alexa-tracking

Nakhoda KM Zuhro Loncat Duluan, YLKI: Itu Konyol!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5869ce78c2cb17ea778b456d/nakhoda-km-zuhro-loncat-duluan-ylki-itu-konyol
Nakhoda KM Zuhro Loncat Duluan, YLKI: Itu Konyol!
Nakhoda KM Zuhro Loncat Duluan, YLKI: Itu Konyol!

Jakarta - Nakhoda KM Zuhrto Expreess diketahui salah seorang yang menyelematakan diri duluan saat kapal yang dinakhodainya terbakar. Sikap nakhoda itu dikecam oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Ketua YLKI Tulus Abadi mengatakan, apa yang dilakukan oleh kapten kapal tersebut merupakan sebuah pelanggaran kode etik. Tulus mengatakan, nakhoda itu haruslah orang yang paling terakhir meninggalkan kapal.

"Itu pelanggaran kode etik, profesional. Nakhoda harus orang yang paling akhir meninggalkan kapal. Tidak boleh menyelamatkan diri duluan," kata Tulus saat berbincang dengan detikcom, Senin (2/1/2016).

Artinya, lanjut Tulus, ini menandakan adanya ketidakberesan dari segi SDM dalam masalah tersebut. Untuk itu, pengawasan tak hanya ketat dilakukan pada alat transportasinya saja, namun juga pada SDMnya.

"Artinya ini menandakan adanya ketidakberesan dari segi infrastruktur dan juga SDMnya. Kan konyol, dia seorang pimpinan yang harus menyelematkan penumpanganya dan harus palling akhir meninggalkan kapal," tegas Tulus.

Ke depan, Tulus berharap harus ada audit pengawasan dari hulu sampai hilir. Pasalnya, kecelakaan transportasi bukan kali ini saja terjadi. Bahkan jika tidak ada perubahan pengawasan, kemungkinan kecelakaan masih sangat besar terjadi.

"Harus diaudit dari sisi hulu sampai hilir. Ini penyakit yang diidap oleh seluruh kapal, baik kapal wisata maupun yang lain. Dan sangat besar ini terulang. Manifes kapal itu selalu dimanipulatif, itu sering terjadi," katanya.

Sebelumnya, polisi telah mengamankan nakhoda Kapal KM Zahro Express yang terbakar di perairan Muara Angke, Jakarta Utara. Saat ini nakhoda tersebut masih diperiksa polisi.

"Sudah diamankan nakhodanya, sekarang masih dimintai keterangan," ujar Direktur Polair Polda Metro Jaya Kombes Hero Hendrianto Bachtiar kepada detikcom, Minggu (1/1).

Hero mengamankan, selain nakhoda kapal, ada lima orang lainnya yang diamankan polisi. "Total ada enam yang diamankan, 1 nahkoda, 3 ABK dan 2 orang syahbandar," kata Hero.

Sumber: https://news.detik.com/berita/338577...lki-itu-konyol


Quote:

image-url-apps
nahkoda banci emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
Terinspirasi moshing ala kakak agus ahay.. emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
Mmhh pada ngatain pengecut atau apalah yang intinya menudutkan nahkoda, ngga tau apa kalau dah kejadian seperti pasti panik orang2 cari selamet bukan cari nahkoda

Makanya karena nggavada yang nyariin nahkodanya lompat duluan emoticon-Smilie
image-url-apps
Awas, kaloepoen menoelis "Konyol" kerana bisa sahadja salah toelis ijaang berbeda arti poen ..
emoticon-Leh Uga

speed boat zahro terbuat dari fiiber glass.....dari bahannya aja sangat mudah terbakar, masih inget kri klewang kan?

siapapun bisa bisa naik turun dengan bebas di pelabuhan, harusnya semua pelabuhan di indonesia harus steril, hanya penunpang bertiket yang boleh masup
image-url-apps
Quote:


Lu komen apaan sih..
gak jelas banget!
image-url-apps
nyawa no 1

mending dipecat daripada kehilangan nyawa
image-url-apps
Nahkodanya moshing emoticon-Big Grin
kalo nahkoda tidak melakukan loncat dia sudah mati sekarang.
nyawa itu cuma satu, kagak ada urusan pengecut atau tidakemoticon-Traveller
image-url-apps
Wkwjwkwk.........gk pernah liat film titanic nih nahkoda
image-url-apps
Kalo bener.. Nahkodanya TAI ANJING!

Hukum seberat2nya!!
ini pada pakai pelampung ngga ? kalo ngga pada wasalam yang ngga bisa renang
image-url-apps
Nakhoda nastak ini
Anuuu ... memangnya ada orang lain di atas kapal?
image-url-apps
kok larinya ke Agus? emoticon-Bingung
image-url-apps
edan..loncat dluan emoticon-Leh Uga efek sport jantung
mirip edy tansill



buron malah lariii balik ke daratan emoticon-Traveller

image-url-apps
konyol ndaknya biar tar aparat yg menyelidiki yg mutusin.
kita yg gag di kapal kan ndak tau kondisi pas terbakar itu gimana
alesan loncat duluan jg apa
biar tar diselidiki dulu ama yg berwenang
image-url-apps
orang indonesia terkenal dengan mental kerupuk dan banci dan maunya menang sendiri

gak heran sih emoticon-Ngakak
×