alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58621849507410c75d8b4568/pusat-riset-apple-di-indonesia-didukung-foxconn
Pusat Riset Apple di Indonesia Didukung Foxconn?
Apple dikabarkan bakal bekerja sama dengan Foxconn untuk mendirikan pusat riset dan pengembangannya di Indonesia.

Apple memang memiliki rencana untuk mendirikan dua pusat riset dan pengembangan baru pada 2017 mendatang. Keduanya akan ditempatkan di lokasi berbeda, satu di Indonesia sedangkan satu lainnya di Shenzhen, China.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (27/12/2016), kedua pusat riset dan pengembangan tersebut akan didirikan melalui kerja sama dengan Foxconn.

Foxconn sendiri sekarang sudah mulai hadir di Indonesia. Raksasa manufaktur China itu memulai debutnya di Tanah Air dengan meluncurkan ponsel Android Luna, yang dirakit bersama dengan vendor lokal Advan. Foxconn juga diketahui memiliki kerja sama dengan Huawei di Indonesia.

Foxconn sendiri sama sekali tidak berkomentar soal kehadiran mereka di Indonesia. Mengenai ponsel Luna sendiri, Foxconn melakukan kerja sama seputar pertukaran teknologi saja, bukan melakukan perakitan di Tanah Air.

Sementara itu pusat riset dan pengembangan Apple, yang kemungkinan dibangun melalui kerja sama dengan Foxconn, merupakan sebuah syarat agar iPhone bisa dijual secara resmi di Indonesia. Pembangunan tersebut, bisa jadi merupakan fasilitas pertama dan akan disusul dengan pembangunan dua fasilitas lain.

Oktober lalu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan kepada KompasTekno bahwa Apple akan membangun tiga pusat inovasi dengan nilai investasi 48 juta dollar AS atau sekitar Rp 626,7 miliar.

Namun, dalam wawancara terakhir bersama Reuters, Putu mengatakan komitmen Apple berkisar 44 juta dollar AS atau setara Rp 588,5 miliar. Pihak Apple tak memberi konfirmasi atas skema investasi itu.


Yang jelas, baik nilai Rp 588,5 miliar maupun Rp 626,7 miliar sama-sama masih termasuk dalam kisaran pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 30 persen, yakni Rp 550 miliar hingga Rp 700 miliar.

Artinya fasilitas riset dan pembenganan ini akan menjadi titik tolak masuknya berbagai ponsel terbaru Apple secara resmi.

http://tekno.kompas.com/read/2016/12...ukung.foxconn.

di dukung gan
udah siap ama demo dan boikot ?
emoticon-Wowcantik
dua2nya sama2 tapir kan? emoticon-Mad
Aseek lancar pajak nih...
Harus gitu dong, mau jualan disini ya harus mau ikut aturan sini.
emoticon-2 Jempol
Perasaan udah dari 2 tahun lalu, tapi ahh sudahlah..
emoticon-Traveller
Siap-siap bikin proposal buat minta sumbangan. emoticon-Shakehand2