alexa-tracking

Tarif Listrik 900 VA Resmi Naik Per 1 Januari, Kado Tahun Baru dari Pemerintah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5869ec3860e24b50128b4567/tarif-listrik-900-va-resmi-naik-per-1-januari-kado-tahun-baru-dari-pemerintah
Tarif Listrik 900 VA Resmi Naik Per 1 Januari, Kado Tahun Baru dari Pemerintah
Jakarta, Aktual.com – Kado tahun baru yang diterima masyarakat Indonesia dari pemeribtah dalam hal ini Kementerian ESDM berupa kenaikan tarif dasar listrik (TDL) untuk kapasitas 900 volt ampere (VA) yang sudah resmi naik pada 1 Januari 2017 kemarin.

Kebijakan ini diklaim pemerintah sejalan dengan pengurangan anggaran subsidi yang sering salah sasaran kepada pelanggan di level tersebut.

Bahkan rencana pemerintah itu juga menaikkan sebagian dari TDL kapasitas 450 VA.

“Tapi semua kita lakukan secara bertahap. Kalau yang 900 VA mulai 1 Januari kita sesuaikan bertahap,” ujar Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM Jarman di Jakarta, dutulis Senin (2/1).

Menurut Jarman, kenaikan tarif listrik untuk kapasitas 900 VA itu akan dilakukan bertahap sebanyan tiga kali di tahun ini. Sedangkan untuk kategori 450 VA kenaiknya empat kali secara bertahap.

Dari yang pemerintah ketahui, kata dia, pelanggan listrik 450 VA tidak semuanya berasal dari masyarakat miskin. Karena hal itu ada sebagian dari mereka yang harus dicabut subsidinya.

“Nah 450 VA kemarin harus dibikin tepat sasaran, itu perlu waktu. Kita (sudah) lakukan pencocokan ya,” kata dia.

Menurut catatan Kementerian ESDM jumlah pengguna listrik yang dicabut subsidinya sebanyak 18,94 juta untuk kapasutas 900 VA, dari yang selama ini menikmati sebanyak 23,04 juta pelanggan. Sehingga yang mendapat subsidi cuma 4,1 juta pelanggan.

Tarif listrik bagi golongan 900 VA selama ini membayar tagihan sebesar Rp585 per KWh. Kemudian dinaikkan menjadi Rp774 per KWh pada 1 Januari. Dua bulan kemudian, tarifnya meningkat lagi menjadi Rp1.023 per KWh. Dan di Mei akan kembali naik menjadi Rp1.352 per KWh.

Jika dinominalkan dalam rupiah, tagihan rekening listrik pelanggan 900 VA non-subsidi akan meningkat dari angka tahun lalu Rp74 ribu menjadi Rp180 ribu pada Mei 2017 atau ketika subsidi sepenuhnya dicabut.(Busthomi)

(Andy Abdul Hamid)

http://www.aktual.com/tarif-listrik-...ru-pemerintah/

Sampai Mei 2017 nanti ketika subsidi total di cabut, tarif listrik 900 VA, naik dari 585/KwH ke 1352/KwH, itu +/- 231% lho...
Kapitalis berkedok Pancasilais. Cuih...
anggap aja sedekah,, masa beli rokok aja mampu listrk naik, bbm naik, stnk naik, bpkb naiknggak mampu
















begitu kata nastak
klo udah naek masih mati nyala ga pak? xixixi
Pemerintahan Jokowi:
"Domba bergigi srigala"

Mencabik cabik rakyat dengan kebijakan ala kapitalis... emoticon-thumbdown
ngoahahahahahaha emoticon-Leh Uga

jangan bikin susah Panasbung donk, hidupnya udah terlilit utang tuh emoticon-Leh Uga
ntap
semoga tepat sasaran
Tarif Listrik 900 VA Resmi Naik Per 1 Januari, Kado Tahun Baru dari Pemerintah Tarif Listrik 900 VA Resmi Naik Per 1 Januari, Kado Tahun Baru dari Pemerintah
Kenapa musti kaget
Rencana naik sudah dari taon kemaren cuma molor terus
Menurut gw yg terpenting daripada cabut subsidi listrik mending RAZIA rumah2 yg nyuri listrik, listrik di daerah gw aja kalau siang masih spaneng (dibawah 220 v), apalagi malam bisa tembus cuma 160 v emoticon-Mad
Quote:


ente check aja kabel-kabel listrik di daerah ente, ada gak tu kabel ilegalnya emoticon-Malu
Quote:



bkn rumah asli legal bre
rumah liar itu, tanah sengketa lsg ditempatin ajak kakak adek sodara ampe keluarga besar tinggal disono

macem ditempat ane ada tanah sengketa langsung ditempatin, ampe sekarang ude 10 tahun ada

total penghuni ude ampe ratusan, kalo digusur bisa ribut ini, blm lg komuk"nya preman semua yg malem" biasa ngumpul di jalan

yg bocah" ribut ngebut" pas malem jumat

hebatnya ampe ada kotak gardu pln gitu, ah ternyata oh ternyata

dipelihara pln toh, pantes sering turun naek listrik
indonesia benar2 meroket emoticon-Hammer (S)
Quote:


beli jenset sendiri emoticon-Ultah emoticon-Wakaka

emoticon-Om Telolet Om!
emoticon-Bingung



sekarang meteran listrik semuanya pada guna, berpulsa emoticon-Big Grin
jancuk...dari 500 jadi 1.300 bangke.... emoticon-Wow
iya bener naek. tapi yg 1300 di turunkan harganya. ada di trit sebelah. kliatan cuma mo jelek2in pemerintah. dasar kismin nasbung emoticon-Leh Uga
sungguh2 prestasi yang mengagumkan.....

presiden terbaik yang pernah ada, calon pemimpin federasi antar galaksi....
Emang makin lama makin kelihatan belangnya si Jongos

Quote:


emoticon-Ultah rokok dah 1,500 perbatang emoticon-Wakaka tetep aja di beli apa lagi listrik emoticon-Ultah
bakalan ada demo gak ya ??

Bukan urusan saya