alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5861ca3950741005028b4579/jokowi-paling-banyak-dipetisi-online
Jokowi Paling Banyak Dipetisi Online
Jokowi Paling Banyak Dipetisi Online

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menjadi pihak yang paling banyak dipetisikan oleh publik melalui situs Change.org selama 2016. Setidaknya, ada 74 petisi yang ditujukan kepada Jokowi.


"Petisi biasanya ditujukan kepada Presiden dan Kabinet," kata Usman Hamid, co-founder dari Change.org Indonesia dalam dikusi di Sleepless Street Food, Jalan Tebet Utara Dalam No. 27, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (22/12/2016).


Salah satu kementerian yang kerap terseret petisi adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengen 16 petisi. Dia disusul oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan 9 petisi, Kementerian Kesehatan 8 petisi, Kementerian Hukum dan HAM 7 petisi, Kementerian dalam Negeri 7 petisi dan Kementerian Perhubungan 6 petisi.


"Paling banyak Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan berhubungan dengan beberapa isu full day school sampai penghapusan ujian nasional," papar dia Usman.


Baca: Enam Kemenangan Publik Melalui Petisi Online


Di luar Jokowi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga banyak kena petisi. Setidaknya, ada 31 petisi untuknya. Dia disusul petisi untuk perusahaan sebanyak 21 petisi dan DPR sebanyak 17.


Usman menerangkan, Change.org pun kerap berusaha mempertemukan pembuat petisi dengan penentu kebijakan. Namun, keberhasilan petisi masih tergantung keinginan politik dari pemerintah.


"Petisi berhasil seperti 15 perkara kebakaran hutan, hanya satu perkara yang dilanjutan," contoh dia.


Kendati demikian, Pemerintah juga kerap merespons gerakan masyarakat yang disampaikan melalui petisi online. Contohnya, pada petisi terkait obral remisi kepada koruptor. Petisi ini didukung 11 ribu orang dalam beberapa hari.


"Melihat desakan itu, Presiden Joko Widodo akhirnya menolak remisi koruptor dan menolak draft revisi PP No 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakat," jelas Usman.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...ipetisi-online

---

Kumpulan Berita Terkait JOKOWI :

- Jokowi Paling Banyak Dipetisi Online Jokowi Tak Ingin Indonesia hanya Formalitas Ikut Organisasi Internasional

- Jokowi Paling Banyak Dipetisi Online Jokowi Paling Banyak Dipetisi Online

- Jokowi Paling Banyak Dipetisi Online Jokowi: Orang Sudah Lupa Bedakan Kritik dan Makar