alexa-tracking

Beberapa RS Swasta Putus Kerja Sama BPJS, Gara-gara…

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5869df40642eb61e2d8b456f/beberapa-rs-swasta-putus-kerja-sama-bpjs-gara-gara
Beberapa RS Swasta Putus Kerja Sama BPJS, Gara-gara…
Quote:
Beberapa RS Swasta Putus Kerja Sama BPJS, Gara-gara…


Beberapa RS Swasta Putus Kerja Sama BPJS, Gara-gara…



JawaPos.com - Klausul baru tentang pembiayaan layanan BPJS Kesehatan untuk pasien di kelas VIP menjadi polemik. Kondisi tersebut diduga memicu sejumlah rumah sakit (RS) swasta memutus kontrak dengan BPJS Kesehatan.

Klausul baru pembiayaan layanan BPJS Kesehatan untuk pasien kelas VIP itu tertuang dalam Permenkes 64/2016 tentang Standar Tarif Pelayanan JKN.

Di dalam permenkes tersebut dijelaskan, ketika muncul kasus pasien naik kelas ke kelas VIP, tambahan pembayaran pada kasus itu adalah selisih tarif kamar rawat inap kelas VIP dengan tarif kamar kelas sebelumnya. Selisih bayar tersebut ditanggung peserta BPJS Kesehatan, pemberi kerja, atau asuransi kesehatan tambahan.

Nah, yang jadi masalah dalam aturan baru itu adalah selisih biaya perawatan di kelas VIP selama ini bukan hanya tarif kamar. Tetapi meliputi jasa-jasa lain seperti dokter spesialis, jenis obat-obatan, dan pelayanan lainnya. Pihak RS khawatir, jika aturan tersebut berlaku, pasien hanya bersedia menanggung selisih tarif kamar.

Sekjen Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh. Adib Khumaidi menyayangkan munculnya klausul baru dalam Permenkes 64/2016 itu. Dia merasa aneh karena di permenkes sebelumnya, yakni Permenkes 52/2016, klausul itu tidak ada. "Terbitnya Permenkes 64/2016 itu cepat sekali. Tidak sampai dua bulan dari Permenkes 52/2016," kata dia.

Adib menjelaskan, selama ini biaya perawatan pasien BPJS Kesehatan yang masuk kelas VIP dihitung secara keseluruhan. Setelah itu total biaya tersebut dikurangi dari pembiayaan yang di-cover BPJS Kesehatan. "Setelah itu selisihnya dibayar pasien."
Selama ini, tegas Adib, tidak ada masalah ketika ada pasien yang upgrade kelas perawatan ke VIP. Mereka juga diberi penjelasan oleh pihak RS bahwa ketika memilih kelas VIP, ada penambahan biaya-biaya juga. Penambahan itu terkait dengan pelayanan optimal sesuai dengan kelas VIP.

Adib menyatakan bersama pihak RS sudah melayangkan permohonan kepada Kemenkes supaya aturan baru tersebut diperbaiki. Atau ada surat edaran yang khusus mengatur selisih bayar sebagai dampak upgrade kelas jadi VIP.

Pihak RS, khususnya yang swasta, jelas Adib, juga ikut memperhatikan aturan tersebut. Dia memilih berprasangka positif bahwa RS swasta memutus kontrak dengan BPJS Kesehatan lantaran khawatir tidak bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pasien yang upgrade ke kelas VIP.

Terkait pemutusan kerja sama itu, BPJS Kesehatan menanggapi santai. Kepala Grup Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga BPJS Kesehatan Arif Budi menerangkan, kontrak kerja sama antara instansinya dan RS swasta tersebut memang telah habis. Hingga kini belum ada pengajuan perpanjangan dari mereka. "Bukan dari kita (BPJS Kesehatan, Red) yang memutus. Tapi, memang tidak ada pengajuan perpanjangan." (wan/mia/c9/ang)


Bpjs ngapain main ke vip. Vip itu buat orang kaya.. Habis operasi, rambut mau di creambath, bisa creambath di ruangan, elaahh.
Orang miskin, udah ditolong aja udah senang.
Gimana mau upgrade alat2 kesehatan.
Safety first. Orang mau selamat dari rs bukan cuman dari kamar sama dokternya doank.
Obat mau murah, ya turunin pajaknya, malah main digratifikasi. Idiotlah, emang gak ada gratifikasi, obat jadi turun, ya kagak tong, masuk ke apotik juga.

Lagian itu rs swasta yang putus dari bpjs elu kira bakal aman.
Udah ada kejadian yg putus hubungan dgn bpjs, ujung2nya dipersulit dalam perijinan.
Ngoahahaha.

Ilustrasi, seorang bapak (bpjs), kasih uang anaknya buat beli peralatan sekolah (peserta bpjs) seharga 1000, ke warung (rs).. Yg disalahin warungnya karena tidak berprikemanusian..

So, kalau ente mau aman, kalau sakit yg kompleks dan berat, pakai bpjs, lebih baik ke rs pemerintah, karena masih subsidi.
Subsidi dari pemerintah, dan dari dokter misal jasa 100ribu, yang sampai ketangan paling 20ribu belum potong pajak. emoticon-Stick Out Tongue
RS Swasta pelayanan luar biasa, kalo harga mahal wajar, apalagi yg bernaung di yayasan Katolik..
bukan sara ya, tapi kenyataan, liat aja RS Katolik dimanapun berada, pasti mahal tapi pelayanan TOP banget.
Khusus utk vip aja..
make sistem prorata aja
Quote:Original Posted By kanjengdimas
RS Swasta pelayanan luar biasa, kalo harga mahal wajar, apalagi yg bernaung di yayasan Katolik..
bukan sara ya, tapi kenyataan, liat aja RS Katolik dimanapun berada, pasti mahal tapi pelayanan TOP banget.


Harga gak pernah boong
Quote:Original Posted By bundeswehr123


Harga gak pernah boong


yoman, bersih dan pelayanan mantap gan
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope
BPJS lapar emoticon-Leh Uga
Besar pasak daripada tiang emoticon-Leh Uga
Salah beye ini emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope


buat beli kembang api dan rapat mewah duitnya!!! emoticon-Marah
Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope


Pasti minus lah
Bayar 50rb baru tiga bulan udah buat biaya operasi yg abisnya 3-5jt klo cash emoticon-Leh Uga

Lum lagi kalo sakit2 kecil macam batuk flu pilek emoticon-Leh Uga

Tapi buanyak loh yg terbantu ama BPJS emoticon-Leh Uga

Yg nyinyir itu pasti udah bayar lama tapi kaga pernah sakit jadi mubazir iurannya emoticon-Leh Uga
Bpjs udah ganti casing jadi kartu jokowi sehat ga eaaa?
Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope


Disaat yang lain disuruh hemat.
Mereka sendiri direksinya bergaji ratusan juta
Direksi bpjs kesehatan 350juta perbulan. wow, bisa bayar premi ribuan orang.
Bpjs ketenagakerjaan530 juta

Asuransi kesehatan mereka pun dobel, inhealth dan bpjs.
Belum acara hore-hore lainnya
Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope

Itu tagihan ke RS ... ampe 6 bulan baru dibayar bro. Apa nggak nangis2 tuh RS. Lama2 bisa bangkrut sebenarnya mereka kalo ngikutin gaya BPJS.

Iuran bPJS dipakai berfoya2 bagi petinggi BPJS. Duit iuran di Investasikan ke usaha2 yang BEP nya sangat lama. Akibatnya bayaran ke RS pada macet. Akibatnya vendor2 RS mengalami keterlambatan pembayaran, uang sulit mutar, dan akhirnya malas jadi vendor RS .
Perusahaan ane pernah mengalaminya, pembayran terlambat ampe 3 bulan padahal keuntungan nggak seberapa. benar2 ASURANSI Setan.
Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope


Masalahnya peserta kaga mau bayar lagi iurannya cuman terdaftar.
Ada lagi yg sdh pakai ke rs habis itu stop bayar iuran.

Aturan ditegakan dengan wajib membayar iyran tertunggak malah dibilang kaga diperikemanusiaan.

Kalau sdh seperti gimana ?
Lebih baik hilangkan aja bpjs.
Kaga mampu bayar rs yach sdh mati aja dirumah.


Quote:Original Posted By dvd777


Masalahnya peserta kaga mau bayar lagi iurannya cuman terdaftar.
Ada lagi yg sdh pakai ke rs habis itu stop bayar iuran.

Aturan ditegakan dengan wajib membayar iyran tertunggak malah dibilang kaga diperikemanusiaan.

Kalau sdh seperti gimana ?
Lebih baik hilangkan aja bpjs.
Kaga mampu bayar rs yach sdh mati aja dirumah.




Sekelas BPJS itu mestinya sudah di antispasi gan. Lihat donk Asuransi lain. Bisa kok mereka cover dan antisipasi kalau kerjanya benar.
Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope


BPJS bukan BUMN gan..

Quote:Original Posted By adnnin
ini BUMN paling goblok dalam sejarah alam semesta

semua orang dipaksa jadi peserta, biaya bulanan dia yang ngatur2 sendiri
semua rumah sakit dipaksa kerja sama, duit yang dia bayarkan ke rumah sakit dia yang ngatur2 sendiri


eh keuangannya minus
emoticon-Nohope


dilihat juga mbah ...prosentase yg nunggak iuran nya ... bpjs kesehatan yaaak emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ovonelpotpal


Disaat yang lain disuruh hemat.
Mereka sendiri direksinya bergaji ratusan juta
Direksi bpjs kesehatan 350juta perbulan. wow, bisa bayar premi ribuan orang.
Bpjs ketenagakerjaan530 juta

Asuransi kesehatan mereka pun dobel, inhealth dan bpjs.
Belum acara hore-hore lainnya


Dirut bpjs cuma sekitaran 120 juta gan gajinya..

emang BPJS ini masih bermasalah banget teknisnya..

menyebalkan
Nubu pake asuransi swasta dari tempat nguli emoticon-Traveller
BPJS juga yang kelas 3 emoticon-Om Telolet Om!

Tapi ke dokter gigi pake BPJS buat scaling malah dusuruh dateng besoknya yang khusus pasien BPJS emoticon-Hammer2

Akhirnya nubi keluarin kartu swasta malah langsung dipersilakan emoticon-Hammer2