alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5862361e642eb6dc188b4567/mengenang-kembali-sang-master-psychedelic-quotsyd-barrettquot
Mengenang Kembali Sang Master Psychedelic "Syd Barrett"
Kalian fans Pink Floyd? atau kalian penyuka genre musik Psychedelic?
Apa kalian pernah dengar lagu2 ini?


  • Lucifer Sam
  • Apples and Oranges
  • See Emily Play
  • Bike, dll


Gue yakin sebagian besar kalian belum pernah denger lagu2 yang gue tulis diatas, padahal lagu2 diatas adalah lagu2 yang menjadi tonggak awal perjalanan Pink Floyd. Pernah dengar album The Piper at The Gates of Dawn? Album itu mungkin album paling langka dari Pink Floyd atau genre psychedelic, sebagian besar lagu dari album tersebut ditulis oleh Syd Barrett.

Kalian belum pernah dengar tentang Syd Barrett ya? haha payah emoticon-Ngakak (S)

Syd Barrett adalah pendiri dan frontman pertama dari Pink Floyd, akhirnya ia digusur dari band tersebut karena gangguan kejiwaannya yang menyebabkan tur dan konser2 Pink Floyd berantakan, akhirnya ia digantikan oleh temannya David Gilmour. Meski hanya menelurkan 1 album bersama Pink Floyd dan 2 album solo, ia tetap dianggap sebagai sosok yang berpengaruh dalam karir Pink Floyd dan perkembangan musik psychedelic.
Mengenang Kembali Sang Master Psychedelic "Syd Barrett"

Mengenang Kembali Sang Master Psychedelic "Syd Barrett"

Barrett adalah anak bungsu dari 5 bersaudara asal keluarga kelas menengah yang berkecukupan di Cambridge, Inggris. Ayahnya, Arthur Max Barrett adalah seorang dokter patologi terkenal, sedangkan ibunya bernama Winifred. Kedua orang tuanya menganjurkan Roger, begitu nama panggilannya sewaktu kecil untuk mendalami musik.Barrett menjadi sering dipanggil "Syd" ketika berusia 14. Nama panggilan tersebut diambil dari pemain drum legendaris asal Cambridge, Sid Barrett.

Barret membentuk band pada tahun 1964,grup musik Barrett yang nantinya bernama Pink Floyd berkali-kali mengalami pergantian personel dan nama, seperti "The Abdabs", "The Screaming Abdabs", "Sigma 6", dan "The Meggadeaths". Pada tahun 1965, Barrett mendirikan grup "The Tea Set", tetapi ketika mengetahui sudah ada grup musik dengan nama yang sama, ia mengubah nama band menjadi, "The Pink Floyd Sound" (nantinya disebut "The Pink Floyd"). Nama "Pink Floyd" diciptakan Barrett dari gabungan nama depan penyanyi blues Amerika Serikat, Pink Anderson dan Floyd Council.

Di akhir tahun 1966, Pink Floyd mendapat dua orang manajer yang bisa diandalkan, Andrew King dan Peter Jenner. Keduanya berteman dengan ekspatriat asal AS, Joe Boyd. Boyd bertindak sebagai produser Pink Floyd, dan mengajaknya rekaman di studio Sound Techniques.. Hasilnya adalah demo singel Arnold Layne. King dan Jenner membawa lagu tersebut ke perusahaan rekaman EMI yang begitu terkesan, dan mengontrak Pink Floyd untuk rekaman album. Setelah album mereka dirilis, singel Arnold Layne masuk ke urutan ke-20 tangga singel Britania (walaupun ditolak untuk diputar di BBC). Kesuksesan ini diikuti singel See Emily Play yang lebih laku, dan menduduki urutan ke-6 tangga singel Britania.

Barrett menulis kedua singel perdana Pink Floyd dan singel ketiga, Apples and Oranges.Kemudian band ini merilis album The Piper at The Gates of Dawn. Barrett menulis 8 dari 11 lagu album Piper, dan turut menulis 2 lagu lainnya, album Piper menempati urutan ke-6 tangga album Britania Raya. Penggemar Pink Floyd menjadi semakin bertambah, dan Barrett semakin tertekan hingga kesehatan jiwanya semakin terganggu.Tingkah laku Barrett semakin hari semakin bertambah sulit diperkirakan. Salah satu penyebabnya adalah kegemaran Barrett bereksperimen dengan obat-obatan psikedelik seperti LSD. Di atas panggung, Barrett dilaporkan sering hanya mengulang-ulang satu kord, atau bahkan tidak bermain sama sekali. Pada pertunjukan di The Fillmore West, San Francisco, permainan Barrett semakin kacau.

Setelah pertunjukan di Amerika Serikat, Pink Floyd meminta David Gilmour (teman sekolah Barrett) untuk bergabung sebagai pemain gitar cadangan, kalau-kalau tingkah laku Barrett yang semakin kacau membuatnya tidak lagi bisa bermain gitar. Dalam sejumlah pertunjukan, Gilmour bermain gitar menggantikan Barrett,Album A Saucerful of Secrets yang dirilis tahun 1968 merupakan album terakhir Pink Floyd yang berisi lagu ciptaan Barrett. Dari lagu-lagu ciptaan Barrett yang ditulis setelah album perdana, hanya lagu "Jugband Blues" yang dimasukkan ke album kedua, A Saucerful of Secrets. Pada bulan Maret 1968, Barrett secara resmi dinyatakan bukan lagi anggota Pink Floyd.

Setelah tidak lagi menjadi anggota Pink Floyd, Barrett pergi mengasingkan diri dari perhatian publik. Atas permintaan perusahaan EMI dan Harvest Records, Barrett sempat merilis dua album solo, The Madcap Laughs dan Barrett. Lagu-lagu dari kedua album tersebut berasal dari masa-masa Barrett masih produktif menulis lagu (akhir 1966 hingga pertengahan 1967) .Album kedua Syd Barrett diberi nama Barrett, dan direkam lebih secara sporadis dari Februari hingga Juli 1970. Album ini terdengar lebih terpoles dari album pertama, tetapi keadaan Barrett mungkin sudah makin parah. David Gilmour bertindak sebagai produser dan ikut memainkan gitar bass. Rick Wright memainkan kibor dan dibantu pemain drum grup Humble Pie, Jerry Shirley. Akhrinya Barret berhenti dari kegiatan bermusik dan mengasingkan diri di rumah almarhum ibunya sampai akhirnya wafat pada tanggal 7 Juli 2006 akibat kanker pankreas.

Mengenang Kembali Sang Master Psychedelic "Syd Barrett"


WISH YOU WERE HERE