alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5861b1d5ddd7708f628b4569/ajukan-izin-usaha-kini-bisa-secara-daring
Ajukan Izin Usaha Kini Bisa Secara Daring
Ajukan Izin Usaha Kini Bisa Secara Daring

Proses pengajuan izin usaha memang tidak bisa instan. Oleh karenanya, Kementerian Perdagangan (Kemdag) melakukan inovasi dalam proses tersebut dan meluncurkan layanan perizinan daring (online) yang mengusung fitur tanda tangan digital elektronik (digital signature).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bilang, sistem baru ini merupakan bentuk reformasi pelayanan publik di sektor perdagangan.

“Reformasi ini merupakan bentuk komitmen Kemendag mewujudkan layanan yang transparan dan cepat serta menumbuhkan dunia usaha yang maju di era digitalisasi ekonomi sekaligus melaksanakan amanat Presiden tentang sapu bersih pungutan liar di lembaga-lembaga pemerintahan,” katanya baru-baru ini.

Mendag berharap proses perizinan meningkatkan efisiensi secara signifikan serta mengurangi pertemuan tatap muka antara pemohon dengan pemberi perizinan. “Demikian, potensi pungutan liar dan penyalahgunaan wewenang bisa diminimalisasi,” katanya.

Melalui perizinan daring ini, Kemendag akan menuntut pola pikir baru para aparatur sipil negara (ASN) dalam melayani publik. “Pola pikir harus berubah. Tak ada alasan memperlambat proses karena semuanya sudah transparan, kapan berkas masuk, kapan harus diteken, dan seterusnya,” paparnya.

Selain meningkatkan pelayanan publik dan meminimalisir praktik pungli, perizinan daring juga diyakini mampu meningkatkan peringkat Ease of Doing Business (EODB) atau kemudahan berusaha di Indonesia.

Mendag bilang, dunia usaha pun akan lebih berdaya saing dan mampu tumbuh dan berkembang dalam iklim yang makin adil dan sehat dengan tetap menjaga etika bisnis dan taat aturan. Perizinan daring ini efektif berlaku pada 1 Januari 2017.

Ada beberapa kategori layanan perizinan yang masuk reformasi, yakni perdagangan luar negeri dan perdagangan dalam negeri. Artinya, dengan peluncuran ini ada 47 perizinan yang bisa dilakukan secara daring dengan tanda tangan digital.

Dari jumlah tersebut, 34 perizinan merupakan layanan perizinan bidang Perdagangan Luar Negeri dan 13 perizinan bidang Perdagangan Dalam Negeri.

Sumber : http://smart-money.co/inovasiana/aju...-secara-daring