alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585feb14a09a392c788b456b/mendag-minta-pedagang-laporkan-stok-beras
Mendag Minta Pedagang Laporkan Stok Beras
Quote:@JokopediaID : Selamat Natal bagi semua yang merayakan.
Mendag Minta Pedagang Laporkan Stok Beras
Selamat berkumpul bersama orang-orang tercinta

Quote:Mendag akan maksimalkan fungsi gudang penyimpanan beras

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa stok kebutuhan pangan hingga akhir tahun akan cukup. Sebab sejumlah pangan seperti beras, bawang merah, dan minyak goreng barang di gudang masih mencukupi.
Mendag Minta Pedagang Laporkan Stok Beras
"‎Dari perkembangan yang ada dan dari identifikasi stok yang kita lakukan di sejumlah daerah. Kemudian telah berkoordinasi dengan asosiasi terkait sampai pelaku usaha, kita sebut bahwa stok pangan akhir tahun cukup," kata Enggar dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (23/12).

Enggar menjelaskan, pedagang mengkonfirmasi stok beras di gudang beras Cipinang cukup hingga empat bulan ke depan. Bahkan di Bulog, beras disebut akan cukup hingga Mei 2017. Stok gula pun disebut aman hingga empat bulan ke depan. Harga gula pun bakal ditekan dan diseragamkan di banyak daerah menjadi Rp 12.500 per kilogram (kg). Nilai ini diharap bisa menjadi harga eceran tertinggi (HET).

"Kita sudah jembatani produsen dan distributor utama yang menguasai 70 persen peredaran gula. Ini kita harus samakan harga," ujar Enggar.

Sementara untuk harga minyak goreng,‎ memang mulai mengalami kenaikan dalam dua minggu terakhir. Namun, Kemendag telah memanggil asosiasi yang berkecimpung dalam perdagangan minyak goreng, dan telah disepakati akan ada HET untuk komoditas tersebut.

Enggar menjelaskan khusus daging sapi‎, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog dan asosiasi distibutor daging Indonesia (ADDI) untuk menekan harga daging beku menjadi Rp 80 ribu per kg. Namun, harga ini masih akan ada di sekitaran Jabodetabek untuk sementara.
revo belik a

Mendag Minta Pedagang Laporkan Stok Beras
Quote:Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta pedagang menyiapkan stok beras. Penyimpanan di gudang ini diminta didaftarkan agar tidak ada dugaan penimbunan.
Mendag Minta Pedagang Laporkan Stok Beras
Ia menyampaikan tiga hal strategis di bidang pangan yang dapat memengaruhi perekonomian nasional dan menyejahterakan masyarakat. Tiga hal ini yaitu distribusi, stabilitas harga, dan ketersediaan kebutuhan pokok.

"Distribusi kebutuhan pokok, stabilitas harga, dan ketersediaan barang kebutuhan pokok mempunyai peranan yang sangat strategis dalam perekonomian nasional, termasuk berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Batang,” ujar Enggar saat meresmikan Pasar Induk Batang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/12).

Enggar kembali meminta para pedagang menyiapkan stok beras untuk beberapa bulan ke depan tanpa perlu khawatir dianggap melakukan penimbunan. Selama gudang penyimpanannya didaftarkan dan stok akhir bulan dilaporkan ke Kemendag, maka tidak akan ada alasan dugaan penimbunan beras.

Selain itu, beberapa harga barang kebutuhan pokok yang harganya turun akan dijaga agar tidak semakin rendah. Sehingga fluktusi harga masih dalam batas jangkauan normal agar semua pihak baik petani, pedagang, dan pembeli mendapatkan keuntungan serupa.

Sementara, dalam pembangunan pasar Batang, Pasar Induk ini memiliki luas 14.710 m2 dilakukan selama dua tahun (2015 dan 2016) dengan dana APBD sebesar Rp 76 miliar. Untuk memperbaiki kondisi pasar, Kemendahg memberikan bantuan sarana perdagangan berupa 50 cool box, 50 tenda, dan 50 gerobak kepada pedagang pasar dan UMKM. Pemberian sarana ini juga menjadi salah satu langkah nyata Kemendag mendukung dan memfasilitasi UMKM agar terus berkembang. “Pasar Batang ini merupakan salah satu pasar induk yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar. Berbagai komoditas dagangan untuk kebutuhan harian yang tersedia cukup lengkap dan murah. Situasi pasarnya pun cenderung aman dan mudah diakses,” kata Enggar.

Program revitalisasi pasar rakyat dinilai merupakan langkah penting yang dilakukan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Mendag menekankan bahwa penguatan perdagangan dalam negeri yang efisien harus terus dilakukan guna meningkatkan daya saing pasar domestik. Kemendag juga terus berupaya meningkatkan agar citra pasar rakyat mampu tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan pasar dan toko modern dengan menetapkan Prototipe Pasar Tipe A sampai dengan Tipe D. Kemendag terus membangun pasar rakyat yang dilaksanakan melalui Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan. Sumurnya masih sama

Ayo gan sista coba sebentar cek beras di rumah masing masing
jangan sampai kehabisan

Banyak beras badan waraS
kurang tinggal impor kok

wong dari dulu beras jg diimpor pasca era mbah harto


عيد ميلاد مجيد

Mendag Minta Pedagang Laporkan Stok Beras
Jangan impor melulu gan,.. emoticon-Bingung coba bikin sendiri aja dulu emoticon-Om Telolet Om!
Setok aman
Tahun depan masih bisa makan
Tahun baruan beras aman cegah kelaparan gan
Abis diimpor jgan dioplos yeeemoticon-Leh Uga
pRODUKSI DALAM NEGERI KAYAKNYA CUKUP GAN

Quote:Original Posted By coolmaxx
Abis diimpor jgan dioplos yeeemoticon-Leh Uga