alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5861e335902cfe4d0e8b4567/tanya-masalah-kb
Tanya masalah KB
Hai gan dan sist semua emoticon-Big Grin

Gini gan,rencananya 15 januari nanti ane bakal kimpoi dan kami berdua (gw ama calon bini) udah sepakat untuk menunda dulu mempunyai momongan maximal 2 tahun.

Yang jadi pertanyaannya,KB yg tepat dan lebih sedikit efek sampingnya itu yg gimana?
Pernah denger juga katanya gara-gara KB badan jadi melar,ada yg gairahnya menurun bahkan sampe jadi susah orgasme. Itu bener ga gan/sist?

Sekiranya untuk sista-sista mau berbagi dan agan-agan yg tau jg bisa berbagi.
Trimakasih. emoticon-Smilie
kalo nggak mau badan melar pake kB non hormonal aja kayak iud/spiral. Tapi kalo masih perawan sih nggak bisa pake kB ini cz pemasangannya kan lewat intravaginal.
Alternatif lain pake kondom, diafragma, spermisida, KB kalender (rawan kebobolan kalo salah perhitungan), atau pake metode senggama terputus alias crot diluar. emoticon-Big Grin

KB yang ane sebutin diatas masing2 ada kekurangan dan kelebihannya, silahkan cari tau sendiri.
ane pas penganten baru ngandelin catatan kalender gan .. udah tau kan yah gimana cara ngitungnya ? (gawat soalnya klo ada yg blm merit baca ini bisa disalahgunakan wakaka) .. lumayan efektif dan ga ada efek apapun, cuma kira2 1.5 tahun kemudian kebobolan emoticon-Hammer (S) salah ane jg sih ga disiplin ngasih catatan.. jd lupa.. tp skrg udah banyak aplikasi nya coba download aja ..
Pake metode kalender paling simple sih. Tapi syaratnya siklus menstruasinya kudu rutin. Klo berubah2 agak bingung jg hitungnya. Setelah siap punya anak, pake lagi deh metode kalender buat ngitung masa suburnya. Lumayan manjur sih klo buat ane. 2 bulan setelah hitung masa subur klo eh langsung jadi. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sadako88
ane pas penganten baru ngandelin catatan kalender gan .. udah tau kan yah gimana cara ngitungnya ? (gawat soalnya klo ada yg blm merit baca ini bisa disalahgunakan wakaka) .. lumayan efektif dan ga ada efek apapun, cuma kira2 1.5 tahun kemudian kebobolan emoticon-Hammer (S) salah ane jg sih ga disiplin ngasih catatan.. jd lupa.. tp skrg udah banyak aplikasi nya coba download aja ..


Quote:Original Posted By coconat
Pake metode kalender paling simple sih. Tapi syaratnya siklus menstruasinya kudu rutin. Klo berubah2 agak bingung jg hitungnya. Setelah siap punya anak, pake lagi deh metode kalender buat ngitung masa suburnya. Lumayan manjur sih klo buat ane. 2 bulan setelah hitung masa subur klo eh langsung jadi. emoticon-Big Grin


ane dari nikah ampe sekarang 10 tahun anak 3, make metode kalendar gan...
aman² aja tapi ya kudu disiplin sih..
bener² aman buat istri karna tida ada efek hormonal yang terganggu'

otong aja yang terganggu, karna crot nya harus ngikut jadwal..emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer2

kebetulan mungkin sama² subur, jadi pas HB di masa subur keluar di dalam ya jadi dah tu 3 anak ane..emoticon-Embarrassment
tinggal crot diluar aja gampangnya mah emoticon-Embarrassment
atau bisa nyoba pake ovutest emoticon-Embarrassment

#entah kenapa sedih kalo ada diniatin nunda gini emoticon-Mewek
gan, klo pengalaman ane dulu pake pil..untuk efek samping dan sebagainya, calon istri konsultasi aja ama obgyn terdekat gan..

katanya sih cocok2an juga kalo pake pil, tapi kalo pengalaman pribadi ane dulu sblm merit konsul ke obgyn, eh langsung cocok tuh yg diresepin sama obgyn ane, gak bikin melar, jerawatan, migrain, dsb.. malah haid ane jadi lebih teratur gan.. asal jangan kelewat minum aja gannn emoticon-Salam Kenal

sama nanti kalo mau berenti kb alias promil, konsultasi lagi ke obgyn nya..karena kalo kb hormonal biasanya gak bisa langsung tekdung stlh stop minum..ada jeda dulu bbrp bulan tergantung gimana siklus hormonnya bisa balik lagi secara alamiah..
dulu ane stop kb bulan 8, baru hamil di bulan 12.. ada yg lebih cepet, ada juga yg lebih lama..

stlh lahiran anak pertama, konsul lagi sama obgyn ane..baru deh ane pake iud..enak bgt gausah khawatir lupa minum or atur2 jadwal.. emoticon-Wkwkwk
1.kalo haidnya selama ini teratur, bisa pake sistem kalender.
2. coitus interuptus, tp ini risiko kegagalannya tinggi kalo lupa angkat emoticon-Big Grin
3. kondom, efektivitas 90℅ lebih. paling masalahnya di kenyamanan aja. tp kan skrg ada kondom yang benar2 tipis itu yah, merk Sagami kalo ga salah
4. dari semua kb hormonal, yg paling minimal efek samping biasanya yg oral, karena dia ada btk mini pil gitu, ga ada estrogennya. tp kalo pil mesti diminum harian, kalo orangnya lupaan, kelar urusan emoticon-Big Grin
kb suntik lebih ringkes, tp ada bbrp efek samping biasanya.
5. iud jarang yah disarankan utk yg blm pernah hamil
sebagian besar pasangan menikah karena ingin punya anak, itupun kadang ketunda beberapa bulan/tahun baru isi, dan yang seperti ini tidak sedikit
lah ini malah udah kepingin KB aja, emang udah terbukti bisa membuahi emoticon-Hammeremoticon-Hammer

perbaiki niat nya dulu deh ya
tanyakan aja ke nakes/bidan/dokter terdekat buat konsultasi tentang KB

yang pasti yang ber-KB aja bisa jebol pertahanannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By heane
sebagian besar pasangan menikah karena ingin punya anak, itupun kadang ketunda beberapa bulan/tahun baru isi, dan yang seperti ini tidak sedikit
lah ini malah udah kepingin KB aja, emang udah terbukti bisa membuahi emoticon-Hammeremoticon-Hammer

perbaiki niat nya dulu deh ya
tanyakan aja ke nakes/bidan/dokter terdekat buat konsultasi tentang KB

yang pasti yang ber-KB aja bisa jebol pertahanannya emoticon-Big Grin

bukannya gitu mod, tapi masing2 pasangan kadang punya pertimbangan masing2.. dan ngga semua yang menikah itu tujuannya semata2 cuma punya anak aja..
ane sendiri dulu menunda hampir 2th karena terbentur masalah kontrak kerja, disamping mempersiapkan fisik dan mental juga sebagai calon ibu..emoticon-Malu
yah namanya juga ikhtiar.. peace ya mod hehehe emoticon-Shakehand2
Ane sih pernah denger katanya kl perempuan belum hamil atau melahirkan ga boleh pake KB nnti peranakannya kering. ga tau deh bener apa ngga. tp tetangga tante ane ada yg 5 tahun blm pny anak ya katanya gara2 KB itu, dlu dia jg nunda pny anak dengan kb padahal belum pernah hamil dan melahirkan, sekalinya ga kb lg dan pengen punya anak eh kaga isi2.

semoga aja cuma mitos dan klaupun bener, mungkin tiap orang beda2.
Ane sih pernah denger katanya kl perempuan belum pernah hamil atau melahirkan ga boleh pake KB nnti peranakannya kering. ga tau deh bener apa ngga. tp tetangga tante ane ada yg 5 tahun blm pny anak ya katanya gara2 KB itu, dlu dia jg nunda pny anak dengan kb padahal belum pernah hamil dan melahirkan, sekalinya ga kb lg dan pengen punya anak eh kaga isi2.

semoga aja cuma mitos dan klaupun bener, mungkin tiap orang beda2.
Quote:Original Posted By Ngebut.benjuT
ane dari nikah ampe sekarang 10 tahun anak 3, make metode kalendar gan...
aman² aja tapi ya kudu disiplin sih..
bener² aman buat istri karna tida ada efek hormonal yang terganggu'

otong aja yang terganggu, karna crot nya harus ngikut jadwal..emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer2

kebetulan mungkin sama² subur, jadi pas HB di masa subur keluar di dalam ya jadi dah tu 3 anak ane..emoticon-Embarrassment


iya gan, efektif juga buat yang mau program punya anak ya gan emoticon-Baby Boy 1


Quote:Original Posted By dantedant
Ane sih pernah denger katanya kl perempuan belum hamil atau melahirkan ga boleh pake KB nnti peranakannya kering. ga tau deh bener apa ngga. tp tetangga tante ane ada yg 5 tahun blm pny anak ya katanya gara2 KB itu, dlu dia jg nunda pny anak dengan kb padahal belum pernah hamil dan melahirkan, sekalinya ga kb lg dan pengen punya anak eh kaga isi2.

semoga aja cuma mitos dan klaupun bener, mungkin tiap orang beda2.


nah itu dia.. ane jg sempet denger begitu.. makanya ga berani pake kb macem2, setelah punya anak baru pake kb.. emoticon-Baby Boy


pake sistem kalender saja, kalau dirasa masih "kurang" karena pengantin baru, ya pake kontrasepsi (kondom), dan juga bisa pakai tehnik keluar diluar emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sadako88


iya gan, efektif juga buat yang mau program punya anak ya gan emoticon-Baby Boy 1




nah itu dia.. ane jg sempet denger begitu.. makanya ga berani pake kb macem2, setelah punya anak baru pake kb.. emoticon-Baby Boy




iya gans...
padahal siklus bini ane gak teratur juga sih..cuma ya udah tau aja itungannya jadi relatif aman emoticon-Embarrassment

awal nikah sengaja nunda tapi gak KB ya karna takut hal diatas itu sih..emoticon-Big Grin
saya pake sistem kalender (tapi siklus ga teratur) jadi dikombinasi sm senggama terputus.
sebates itu aj usaha menundanya, klo ternyata bobol ya diterima dg senang hati juga emoticon-Hammer (S)

abis hasil konsul sana sini ga disarankan kb hormon utk yg belum pernah hamil.
mau iud ga berani, capsa ga enak
huhehehee
Quote:Original Posted By sella91
saya pake sistem kalender (tapi siklus ga teratur) jadi dikombinasi sm senggama terputus.
sebates itu aj usaha menundanya, klo ternyata bobol ya diterima dg senang hati juga emoticon-Hammer (S)

abis hasil konsul sana sini ga disarankan kb hormon utk yg belum pernah hamil.
mau iud ga berani, capsa ga enak
huhehehee


malah maen capsa sis..emoticon-Ngakak

Oh iya, itu coitus interuptus ya...kalo di masa² abu² ane juag nih..
kalo pas masa aman ya sikat...
kalo pas masa subur kadang bini gak bisa disentuh..rahimnya suka nyeri kaya pas mau haid..

bidan ama dokter tempat bini control memang gak menyarankan KB hormonal sama sekali..

kalo IUD pake ïon' gitu, bini takut pasangnya..
Quote:Original Posted By Ngebut.benjuT
malah maen capsa sis..emoticon-Ngakak

Oh iya, itu coitus interuptus ya...kalo di masa² abu² ane juag nih..
kalo pas masa aman ya sikat...
kalo pas masa subur kadang bini gak bisa disentuh..rahimnya suka nyeri kaya pas mau haid..

bidan ama dokter tempat bini control memang gak menyarankan KB hormonal sama sekali..

kalo IUD pake ïon' gitu, bini takut pasangnya..


iya itulah gan pokoknya you know what i mean emoticon-Ngakak
nah pasti 3 anak agan hasil salah perkiraan masa aman yah emoticon-Ngakak

Ngapain ditunda?
Langsung aja terima rezeki
Quote:Original Posted By aleajasmine
kalo nggak mau badan melar pake kB non hormonal aja kayak iud/spiral. Tapi kalo masih perawan sih nggak bisa pake kB ini cz pemasangannya kan lewat intravaginal.
Alternatif lain pake kondom, diafragma, spermisida, KB kalender (rawan kebobolan kalo salah perhitungan), atau pake metode senggama terputus alias crot diluar. emoticon-Big Grin

KB yang ane sebutin diatas masing2 ada kekurangan dan kelebihannya, silahkan cari tau sendiri.


Oh iya sist,soalnya calon bini masih prawan dan lugu begitupun ama ane emoticon-Big Grin

Iya sist mau tak browsing,tengkyu ya emoticon-Big Grin