alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58620523902cfeba128b4568/ini-alasan-mengapa-gerimis-lebih-bikin-sakit-daripada-hujan
Ini Alasan Mengapa Gerimis Lebih Bikin Sakit daripada Hujan
Waktu kecil, Anda mungkin pernah diberi tahu oleh orangtua bahwa gerimis bikin sakit. Banyak orang percaya bahwa berjalan di bawah gerimis atau hujan rintik-rintik justru lebih berbahaya daripada hujan-hujanan sampai basah kuyup. emoticon-Bingung

Ini Alasan Mengapa Gerimis Lebih Bikin Sakit daripada Hujan

Quote:Kalau Anda termasuk orang yang percaya pada teori tersebut, mungkin akhir-akhir ini Anda sering dilanda keraguan. Pasalnya ketika memasuki musim hujan, hampir setiap hari Anda harus menerjang hujan atau gerimis.

Maka, sebelum Anda memutuskan untuk hujan-hujanan, simak dulu informasi berikut ini untuk meluruskan pemahaman Anda soal hujan, gerimis, serta penyakit.

Mitos seputar gerimis dan hujan

Quote:Teori bahwa berada di tempat terbuka ketika gerimis bikin sakit sudah beredar sejak lama, bahkan tak hanya di Indonesia saja. Para orangtua tampaknya percaya kalau dibandingkan dengan hujan lebat, gerimis lebih rentan menyebabkan flu atau masuk angin. Meskipun mitos ini tak sepenuhnya salah, ada kesalahpahaman umum yang membuat teori ini kurang masuk akal.

Gerimis, hujan, panas terik, atau badai tidak bisa menyebabkan penyakit. Penyakit hanya bisa disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Cuaca atau musim saja tidak akan membuat seseorang sakit. Perlu diketahui juga bahwa virus dan bakteri tidak serta-merta membiak jadi lebih banyak di musim hujan.


Lalu mengapa banyak orang sakit di musim hujan?

Quote:Kaitan antara musim hujan dan gangguan kesehatan seperti flu atau masuk angin memang cukup erat. Ini karena di musim hujan suhu udara akan menurun jadi lebih dingin. Ketika udara terasa dingin, mungkin yang akan Anda lakukan adalah memakai baju yang lebih hangat. Akan tetapi, hidung dan mulut Anda tetap tidak terlindungi dengan baik. Hidung dan mulut Anda pun jadi lebih dingin. Akibatnya, pembuluh darah di sekitar hidung akan menyempit sehingga Anda tidak mendapat pasokan darah yang hangat. Darah dibutuhkan karena mengandung sel darah putih. Sel darah putih inilah yang menjadi pertahanan pertama terhadap serangan virus atau bakteri yang terhirup masuk ke hidung atau mulut.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, Anda lebih rentan diserang flu. Selain itu, ketika udara dingin, Anda mungkin jadi lebih sering berada di dalam ruangan. Padahal, mungkin di dalam ruangan yang tertutup sudah ada orang yang terjangkit flu. Sebagai akibatnya, orang-orang yang berada di ruangan tersebut pun jadi lebih mudah tertular flu atau masuk angin.


Mana yang lebih rentan membuat Anda sakit?

Quote:Baik hujan maupun gerimis bikin sakit. Akan tetapi, bukan cuacanya yang menjadi faktor penentu, melainkan kebiasaan Anda setelah kena hujan atau gerimis. Biasanya ketika Anda hujan-hujanan, Anda cenderung lebih cepat mengeringkan diri atau ganti pakaian kering sesudahnya. Anda juga biasanya sudah melindungi diri dengan payung, jas hujan, atau pakaian hangat. Maka, meskipun Anda terpapar suhu yang rendah, Anda langsung mencari cara untuk menghangatkan diri. Akibatnya, kemungkinan virus influenza untuk masuk ke hidung atau mulut dan berkembang biak pun jadi lebih kecil.

Sementara kalau Anda berada di luar saat turun hujan rintik-rintik, Anda mungkin tidak terlalu menyadari bahwa suhu tubuh Anda perlahan-lahan menurun. Ini karena banyak orang biasanya tidak mau repot-repot mengeluarkan payung, jas hujan, atau baju hangat ketika gerimis. Anda juga cenderung lebih lama menghabiskan waktu di luar meskipun gerimis daripada kalau sedang hujan lebat.

Akibatnya, tanpa disadari baju dan kepala Anda jadi lembap dan dingin, bukan basah kuyup. Karena tidak basah kuyup, Anda pun jadi enggan untuk mengganti pakaian atau mengeringkan diri. Oleh karenanya, suhu tubuh Anda akan menurun untuk waktu yang cukup lama dan sistem kekebalan tubuh Anda melemah. Hal ini menjadi peluang besar bagi virus dan bakteri untuk segera bersarang di dalam tubuh tanpa perlawanan. Inilah mengapa kena gerimis bikin sakit.


karena yg nanggung2 gitu memang menyakitkan ... emoticon-Sorry
baru tau gan emoticon-Matabelo

ngikut dulu pejwan emoticon-Motret
Penyebab sakit gegara gerimis cuman satu bray "mantan"
nikmatin suasana gerimis > keinget mantan yg ninggalin kita > baper > sakit hati emoticon-Mewek



Quote:Original Posted By fanzangela
baru tau gan emoticon-Matabelo

ngikut dulu pejwan emoticon-Motret





om apdet om jgn kelayapan emoticon-Om Telolet Om!
gerimis manja emoticon-Om Telolet Om!
Gerimis mengundang
Quote:Original Posted By bloody.calliber

om apdet om jgn kelayapan emoticon-Om Telolet Om!

depkolektor ngejer ampe longue emoticon-No Hope
Ini Alasan Mengapa Gerimis Lebih Bikin Sakit daripada Hujan
adek suka ujan ujanan om emoticon-Wink
pantes kalo kena gerimis ane lebih cepet pusing n demam dibanding keujanan emoticon-Malu
wah ternyata itu ya penyebabnya,nice trit ganemoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By fanzangela

depkolektor ngejer ampe longue emoticon-No Hope






kemanapun ane tagih om asal gk ke forsup ama formil aja emoticon-Ngakak
ooohhh gtu ya breh ,,, bener juga sih breh masuk akal juga, nice info nih
emoticon-Cool
Ane suka basah2an brayy emoticon-Big Grin
kirain gara gara gerimisnya gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By bloody.calliber
kemanapun ane tagih om asal gk ke forsup ama formil aja emoticon-Ngakak

gue juga kaga berani masuk kali emoticon-Takut
Quote:Original Posted By fanzangela

gue juga kaga berani masuk kali emoticon-Takut




takut apa om? Takut dibredel ato di santet? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By adekcantikom
Ini Alasan Mengapa Gerimis Lebih Bikin Sakit daripada Hujan
adek suka ujan ujanan om emoticon-Wink


Ujan ujanan sekalian mandi wajib yaa dek..
emoticon-Wkwkwk
Lalu apa yg harus kita lakukan setelah hujan2an agar sistem kekebalan tubuh tidak menurun sehingga virus dan bakteri tidak dapat bersarang di tubuh kita? emoticon-Angkat Beer
Gerimis itu kadang menipu.
Udah ngambil jemuran yang belum kering, eh tiba2 ga jadi hujan deras emoticon-Big Grin
Pejwan saya tutup ya :nyantai
×