondisi kapal saat itu. Yang didengarnya hanyalah teriakan orang-orang.

"Pelampungnya saya lihat banyak, langsung gelap karena asap, saya ke depan ngerilah pak, teriak teriak suruh pakai pelampung jalan ke depan," kata Dadin.

Hingga kini, dari 12 anggota keluarganya yang menumpang Kapal Zahro Ekspres, 5 diantaranya masih belum diketahui keberadaannya. Mereka adalah dua anak Dadin yakni Yeti dan Nia, 2 menantunya yakni Iwan dan Ani serta istrinya Eha.

Adapun kelima cucunya selamat yakni Alam (18), Aska (12), Dinda (8), Revano (2,5) dan hanya satu cucunya bernama Amira (3) yang masih dirawat. Sementara itu anaknya yang bernama Hendra dan menantunya Toni selamat.

Musibah ini sendiri menelan korban tewas 23 jiwa, 17 orang masih hilang dan puluhan orang luka-luka.

[url=https://m.merdeka.com/peristiwa/saya-lihat-cucu-didorong-ke-laut-tak-tahu-istri-dan-anak-di-mana.html
]sumur[/url]

=====================

Kapal ngetem sampai ber jam-jam nunggu penumpang bener2 penuh sampai desek-desekan, kapasitas cuma seratusan tapi sering dipaksa mengangkut hampir 300 orang. Kalau udah kejadian gini baru pada ribut penertiban sidak sana-sini, turut berduka buat semua korban emoticon-Turut Berduka
Tragis betul kisah Pak Dadin
Semoga kejadian ini gak terulang lagi
kondisi panik ya jd dorong2an biar cepet nyebur ke laut
semoga ni bapak dan keluarga diberi ketabahan
Haduh pak semoga diberi kesabaran dan ketabahan. Smg cpt ketemu 5 anggota keluarga nya.
Niat liburan malah... emoticon-Turut Berduka
emoticon-Turut Berduka bagi keluarga yg ditinggalkan
sedih membaca nya..
Jd menantu prempuan sm ank prempuan sm istri blm ktemu?

Kasian ya bray . .

emoticon-Turut Berduka
Ckckck bukannya diisolasi trus dikasih terapi psikolog pasca kecelakaan, malah diserbu wartawan. emoticon-Hammer2

Post_traumatic_stress_disorder
Quote:


busyet ngetem

emoticon-Matabelo


Quote:


derita orang
adalah sumber ..???..
buat mereka
Quote:


Emang ngetem bre., jadwal berangkat harusnya jam 8 pagi, tp kadang delay sampai jam 10 nungguin penumpang bnr2 full
gk kebayang suasana waktu itu pasti panik banget, semoga keluarga diberi ketabahan
Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un...

Udah kaya gini masih ada yg bela2in si nahkoda dengan bilang wajar kalau terjun ke laut duluan karena reflek menyelamatlan diri sendiri...

sudah baca apa saja tanggung jawab nahkoda belom ya?

Tambahan: bererapa media memberitakan nahkoda kabur duluan, tapi ada beberapa media yg lain memberitakan jika nahkoda sempat ikut mengevakuasi korban..

Tunggu penyelidikan selanjutnya ttg kabur dan ga kaburnya nahkoda dah..

melebihi kapasitas.
mengawali tahun baru dengan musibah, turut berduka emoticon-Turut Berduka untuk korban. semoga keluarga yang ditinggal diberi ketabahan.
Tahun baru memang sebaiknya di rumah ngikut pimpinan kita.
Quote:


Kayaknya sih bukan seperti itu.
Kemungkinan kapal belum overload. Karena kapasitas nya cukup besar. Tapi kayaknya ada oknum yang mau dapat tambahan uang. Jadi hanya 100 orang yang masuk manifest, berarti hanya 100 orang yang beli tiket.

Sisanya, "tiket palsu" atau tiket yang lebih murah ., duitnya gak masuk ke pelabuhan dan pemilik kapal, tapi dibagi2 untuk oknum2 pelabuhan/syahbandar dan awak kapal.
emoticon-Hot News emoticon-Turut Berduka
Hingga kini, dari 12 anggota keluarganya yang menumpang Kapal Zahro Ekspres, 5 diantaranya masih belum diketahui keberadaannya.


kasian
yg tabah ya pak
Quote:


ooowww

ada kernet ama calo

" 5 lagee berakngkat ...... yooo 5 lageee "

serem bener

emoticon-Takut


berakngkat ke akherat emoticon-Frown