alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5869e19d32e2e6704d8b4576/kapal-zahro-express-tidak-kelebihan-penumpang

Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang

Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang
Petugas berada di sekitar kantong jenazah korban kebakaran kapal motor Zahro Express di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Minggu (1/1/2017). Sedikitnya 20 penumpang tewas dalam kecelakaan tersebut.
Hingar bingar keriaan menyambut hari baru di 2017 seketika hilang, tenggelam dalam perairan Teluk Jakarta.

Kapal pengangkut ratusan penumpang yang hendak berlibur ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, hangus seluruhnya akibat terbakar di tengah laut pada Minggu (1/1/2017) pagi.

Korban meninggal dilaporkan berjumlah 23 orang, dengan rincian 20 orang terbakar dan 3 orang lainnya meninggal karena terjun ke laut. 194 penumpang selamat meski beberapa di antaranya mengalami luka bakar yang serius, sementara 17 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan para korban selamat dilarikan ke tiga rumah sakit terdekat, yakni Rumah Sakit Atmajaya Pluit, Rumah Sakit Pluit, dan Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.

Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, memastikan jumlah penumpang yang diangkut Kapal Zahro Express tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Kapal itu diketahui memiliki kapasitas 285 orang, sementara saat kecelakaan terjadi, jumlah penumpangnya tercatat sebanyak 238 orang.

Hanya saja, jumlah jaket pelampung yang disediakan oleh pengelola kapal tersebut hanya 100 buah. Akibatnya, tidak semua penumpang dapat menyelamatkan diri segera saat kebakaran terjadi.

Penyebab kebakaran kapal pun masih diselidiki.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Tonny Budiono, menyebut kapal terbakar saat berada pada 1 mil sebelah Barat Muara Angke. Kapal yang akan berwisata ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu mengalami insiden kebakaran pada sekitar pukul 08.45 WIB dengan lokasi kejadian tepatnya di 06 04' 776' S/106 46' 243' E.

Kapal dibuat pada 2013 dengan berbahan fiberglass. Kapal dinyatakan laik laut dengan sertifikat keselamatan yang dikeluarkan oleh KSOP Muara Angke yang masih berlaku sampai dengan Juni 2017.

Saat kejadian, kondisi cuaca di wilayah perairan Kepulauan Seribu dinyatakan sedang normal.

Usai api padam, petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menarik kapal ke Pelabuhan Muara Angke. Perwira Piket Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta, Wahyudin, dalam BeritaJakarta.com mengatakan kebakaran menyebabkan mesin kapal hangus terbakar hingga tampak bagian luarnya saja.

Petugas dibantu warga masih melakukan evaluasi terhadap korban yang selamat dan pencarian korban yang dinyatakan hilang.

Plt Gubernur DKI Jakarta menyebut pihaknya akan turut mengevaluasi manajemen Pelabuhan Muara Angke. Termasuk soal standarisasi kapal maupun SOP teknis pengelolaan.

"Jadi, nanti apakah dikelola pemerintah daerah atau dibuat koperasi, sehingga menjadi jelas tanggung jawabnya. Kejadian ini menjadi catatan untuk ke depannya," tegas Soni.

Sepanjang 2016, insiden yang melibatkan kapal penumpang sudah beberapa kali terjadi.

Agustus, sebuah kapal kayu angkutan penumpang yang membawa 17 orang tujuan Tanjung Pinang ke Pulau Penyengat tenggelam. Tim SAR menemukan 10 korban tewas dan dua luka-luka.

Sebulan kemudian, insiden ledakan menimpa sebuah kapal feri di perairan Padang Bai, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Peristiwa itu menewaskan turis asing.
Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ihan-penumpang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang Pengakuan pelaku perampokan di Pulomas

- Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang Cara Jokowi melewati momen pergantian tahun

- Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang Penembakan di klub malam Istanbul, 39 tewas

Urutan Terlama
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
Jadi....... penyebab kebakaran adalah........ tunggu hasil penyelidikan KNKT
duh amit amit deh jangan sampai
ya allah merinding ane gan , kok bisa ya ..
gak bayangin betapa paniknya kalau ke ada di situasi seperti itu
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di