alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586164f3e05227d6488b4578/kombatan-isis-masuk-indonesia-diragukan
Kombatan ISIS Masuk Indonesia Diragukan
Kombatan ISIS Masuk Indonesia Diragukan

Metrotvnews.com, Jakarta: Densus 88 Antiteror menangkap sejumlah terduga teroris di berbagai wilayah, seperti Bekasi, Tangerang hingga Purwakarta, pada bulan ini. Penangkapan itu menyiratkan kabar masuknya kombatan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).


Pengamat Teroris dari Certified Internasional Investment Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya meragukan adanya kombatan ISIS masuk ke Indonesia. Menurut dia, selama ini yang masuk adalah warga Indonesia yang dideportasi karena gagal masuk ke Suriah.


"Saya ragu adanya kombatan yang pulang ke Tanah Air," kata Harits kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Senin (26/12/2016).


Harist menjelaskan, warga Indonesia yang gagal ke Suriah ada yang dideportasi dari Turki, Malaysia, Singapura, hingga Pakistan. Bahkan, kata dia, ada pula warga yang belum sempat ke Suriah tapi telah digagalkan keberangkatannya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang dan Bandara Juanda, Surabaya.


"Paling banyak 99 persen orang seperti itu (dideportasi)," ucap dia.


Baca: Bahrun Naim Miliki Jaringan dari Sisi Solidaritas


Meski demikian, mantan pengurus Hizbut Tahrir Indonesia itu mengakui adanya sejumlah warga Indonesia yang kembali dari Suriah. Namun, ia memastikan, mereka telah diamankan oleh Densus 88 Antiteror.


Salah satu yang ditangkap yakni, Helmi Almudi. Dia merupakan teman dari anggota ISIS Salim Mubarak At Tamimi alias Abu Jandal. "Hanya dua orang saja yang tidak (ditangkap) karena sepulang dari Suriah tidak gabung lagi dengan ISIS, karena kecewa dan itu yang terjadi bukan dia pulang karena pernah ke Suriah, ndak," jelas dia.


Lagi pula, Harits meyakini warga Indonesia yang telah berangkat ke Suriah tak akan kembali hanya untuk beraksi di Tanah Air. Sebab, mereka telh berkorban banyak hanya untuk bergabung dengan kelompok radikal tersebut di Suriah.


"Kalau sudah di suriah tidak ada keinginan mereka kembali ke Indonesia, karena biayanya sudah mahal, ada yang sampai jual rumah, tanah dan sebagainya. Begitu dia berangkat tidak ada keinginan untuk balik," pungkas dia.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...esia-diragukan

---

Kumpulan Berita Terkait TERORISME :

- Kombatan ISIS Masuk Indonesia Diragukan Kombatan ISIS Masuk Indonesia Diragukan

- Kombatan ISIS Masuk Indonesia Diragukan Bagaimana Jaringan Baru Terorisme Tumbuh?

- Kombatan ISIS Masuk Indonesia Diragukan Densus 88 Tangkap Oknum PNS di Ambon yang Diduga Simpatisan ISIS

yang ngomong mantan pengurus hti....