alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina
4.57 stars - based on 23 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5869d2e19a09516b3b8b4574/presiden-yang-berlaku-seperti-preman-berhasil-menurunkan-angka-kriminalitas-filipina

Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina

Spoiler for HT:


Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Quote:


Tahun 2016 Duterte resmi menjadi Presiden ke-16 Filipina. Kampanyenya tak kalah kontroversial dari Donald Trump di Amerika

Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina


Sebelum terpilih menjadi Presiden Filipina, Rodrigo Duterte merupakan walikota Davao, salah satu kota urban di pulau Mindanao. Duterte menjadi walikota sejak tahun 1988 dan sempat menjadi anggota kongres di tahun 1998 sebelum kembali menjabat sebagai walikota di tahun 2004. Jadi bila ditotal, Duterte memerintah Davao kira-kira 22 tahun lamanya. Yang lebih menarik lagi, ketika dia naik menjadi Presiden Filipina, putri bungsunya Sara Duterte naik menggantikannya sebagai walikota Davao. Sementara putra sulungnya, Paolo Duterte menjabat sebagai wakil walikota Davao.

Di masa kampanye, janji Duterte sudah mencengangkan. Pertama , dia akan memperkenalkan bentuk baru pemerintahan yaitu parlemen federal. Kedua, Duterte juga berjanji untuk membunuh ribuan kriminal dan para pecandu narkoba dalam waktu 6 bulan. Hal yang sama sudah dia lakukan selama 22 tahun di Davao yang menyebabkan lebih dari 1400 orang kriminal terbunuh.



Soal ketegasan, Duterte tak perlu dipertanyakan. Tapi kebijakannya terkesan mendukung pembantaian dan mengabaikan hak asasi manusia

Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina


Rodrigo Duterte resmi terpilih menjadi presiden ke-16 Filipina di bulan Mei 2016. Saat ini, kebijakan domestiknya berfokus pada aksi pemberantasan kriminalitas dan narkoba, melalui program Oplan Tokhang atau Perang Melawan Narkoba. Dalam pelantikannya di bulan Juni, Duterte menekankan kepada warga untuk memberantas narkoba dan pelaku kriminal. Duterte juga memberikan izin kepada petugas berwajib untuk membunuh tersangka bila melawan.

Atas kebijakannya, dalam waktu 6 bulan menjabat, kira-kira 6000 orang yang dituduh terkait narkoba dan kriminal tewas. Polisi mengakui mengeksekusi sekitar 2300 jiwa. Sementara sisanya merupakan perbuatan orang-orang di luar kepolisian yang diyakini oleh banyak orang sebagai ‘Skuad Kematian Filipina’ yang tidak pernah diusut sampai tuntas. Untuk yang satu ini, Duterte memang nggak mau dikait-kaitkan, tapi secara tidak langsung beberapa kali sang Presiden menunjukkan dukungannya atas pembunuhan di luar hukum.

Seperti yang dikatakan Duterte di tahun 2008 saat masih menjabat sebagai mayor di Danvao: “Jika kamu melakukan aktivitas ilegal di kotaku, jika kamu adalah seorang kriminal atau bagian dari sindikat yang mengganggu orang tak bersalah di kota, selama saya menjadi mayor, kamu adalah target pembunuhan yang legal.”

Menurut Orly Fernandez, manajer operasional Eusobio Funeral Serviece di Navota City seperti yang dilansir dari Reuters, sebelumnya mereka hanya menjemput satu jenazah setiap harinya, namun kini mereka biasa menjemput dua hingga tiga jenazah setiap harinya.



Baru-baru ini Presiden Duterte lagi-lagi membuat sensasi. Dia mengancam akan melemparkan pelaku korupsi dari atas helikopter

Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina


Dalam pidatonya di Camarines Sur hari selasa (27/12/2016), Duterte mengancam bahwa hukuman bagi seorang koruptor adalah dijatuhkan dari helikopter yang sedang terbang. Seperti yang dikutip dari majalah Time:

“Jika kamu korupsi, aku akan menjemputmu dengan helikopter dan membuangmu di tengah jalan menuju Manila.”

Duterte berkata bahwa itu bukan pertama kalinya. Saat menjabat menjadi mayor di Davao, melempar tersangka dari helikopter yang sedang tinggi-tingginya sudah pernah dilakukan. Selain itu, Duterte juga mengisahkan bahwa di Davao, dia pernah membunuh kriminal di hadapan polisi untuk menunjukkan bahwa dia bisa membunuh dan petugas kepolisian seharusnya juga bisa. Menurut sekretaris kabinetnya, Duterte hanya hiperbola dan sengaja melebih-lebihkan cerita untuk memberi ancaman kepada kriminal.

Tapi menurut kamu, apa Indonesia perlu menerapkan hukuman yang sama kepada koruptor? Sepertimya perlu agar pada takut emoticon-Cool



Dari awal, Duterte sudah menyatakan batas tegas intervensi dari asing. Jadi meski AS dan PBB mengritik tegas kebijakannya, Duterte tetap pede melangkah

Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina


Bagi pendukung Duterte, rumus hidupnya sungguh sederhana. Asalkan kamu bukan kriminal dan tidak melanggar hukum apapun, maka nggak perlu ada yang ditakutkan. Namun jejak pemerintahannya selama 22 tahun di Davao menimbulkan beberapa reaksi keras juga, karena tidak bisa dipastikan bahwa semua yang dieksekusi benar-benar bersinggungan dengan kejahatan. Bahkan banyak korban yang masih anak-anak. Inilah yang kemudian membawa kritik tajam dari Amerika Serikat dan PBB.

Atas pengakuan Duterte sendiri bahwa dia membunuh 3 orang, Komisi Hak Asasi Manusia PBB mengirimkan tim investigasi untuk Duterte. Tapi selain tegas, Duterte juga terkenal ‘galak’. Kepada perwakilan PBB, Duterte menyebutnya 'stupid‘, 'idiot', dan 'son of bitch‘ . Duh.

Sejak awal, Duterte sudah menerapkan batas yang tegas pada intervensi asing. Ketika dikritik mengenai pemerintahannya oleh PBB, Duterte mengancam akan menarik Filipina dari PBB dan membentuk koalisi baru dengan Cina dan Afrika Selatan. Karena bagi Duterte: “Only the Filipinos can call me a son of a bitch if I m remiss in my job. (Hanya orang filipina yang boleh memanggilku son of bitch bila aku lalai terhadap tugasku.)”



Enam bulan dipimpin Presiden yang lebih mirip preman, pro dan kontra mengenai kebijakan Duterte mulai bermunculan

Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina


Banyak dampak yang terjadi setelah masa 6 bulan pemerintahan Duterte. Kepada Reuters, beberapa orang Filipina dari berbagai latar belakang mengungkapkan pendapatnya.

Cristine Angelie Garcia, seorang call center agent, mengatakan kini dirinya merasa lebih aman saat berjalan di malam hari. Namun dia juga menambahkan bahwa mungkin saja ada cara lain sehingga orang-orang tidak perlu mati. Hal yang sama juga dirasakan oleh Zainab Omar, seorang guru di Taguig City: “Siswa-siswa lebih aman sekarang. Orang tua biasanya menemani mereka ke sekolah sebelum Duterte menjadi presiden. Sekarang mereka membiarkan anak-anak pergi sekolah sendiri.”

Sementara itu Marianito Navarra, seorang penjaga desa di Kota Pasay, meragukan kebijakan Duterte: “Aku kasihan kepada keluarga mereka yang terbunuh, terutama mereka yang benar-benar tidak terlibat kejahatan. Banyak sekali orang yang terbunuh padahal tidak benar-benar terlibat narkoba. Mereka seharusnya hanya ditahan saja.”

Di kalangan politisi, ada senator Leila de Lima yang secara terbuka menekankan posisinya melawan Duterte. Sejak tahun 2009, De Lima sudah melakukan serangkaian investigasi atas pemerintahan Duterte di Davao untuk menemukan indikasi keberadaan Skuad Kematian, tapi misi ini tidak membuahkan bukti apa-apa. De Lima sendiri juga dikenal sebagai aktivis anti hukuman mati, yang menolak keras metode kampanye anti-kriminal Duterte.



Quote:


Spoiler for Sumber:


Spoiler for Thx:
Diubah oleh: kinjengceking
Halaman 1 dari 28
Pertamax Ane amanin gan emoticon-Cool
disini kena ham
track record nya bagus tapi ada plus minus juga , hal yg wajar
Quote:


pdhl kriminal ga kenal ama ham,, pelaku ngebunuh emg mikir ham..?? kagak emoticon-Cool
Salam hormat bang, kalau mampir ke Indonesia jangan lupa mampir ke Nasi Padang Murah, Sederhana, Salero Bundo dll. Kalau udah makan hati senang, Perut Kenyang marah2 abg sedikit hilang.
Quote:

tp efeknya byk positif gan buat negara bebas kriminal emoticon-Cool

Quote:


Sederhana mahal bang,, bisa2 abis makan dari sana idup kita jd Sederhana buat beberapa bulan emoticon-Cool
Setiap kebijakan pasti bakalan ada sisi positif dan sisi negatifnya, sama halnya seperti terjadinya petrus di mari yang jelas dengan adanya hal itu bisa mengurangi adanya tindak kejahatan yang terjadi. Miris juga sih seperti kasus korupsi yang terjadi dimari udah banyak pelaku yang telah tertangkap tapi mengapa masih ada aja berita tentang OTT yang dilakukan oleh KPK. Sepertinya perlu adanya pembaharuan hukum yang dirasa bisa mengurangi angka korupsi. Mau mencontoh duterte juga ndak apa, tapi semua dikembalikan ke pemerintah.
Quote:

ibarat ada Hitam dan Putih emoticon-Big Grin , nobody perfect's
persetan dengan ham kalo niatnya buat berantas kriminalitas emoticon-Malu
nah gini dong hukum itu harus tegas bro ...
Disini masih ada komnas HAM emoticon-Cool
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
tapi wni kita kena sandra juga om emoticon-Big Grin
Ane kuatir, kalau beliau udah mundur selaku presiden, koruptor dan kartel narkoba pada kembali lagi ke filipina
dulu zamannya mbah harto ada petrus penembak misterius , korbanyan di karungin emoticon-Big Grin
tapi sayangnya banyak yang menyalahgunakan kewenangannya untuk membunuhi orang yang tidak di sukai walaupun bukan penjahat emoticon-Big Grin alias dendam pribadi para aparat..dan juga cuma berlaku untuk kriminal kelas teri
emang orang sekarang pada bandel bray makanya perlu di kerasin biar pada disiplin emoticon-Marah


kalo udah dikasih contoh kan pada jiper juga tuh pelaku kriminal emoticon-Takut
bagus itu, kriminal dikit langsung karungin, sniper assasin + ninja assasin ready to kill , dijamin aman emoticon-Cool
Mirip dengan presiden kita yg dulu, gantz... emoticon-Takut
Presiden yang Berlaku Seperti Preman Berhasil Menurunkan Angka Kriminalitas Filipina

gembok

Nah yang kayak gini baru pemimpin, good job pak. . .

emoticon-Angkat Beer
Halaman 1 dari 28


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di