alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5861d7be9a0951820a8b456b/kuliah-gratis-ipv6
Inspiratif 
KULIAH IPv6 untuk UMUM dan PEMULA
* on development *

Pendahuluan


Materi IPv6 ini ditujukan untuk pembaca umum, non teknik, atau pemula di dunia networking dengan tujuan untuk memperkenalkan teknologi IPv6 dan perkembangannya di Indonesia. Materi ini merupakan materi yang melengkapi thread yang dibuat oleh saudara "risnaini" yang lebih teknis yang bisa diakses di https://www.kaskus.co.id/thread/0000...preview-bab-i/

Thread ini akan lebih banyak berbicara mengenai kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan IPv6 dan perkembangan fitur-fiturnya.
Sumber dari materi di bawah akan banyak mengambil dari Laporan Gugus Tugas IPv6 Indonesia 2013-2016, Permen Kominfo mengenai Fundamental Technical Plan, dan tata aturan perundangan yang berkaitan.

Materi dalam thread ini antara lain:

  1. Perkembangan Teknologi TCP/IP dan IPv4 link
  2. Teknologi IPv6 link
  3. Skema Pengalamatan dan Subnetting link
  4. Fitur Keamanan link
  5. Gugus Tugas IPv6 Indonesia link
  6. Asesmen IPv6 Indonesia link
  7. Laporan Gugus Tugas link
  8. Roadmap IPv6 Indonesia link
  9. Forum Nasional Kebijakan Nomor PI link
  10. Pelatihan IPv6 di Kominfo link
  11. Penomoran Internet di Pemerintahan link
  12. Cyber-ID link
  13. Perkembangan IPv6 Internasional link
  14. Link-link terkait link


Materi yang diupload masih belum final dan terus diupdate dengan informasi terbaru.

Spoiler for FAQ :

Spoiler for Video Internet for Dummy:

Perkenalan TS

https://www.linkedin.com/in/swibowo?...-identity-name

Perkembangan Teknologi IP Address dan IPv4

* on development *

Jaringan informatika adalah jaringan perangkat yang saling terhubung sehingga data dan informasi dapat mengalir. Dalam perkembangan teknologinya, dikenal berbagai macam teknologi pengiriman data melalui berbagai macam sarana baik melalui kabel ataupun melalui udara. Tiap teknologi membutuhkan satu set standar pengalamatan yang berbeda-beda sesuai protokolnya masing-masing. Yang dibahas disini adalah teknologi TCP/IP yang menjadi infrastruktur dasar internet dunia.

Penomoran untuk perangkat dan pelayanan informatika umum di Indonesia mengacu kepada rekomendasi Internet Engineering Task Force RFC 791 dan 2373. RFC 791 berbicara mengenai dasar-dasar protokol TCP/IP yang menjadi penomoran dasar di internet saat ini dan RFC 2373 merupakan generasi selanjutnya dari penomoran internet yang menggantikan RFC 791. Selain itu dijelaskan pula penomoran ruangan alamat pribadi (private network) yang ditentukan oleh RFC 1918 yang masuk dalam pembahasan RFC 791. Untuk penomoran jaringan digunakan istilah AS Number yang diperkenalkan oleh RFC 1930.

Spoiler for Teknologi IPv4 :


Spoiler for Alamat IPv4 berdasarkan Kelas:


Spoiler for Tipe-tipe Pengalamatan:


Spoiler for Private and Public Address:


Spoiler for Permasalahan dalam IPv4:

Teknologi IPv6

* on development *

Pada saat dibuat IPv4 diharapkan dapat berumur panjang dan fleksible dalam melayani pertumbuhan jaringan. Namun ternyata IPv4 mulai menunjukkan keterbatasannya. Keterbatasan tersebut bukan hanya pada peningkatan permintaan alamat IP terutama di negara-negara berpenduduk besar seperti China dan India namun keterbatasan IPv4 juga karena mulai meledaknya penggunaan VoIP. IPv6 kemudian dibuat dengan format baru dengan ruang alamat yang sangat besar sehingga masalah kekurangan alamat tidak akan terjadi lagi dan peralatan lain yang ingin disambungkan ke Internet juga tidak mengalami kendala lagi.


Spoiler for Fitur IPv6 :

Spoiler for Format Pengalamatan IPv6 :


Spoiler for Alamat khusus dalam IPv6 :


Spoiler for Tipe-tipe Pengalamatan IPv6 :


Spoiler for Metode Transisi IPv4 ke IPv6 :

Skema Pengalamatan dan Subnetting dalam IPv6

* on development *

Skema pengalamatan di IPv6 sangat berbeda dengan IPv4. Skema pengalamatan di IPv4 masih bisa menggunakan desimal yang menggantikan digital karena kombinasinya maksimal cuma 0 - 255. Namun untuk IPv6 pemakaian desimal tidak mungkin sehingga digantikan dengan pemakaian heksadesimal 0 - 9 - A - F yang terbagi menjadi 8 bagian (16 bit/blok) yang dibatasi dengan colon ( : ). Dalam penomoran umum, 4 blok pertama adalah network ID dan yang berikutnya interface ID

Spoiler for Skema Pengalamatan:

Spoiler for EUI-64:

Spoiler for Subnetting:

Fitur Keamanan dalam IPv6

* on development *

Fitur-fitur keamanan dalam IPv6:

  • Fitur standar AH dan ESP untuk autentifikasi dan enkapsulasi paket
  • End-to-end encryption karena tidak mengenal NAT, mengurangi risiko man-in-the-middle attack
  • Protokol Secure Neighbour Discovery mengurangi risiko ARP poisoning
  • Fitur Extended Header membuat kita bisa mengkustomisasi header tambahan
  • 18 milyar milyar alamat di subnet /64 menyebabkan alamat IP target serangan tak mungkin discan


Kuliah Gratis IPv6

Spoiler for Authentication Header (AH) :

Spoiler for Encrypted Security Payload (ESP) :

Gugus Tugas IPv6 Indonesia

* on development *

Gugus Tugas IPv6 Indonesia (ID-IPv6TF: Indonesian IPv6 Task Force) adalah gugus tugas yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pertama kali pada 2006. Gugus tugas ini tidak efektif karena saat itu alokasi IPv4 masih banyak dan industri tidak melihat urgensi IPv6 pada saat itu. Gugus tugas kemudian disegarkan kembali melalui KM no. 229/2010 dengan tujuan untuk membangun roadmap dan buku putih pembangunan IPv6 di Indonesia, memeriksa kesiapan ISP, dan melakukan koordinasi mengenai implementasi IPv6 di semua stakeholder. Gugus tugas ini kemudian disegarkan kembali melalui KM no. 1083/2013 dan telah berakhir pada 30 September 2016

Spoiler for Sebelum ID-IPv6TF:


Spoiler for ID-IPv6TF 2008:


Spoiler for ID-IPv6TF 2010:


Spoiler for ID-IPv6TF 2013:

Asesmen IPv6 Indonesia

* on development *

Asesmen IPv6 yang dilakukan sebagai tanggung jawab gugus tugas akan deklarasi Bali dan Bandung. Asesmen ini masih fokus pada kesiapan jaringan akan penyediaan layanan IPv6 dengan materi asesmen berdasarkan Internet Engineering Task Force RFC 6036 dan RFC 4779.

Spoiler for Fase 1 :


Spoiler for Fase 2 :


Spoiler for Fase 3 :

Laporan ID-IPv6TF 2013-2016

* on development *

Perusahaan mobile telco yang diprediksi sebagai yang pertama mengimplementasikan IPv6 malahan terlihat lambat dan kalah cepat dibandingkan perusahaan penyedia layanan fix-broadband dikarenakan masih banyaknya IP Address yang tidak mereka pergunakan karena merasa bahwa teknologi NAT masih mencukupi kebutuhan mereka. Mereka juga beralasan bahwa pasar belum siap dan aplikasi masih banyak di IPv4. Solusi NAT sendiri sudah mulai ditinggalkan oleh penyedia layanan jaringan internasional karena mempunyai resiko sebagai berikut:

  1. Menurunkan kecepatan akses
  2. Memperumit desain jaringan
  3. Beberapa aplikasi yang membutuhkan IP publik terhambat
  4. Meningkatkan resiko keamanan jaringan
  5. Bukan merupakan solusi akhir
  6. Mempersulit penyelidikan cybercrime karena pelaku berlindung di belakang NAT
  7. Perekaman mapping log NAT untuk keperluan penyidikan penyelidikan cybercrime membutuhkan sumber daya yang besar dan dapat menghambat sistem secara operasional dan biaya


Spoiler for Alokasi IPv4 per Maret 2016:


Spoiler for Status IPv4 reserve di ISP per Maret 2016:


Spoiler for Trafik IPv6 dari Akamai:

Roadmap IPv6 Indonesia

* on development *

Setelah melalui perjuangan panjang, akhirnya terbitlah Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Roadmap Penerapan IPv6 di Indonesia [link] yang bertujuan memberikan arah penerapan IPv6 di Indonesia dengan elemen yang terlibat antara lain:

  1. Instansi pemerintah: Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pendidikan Nasional, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Perindustrian, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan
  2. Operator Utama
  3. Medium/small operator
  4. Vendor/manufaktur perangkat
  5. Penyedia aplikasi dan konten
  6. End user


Ada tiga tahapan yang disampaikan dalam roadmap sesuai RFC 5211: persiapan, peralihan, dan paska peralihan.

Spoiler for Tahap Persiapan:


Spoiler for Tahap Peralihan:


Spoiler for Paska Peralihan:

Forum Nasional Kebijakan Nomor PI dan Badan Pengelola

* on development *

Sejak 2013, pembahasan RPM Kebijakan Pengelolaan Nomor PI telah dilaksanakan. Definisi Nomor Protokol Internet ini sendiri adalah istilah baru yang mewakili dua istilah sekaligus yaitu: Alamat Protokol Internet (IP Address) dan Nomor Sistem Otonom (AS Number). Tujuan pembuatan peraturan ini adalah sebagai payung hukum bagi IDNIC selaku pengelola alamat IP di Indonesia dalam melaksanakan tugasnya karena internet telah dipandang sebagai industri yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Bentukan organisasi dalam pengelolaan nomor PI ini terdiri dari Forum Kebijakan dan Badan Pengelola. Badan Pengelola walaupun terbuka siapapun bisa, namun secara de facto tetap dipegang IDNIC. Fungsi pengawasan dimana pemerintah hadir ada ada di dalam Forum Kebijakan dengan anggota lainnya berasal dari perwakilan unsur industri terkait seperti: telko, akademik, bank, dan asosiasi.

Secara tupoksi, tanggung jawab Forum Kebijakan dengan gugus tugas sangatlah berbeda. Forum sangatlah spesifik berbicara mengenai masalah kebijakan operasional pengelolaan Nomor PI sedangkan gugus tugas lebih melebar dengan ruang lingkup koordinasi yang lebih luas dan target yang lebih strategik yang berkaitan dengan kebijakan IPv6 nasional.

Permen Kominfo no 32 tahun 2015 tentang Pengelolaan Nomor Protokol Internet bisa didonlot di sini

Pelatihan IPv6 di Kominfo

* on development *

Selama 2014-2016 telah dilaksanakan Training Pengenalan IPv6 di 6 kota: Medan, Makassar, Surabaya, Bandung, Palembang, dan Yogyakarta dengan peserta Kominfo daerah, akademisi, dan umum. Training dilakukan dengan muatan teori dan praktek secara langsung melakukan coding di router dengan konfigurasi yang telah ditentukan. Materi disesuaikan kepada peserta yang lebih kearah pihak pengambilan kebijakan dan bukan operator/administrator jaringan sehingga muatan teknisnya lebih disederhanakan. Materi training yang lebih teknis diselenggarakan secara berkala juga oleh APJII/IDNIC yang bekerja sama dengan APNIC.

Spoiler for Materi Training :


Spoiler for Workshop IPv6:

Penomoran Internet di Pemerintahan

* on development *

Negara mungkin ingin menggunakan pengalamatan internet terpisah untuk digunakan pemerintah saja. Hal ini dimaksudkan untuk menyederhanakan struktur alamat IP secara keseluruhan di seluruh lembaga pemerintah seperti kementerian, pelayanan kota, sekolah, polisi dll. Ini memiliki manfaat penting, dibandingkan dengan situasi saat ini yang biasa di mana setiap entitas pemerintah mengatur pengalamatan internet masing-masing, dengan cara bergantung dari penyedia layanan Internet domestik.

Pengaturan pengalamatan IPv6 di sektor publik dipengaruhi 2 hal:
1. Jumlah alamat internet yang dibutuhkan
2. Kebebasan (degree of freedom) yang diinginkan

Spoiler for Contoh di Jerman:

Cyber-ID

* on development *

Konsep Cyber-ID secara sederhana memberikan identitas kepada pengguna internet dengan melekatkan alamat IP publik yang tetap (static IP address) kepada perangkat yang terhubung ke internet. Cyber-ID dapat menggunakan IPv6, kemudian dilekatkan dengan informasi penggunanya, atau alamat MAC, IMSI, MSISDN dari perangkat, atau bahkan e-KTP, sesuai kebutuhan. Data identitas ini akan tersimpan secara aman dan tersinkronisasi dengan semua jalur internet yang digunakan oleh pengguna.

Usulan ini mengemuka sebagai hasil FGD yang diselenggarakan staf ahli Menkominfo pada tanggal 1 September 2016 sebagai jawaban beberapa masalah penyidikan kejahatan cyber Divisi Cybercrime Polri dan juga menjadi usulan resmi Gugus Tugas IPv6 Indonesia yang selesai masa tugasnya pada 30 September 2016 lalu.

Tujuan utama dari Cyber-ID adalah mendekatkan gap dimensi keempat masyarakat internet Indonesia, yang memunculkan kesadaran akan adanya suatu tanggung jawab hukum dari suatu perbuatan dan perkataan yang disampaikan di muka umum baik di dunia nyata maupun dunia maya. Konsep ini diharapkan akan menjadi solusi preventif untuk mencegah pelaku membuat dan atau menyebarkan hoax karena memahami adanya konsekuensi hukum, dan juga solusi korektif untuk membantu penyidikan polisi dalam menangani kasus kejahatan cyber.

Cyber-ID juga akan mendorong industri fintech yang meningkatkan sekuriti transaksi dengan tambahan autentifikasi alamat IP untuk memastikan pengguna layanan adalah orang yang tepat.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-3...-industri-hoax

Perkembangan IPv6 Internasional

* on development *

Di dunia internasional, pergerakan akan implementasi IPv6 semakin meluas dan sangat banyak dukungan untuk migrasinya. IPv6 Forum Internasional (www.ipv6forum.com) yang diketuai Latif Ladid mengkoordinasi standar pengembangan SDM IPv6 dan sertifikasi kesiapan perangkat melalui www.ipv6ready.org.

Spoiler for Kegiatan IPv6Forum 2015-2016:


Berdasarkan data traffic penggunaan IPv6 yang diambil dari situs akamai di sini, nampak bahwa negara-negara Eropa dan Amerika telah mulai aktif mengadopsi teknologi IPv6. Per Agustus 2016, Belgia sudah hampir setengah trafiknya menggunakan IPv6, Jerman hampir mencapai 25%, dan Amerika sudah mencapai 20%. Negara tetangga kita Malaysia 8% trafiknya telah menggunakan IPv6, tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Arbor Network, salah satu penyedia jasa keamanan, juga mencatat pertumbuhan sebesar 20% implementasi IPv6 di semua provider dan pengguna di seluruh dunia, yang salah satunya dipicu oleh fitur keamanan di IPv6 yang lebih aman dari serangan DDoS. Indonesia sendiri berdasarkan data akamai di atas, masih sangat tertinggal. Tercatat hanya ada 0.1% trafik IPv6, sejajar dengan Lithuania dan Liberia.

Spoiler for Malaysia:

Spoiler for Jerman:

Link-link terkait diskusi IPv6

* on development *

Beberapa liputan media mengenai IPv6 yang secara tidak langsung dilaksanakan dengan penulisan artikel yang berkaitan dengan teknologi IPv6 seperti dalam link di bawah ini:

gelar tiker dulu ah...
numpang ndemprok di marih juragan TS..

Udah jarang banget trit2 panjang macem begini..
gak urgent

komunitas windows menunggu semua pemakai internet beralih ke windows 10 ori

dahulukan legalitas hardware dan kepantasan indonesia dengan firewall/jaringan personalisasi aman
Quote:Original Posted By i.van.h.b
gak urgent

komunitas windows menunggu semua pemakai internet beralih ke windows 10 ori

dahulukan legalitas hardware dan kepantasan indonesia dengan firewall/jaringan personalisasi aman


Kerjaannya beda2 sesuai tupoksinya, gan
Kebetulan ane yang bantu2 urus Penomoran Internet di Kementrian Kominfo
Urgensinya karena IPv4 sudah habis alokasinya tinggal reserve di tiap operator
Mohon diskusinya ga melenceng kemana-mana ya, ada temen yang lebih ngerti di bagian HAKI
Nunggu info lanjutan sambil masang gembok emoticon-Om Telolet Om!