alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586206b9a09a39d11f8b456e/ahok-pertimbangkan-langkah-hukum-atas-putusan-sela
Ahok Pertimbangkan Langkah Hukum atas Putusan Sela
Ahok Pertimbangkan Langkah Hukum atas Putusan Sela
Jakarta, GATRAnews - Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan akan mempertimbangkan mengajukan upaya hukum atau tidak atas putusan sela majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut).

"Yang Mulia Hakim kami akan pertimbangkan," kata Ahok di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (27/12), menjawab pertanyaan Ketua Majelis Hakim,  Dwiarso Budi Santiarto.Dwiarso menanyakan soal sikap terdakwa Ahok dan tim kuasa hukum atas putusan sela majelis hakim yang menyatakan, bahwa eksepsi terdakwa dan tim kuasa hukumnya tidak dapat diterima sehingga perkara dugaan penistaan agama terdakwa Ahok dilanjutkan ke pembuktian."Demikian putusan sela yang telah diucapkan oleh majelis. Terhadap putusan ini untuk terdakwa dan penasehat hukum bisa mengajukan upaya hukum apabila tidak sependapat dengan majelis," katanya.Jika terdakwa dan kuasa hukumnya menyatakan keberatan dan akan mengajukan upaya hukum atas putusan sela ini, majelis akan mencatat, mendaftarkan, dan mengirimnya ke Pengadilan Tinggi Jakarta."Saya kira sudah jelas dan sebagaimana perintah daripada putusan tersebut, maka sidang perkara pokok terdakwa akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi," kata Dwiarso.Sementara Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut) yang dipimpin Ali Mukartono, menyambut baik putusan sela majelis hakim atas kasus dugaan penistaan agama terdakwa Ahok.
"Yang Mulia ketua dan anggota majelis, kami mengapresiasi dan berterima kasih atas putusan yang telah dibacakan. Oleh karena itu, kami nyatakan sebelum nanti membicarakan agenda persidangan sebagaimana disamaikan oleh ketua dalam putusannya adalah pemeriksaan saksi," kata Ali.Dalam perkara ini, jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut) mendakwa Ahok melakukan penistaan agama dan menjeratnya dengan dakwaan alternatif. Dakwaan alternatif pertama, yakni melanggar Pasal 156a KUHP. Dakwaan alternatif keduanya, melanggar Pasal 156 KUHP tentang Penodaan Agama.

Reporter: Iwan Sutiawan

Sumber : http://www.gatra.com/hukum/235937-ah...s-putusan-sela

---


- Ahok Pertimbangkan Langkah Hukum atas Putusan Sela Jaksa Harus Sampaikan Saksi Perkara Ahok ke Panitera dan Kuasa Hukum