alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI : Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang Agama
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58693711dc06bdfc7b8b4567/mui--tanpa-fatwa-pun-menyebarkan-berita-bohong-dilarang-agama

MUI : Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang Agama

Sabtu 31 Dec 2016, 08:23 WIB
MUI: Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang Agama
Bisma Alief - detikNews




Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan berita bohong atau hoax dan juga berita fitnah yang tersebar di media sosial, termasuk menyebarkannya. Waketum MUI Zainut Tauhid menegaskan, berbohong apa pun bentuknya dilarang agama.

"Fatwa itu ditetapkan jika ada pihak yang memintanya. Tapi tanpa ada fatwa, yang namanya bohong itu dilarang agama," kata Zainut kepada detikcom, Jumat (30/12/2016) malam.

Zainut juga meminta masyarakat lebih cerdas dalam menyaring kabar yang beredar di media sosial. Setiap informasi yang diterima hendaknya dicari sumbernya.

"Masyarakat harus cerdas ketika menerima berita. Menyaring dari mana sumbernya, konten beritanya seperti apa," kata Zainut.

Zainut juga ingin masyarakat tidak cepat percaya pada berita-berita yang masuk kategori fitnah. Dia menyarankan agar masyarakat melakukan tabayyun (konfirmasi) terlebih dulu.

"Kalau berita mengandung unsur fitnah, sebaiknya masyarakat jangan cepat percaya," ujar Zainut.

"Tapi melakukan kroscek kebenarannya (tabayyun) sehingga tidak jatuh pada fitnah," lanjutnya.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga menyatakan bahwa menyebar berita bohong adalah dosa. Hal itu dia katakan dengan mengutip pesan Nabi.

"Nabi pernah mengatakan, kita ini bisa tergolong orang yang berbohong, orang yang berdosa, ketika kita menyampaikan apa saja yang kita tidak yakin benar. (Itu) riwayat Muslim. Semua yang kita dengar lalu kita ceritakan, itu artinya kita bisa termasuk golongan orang-orang yang berbohong, berbuat dosa," ujar Lukman di Masjid Al-Munir, Kompleks Itjen Kemenag, Jalan Fatmawati Nomor 33A, Cipete, Jakarta Selatan, kemarin.

Sementara Presiden Joko Widodo meminta aparat hukum melakukan penindakan yang tegas dan keras bagi pengguna media sosial yang melontarkan ujaran kebencian dan fitnah. Jokowi sadar bahwa perkembangan teknologi memberikan dampak negatif bagi masyarakat.

"Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini, banyak berseliweran informasi yang meresahkan, mengadu-domba, memecah-belah," ujar Jokowi saat membuka menggelar rapat terbatas membahas antisipasi terkait dengan media sosial pada Kamis (29/12) di Istana Negara.
(bis/bag)



https://news.detik.com/berita/d-3384...dilarang-agama



Ga boleh Bohong... apalagi jadi Panutan... ingat Kerak Neraka... MUI : Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang AgamaMUI : Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang Agama



MUI : Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang Agama

MUI : Tanpa Fatwa pun, Menyebarkan Berita Bohong Dilarang Agama
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 6
and, kapan mui bubar ?
Ah masa , terus apakah Taqiyem dilarang agama juga ? emoticon-Bingung
Harusnya polisi tidur tak perlu fuckwa haram karena berbohong itu jelas dilarang
betul itu
Quote:

Gua mah ngakak aja dah ama kutipan yg ini, kalo yg sampe demo gede2an kemaren itu pengecualian ya emoticon-Ngakak (S)
yg penting heboh dulu emoticon-Stick Out Tongue
bener nggaknya urusan nanti.. kyk kmaren emoticon-Big Grin
Diubah oleh bukan69
makanye jangan terlalu mudah ngeluarin fatwa2an boss.
kaga usah berpolitik lg lah. jadi lembaga yg netral aje.

klo mau buat fatwa tuh fatwa haram buat korupsi.
tapi sampe skrng knpe kaga mau pak boss?

tanya kenapa? emoticon-Big Grin
Diubah oleh mengontol
dajjal lagi bersabda dgn mulut manisnya...
Quote:



Asli emoticon-Ngakak


Itu bukti kongkrit nama ada di web MUI emoticon-Ngakak
Ketika menyebarkan info hoax dianggap dakwah, ini bahaya betul emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


lebih bahaya lg yg dikasi info nelan mentah2 krn dianggap ajaran/petunjuk agama
Quote:

Iya. Kalo udah bawa-bawa agama, pada sulit tabayyun.
Langsung maen teriak kafir, jihad, dll emoticon-Cape d... (S)
SOP tak mengakui langsung di jalankan begitu salah satu membernya kena gep polis emoticon-Ngakak (S) bung nasbung ade2 aje lu emoticon-Ngakak (S)
Die yg ngomong
Die juga yg ngibul

Pantat
salah satu agen telah tertangkap saatnya jalankan ghost protocolemoticon-Ngakak
Diubah oleh twintower911
emg si buni yani gk menyebarkan berita bohon yg diterima oleh segelintir orang2 yg berotak udang emoticon-Big Grin
Ghost protocol kalo kena kasus korupsi
kalau fatwa keluar, terus bikin hoax menyudutkan orang tertentu gpp ?
Ya udah silahkan dibikin fatwa nya aja emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di