alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586218f5a09a39d11f8b458a/sidang-ahok-lanjut-ke-pokok-perkara
Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara
Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersiap menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara, Jakarta, Selasa (27/12).
Ketuk palu Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarso di Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengakhiri sidang putusan sela kasus penistaan agama yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama hari ini, Selasa (27/12/2016). Majelis hakim sepakat menolak nota keberatan atau eksepsi Ahok dan sidang harus dilanjutkan ke pokok perkara.

"Dengan ini sidang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi. Hakim menilai dakwaan jaksa penuntut umum telah lengkap," kata Dwiarso, seperti dikutip dari Beritasatu.

Ruang Sidang Koesumah Atmadja di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, dipenuhi masyarakat yang hendak menyaksikan persidangan itu. Tidak hanya di dalam ruang sidang, namun juga di luar, sampai di pinggir Jalan Gajah Mada. Kelompok pro dan kontra Ahok datang. Lalu lintas di sekitar gedung sempat tersendat.

Dalam persidangan, majelis hakim menilai, keberatan Ahok yang menyebut dirinya tidak bermaksud menistakan agama harus dibuktikan di persidangan pokok perkara. Hakim juga menolak persidangan tersebut digelar karena tekanan massa atau trial by the mob.

"Pengadilan menyidangkan perkara bukan atas desakan massa, tapi berdasarkan adanya pelimpahan perkara dari penuntut umum yang memohon untuk disidangkan dan dihakimi," ujar Dwiarso. Karena itu, majelis hakim mengganggap dakwaan jaksa penuntut umum telah cermat, jelas, dan lengkap.

Jaksa mendakwa Ahok telah menistakan agama dengan pasal 156a huruf a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) sebagai alternatif pertama atau pasal 156 sebagai alternatif kedua. Kasus ini berawal dari ucapan Ahok saat kunjungan kerja di pelelangan ikan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok ketika itu mengaitkan Surat Al Maidah ayat 51 dengan pelaksanaan Pilkada 2017.

Pada eksepsinya dua minggu lalu, Ahok sempat mengatakan kalau pernyataannya di Kepulauan Seribu bukan bermaksud untuk menafsirkan Surat Al Maidah ayat 51. Ia juga tidak bermaksud menista agama Islam.

Persidangan selanjutnya akan berlangsung Selasa depan di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Selama persidangan pagi tadi majelis hakim secara bergantian membacakan putusan sela. Sementara Ahok mendengarkan di kursi pesakitan.

Ahok menilai dirinya bukan duduk di kursi pesakitan. "Saya minta pengadilan akan panjang, tiap Selasa saya duduk," katanya di hadapan pendukungnya di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, seusai sidang, seperti dilansir dari Tribunnews. "Di kursi itu yang saya pikir ini singgasana. Kenapa? Saya nggak salah kok."

Sebelum pengadilan berlangsung, ia sempat mengacungkan dua jari ke arah media dan penonton persidangan yang hadir. Ahok menegaskan simbol dua jari itu sebagai lambang victory atau perdamaian, bukan nomor urut dirinya dalam pencalonan gubernur DKI Jakarta.
Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-pokok-perkara

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara Kala Rizieq Shihab terbelit kasus serupa Ahok

- Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara Habis putusan MA, terbitlah izin baru

- Sidang Ahok lanjut ke pokok perkara Terungkap, lokasi aksi terduga teroris Purwakarta