alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5862557150741077328b456f/kabar-bohong-nyaris-picu-perang-nuklir
Kabar bohong nyaris picu perang nuklir
Kabar bohong nyaris picu perang nuklir
Foto sekadar ilsutrasi menunjukkan bom nuklir di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat di Dayton, Ohio.
Kabar bohong (hoax) bisa membawa konsekuensi di kehidupan nyata. Teranyar, kabar bohong telah memperuncing hubungan Pakistan dan Israel. Pun sepintas membawa dunia berada di bawah bayang-bayang perang nuklir.

Paling tidak hal itu terjadi di Twitter. Tatkala Menteri Pertahanan Pakistan, Khawaja Muhammad Asif, termakan kabar bohong.

Sabtu (24/12), Asif mengirim kicauan bernada ancaman yang ditujukan untuk Israel, setelah termakan perangkap kabar bohong.

"Menteri Pertahanan Israel mengancam pembalasan nuklir karena menganggap Pakistan memainkan peran dalam perang melawan Daesh (ISIS) di Suriah. Israel lupa kalau Pakistan negara nuklir juga," cuit Asif, yang bersambut ribuan retweet.
Israeli def min threatens nuclear retaliation presuming pak role in Syria against Daesh.Israel forgets Pakistan is a Nuclear state too AH
— Khawaja M. Asif (@KhawajaMAsif) December 23, 2016
Kicauan Asif diduga kuat berpangkal dari tulisan yang dipublikasikan AWD News. Informasi dalam tulisan itu bohong belaka, tetapi Asif tampak memercayainya.

Pada 20 Desember 2016, AWD News memublikasikan artikel dengan judul bombastis: "Menteri Pertahanan Israel: jika Pakistan mengirim pasukan darat ke Suriah dengan dalih apa pun, kami akan menghancurkan negara itu lewat serangan nuklir".

Setidaknya, ada dua hal yang bisa menunjukkan bahwa tulisan itu merupakan kabar bohong.

Pertama, sumber dalam tulisan adalah [URL="//Ya'alon"]Moshe Ya'alon[/URL]. Dia memang pernah menjadi Menteri Pertahanan Israel, tetapi jabatan itu sudah ditinggalkannya sejak Mei 2016 --sedangkan tulisan terbit 20 Desember.

Setelah kicauan Asif bikin gempar, AWD News langsung mengganti keterangan profil Ya'alon dalam tulisan sebagai "mantan Menteri Pertahanan".

Alasan kedua adalah penjelasan dari Kementerian Pertahanan Israel. Mereka memastikan bahwa Ya'alon tidak pernah melontarkan pernyataan macam itu. Sekaligus mengonfirmasi bahwa informasi AWD News fiktif belaka.
@KhawajaMAsif reports referred to by the Pakistani Def Min are entirely false
— Ministry of Defense (@Israel_MOD) December 24, 2016
Sebagai catatan, hubungan Pakistan dan Israel memang tak bisa dibilang baik. Pakistan dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik. Pasalnya, Pakistan tidak mengakui kedaulatan Israel, serta menentang pendudukan Palestina.

Agaknya, hal itu pula yang bikin Asif mudah terperosok dalam jeratan kabar bohong.

Russian Today juga memberi konteks ihwal kicauan Asif. Pakistan dan Israel telah meneken Perjanjian Non-Profilerasi Nuklir --yang mengatur batasan kepemilikan nuklir.

Israel diduga telah memiliki nuklir sejak 1960-an, walau tidak pernah mengakuinya. Adapun Pakistan sudah mengembangkan senjata nuklir sendiri. September silam, Asif pernah mengancam akan melontarkan nuklir ke India --musuh bebuyutan Pakistan.

Belakangan, setelah kasus kicauan berdasar kabar bohong ini terjadi, Asif menyampaikan bahwa program nuklir di Pakistan hanya untuk "melindungi kemerdekaan". Dia pun mengatakan, Pakistan berkeinginan hidup damai dalam pergaulan internasional.
Hoax berimbas di kehidupan nyata
Adapun AWD News --sebagai muasal kabar bohong-- sudah lama diidentifikasi sebagai situs pencari sensasi dengan reputasi (baca: level) internasional.

Situs abal-abal itu kerap mengembuskan isu tanpa fakta, misalnya soal kematian Presiden Rusia, Vladimir Putin, atau rencana serangan Rusia ke Arab Saudi.

AWD News juga pernah menyebut bahwa Raja Abdullah dari Yordania, telah membunuh istrinya, Ratu Rania. Padahal sang ratu masih hidup dan sehat hingga kini.

"(AWD News) tidak pernah memberikan pengetahuan berdasarkan fakta, melainkan bermain-main dengan fantasi nasionalisme dan teori konspirasi untuk membuat cerita yang mengkhawatirkan (guna mendapatkan klik dan mengundang orang untuk menyebarluaskan)."

Deskripsi di atas, disematkan oleh situs penangkal rumor, Snopes, saat membedah kabar bohong dari AWD News.

Akhir-akhir ini penyebaran kabar bohong di internet kian mengkhawatirkan. Lebih-lebih bila sampai berimbas ke kehidupan nyata.

Satu peristiwa pada awal Desember bisa jadi preseden buruk ihwal imbas kabar bohong dalam kehidupan nyata. Saat itu, seorang pria melepas tembakan ke sebuah restoran piza di Washington DC, Amerika Serikat.

Meski tak ada korban, tetapi peristiwa jadi perhatian luas bagi media AS. Terlebih, tindakan pria itu dipicu kabar bohong yang menyebut bahwa restoran piza tersebut sebagai lokasi kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Di Indonesia, penyebaran kabar bohong juga sampai pada taraf yang tak kalah memprihatinkan.

Salah satu yang teranyar adalah isu soal 10 juta pekerja Tiongkok yang akan menginvasi Indonesia. Kabar itu jadi santapan khalayak internet, bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai kebenaran.

Padahal, kabar masuknya 10 juta pekerja Tiongkok itu adalah hasil pemelintiran data target wisatawan asal Tiongkok. Isu itu juga turut diembuskan situs abal-abal --seperti AWD News dalam level berbeda.
Kabar bohong nyaris picu perang nuklir


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-perang-nuklir

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kabar bohong nyaris picu perang nuklir Kebebasan berpendapat masih suram

- Kabar bohong nyaris picu perang nuklir Obama yakin bisa terpilih lagi sebagai Presiden AS

- Kabar bohong nyaris picu perang nuklir Saham-saham paling menguntungkan tahun ini

Ngero bah
kayanya kalo perang nuklir seru juga om ya hahah
parah dah, akibat berita hoax, jadi berdampak besar pada dunia @_@
ngeriii juga yah gan gara isu hoax ini... emoticon-Takut
ternyata bukan cuma orang indo yang mudah termakan berita hoax emoticon-Cool
btw pejwan gan emoticon-Ngakak
yang ini HOAX nya ngeri gan, melibatkan nuklir soalnya emoticon-Mewek ngga kebayang ane kalau sampai meluncur itu nuklir gara gara hoax emoticon-Turut Berduka
ya kalau baca sesuatu di media sosial/internet di telusuri dlu kebenarannya, jangan di telan mentah" aja. emoticon-Cape d...
efian hoax gak kira kira...meleng dikit bisaain mercon "nuke" tuhh
BOMB!
jangan maen maen sama nuklir atuh bapak bapak emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
anehnya di Indo sumur berita2 terkenal malah gak dipercaya krn dianggap antek mamarika & yahudi, tapi lebih percaya sumur murahan yg masi pke hosting gratisan yg isinya lebih gak jelas emoticon-Najis
Kalo dah benci setengah mati mau beritanya bener apa hoax pasti ditelan mentah2..

ga bakal bisa di ingetin kaum sumbu pendek mah
emoticon-Hammer2
Waduuuuuhhhhhemoticon-Bingung
Awas meledak bangggg emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Situs panasbung internasionale emoticon-Big Grin varokah


yaah begitulah,, susah sekali membdakan yg hoax atau benar emoticon-Sorry
ane paling jengkel liat orang share berita di medsos tanpa mencari tau dulu kebenarannya. asal share aja, dan mirisnya masih banyak yang gampang percaya... maka gak heran kalo banyak orang yang masih gampang diadu domba dngan brita hoax.
Quote:Original Posted By umarbasahil
kayanya kalo perang nuklir seru juga om ya hahah


Kemakan film gan? emoticon-No Hope

perang nuklir asli mah ngeri.
Klo saling serang yang mati puluhan juta, dampak radiasi & nuclear winter ratusan juta seluruh dunia emoticon-Mewek
buset dah
Nyaris aja nuklir meluncur emoticon-Big Grin
Berita hoax isinya fitnah, menghasut, propaganda, tidak berdasar fakta yg ada, berusaha memecah belah.. karena penyebar berita hoax memiliki kepentingan buat dirinya sendiri ataupun kelompoknya
Tetap waspada juga berita hoax yg ada di indonesia
Ingat, tujuan mereka pastinya menghasut, memfitnah, memecah belah persatuan dsb dengan pemberitaan hoax yang disebarkannya
Kaji dahulu tentang kebenaran berita yang muncul, cek sumbernya, googling aja kebenaran beritanya, jangan mudah percaya begitu saja terhadap sumber pemberitaan dari sumber berita yang tidak kredibel dan tidak dapat dipertanggungjawabkan emoticon-Big Grin

Sikapilah berita dengan bijak !!