alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585b3756162ec2bb1f8b456c/jokowi-targetkan-jalan-tol-pertama-di-kalimantan-selesai-2018
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Quote: Di Kalimantan, pemerintah tengah fokus mengerjakan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer (km), yang merupakan jalan tol pertama di pulau tersebut. Semula jalan tol yang terbagi dalam 5 seksi pekerjaan ini ditargetkan rampung 2019.
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan dari rapat terakhir dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, target tersebut dimajukan 1 tahun lebih awal menjadi 2018.

"Kami targetkan di tahun 2018, tol Balikpapan-Samarinda sudah bisa dioperasikan semuanya. Kita awalnya target itu tahun 2019. Tapi waktu di Istana kan bilang tahun 2018, itu sudah percepatan sekali. Sebelumnya jangankan mikirin ini, mikirin selesainya saja enggak. Sekarang kita harus mikirin tahunnya dimajuin," ungkap Herry, saat berbincang santai dengan detikFinance di kantornya, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Meski target penyelesaian dimajukan, Herry mengaku tidak ada kendala yang cukup berarti dalam pembangunan proyek jalan tol ini. Justru ia mengaku optimistis target tersebut bisa dicapai, mengingat perkembangan proses pembebasan lahan semakin mendekati 100%.

"Ini kan lelangnya baru kemarin, terus baru ada badan usaha, sejauh ini saya lihat untuk yang ini hanya tinggal menyelesaikan tanah, dan tidak terlalu besar. Jadi nggak terlalu terkendala, dibanding yang lain," akunya.

Lebih lanjut ia menyatakan, pihaknya optimistis untuk dapat menyelesaikan Tol Balikpapan-Samarinda sesuai dengan target yang telah ditentukan saat ini, yaitu tahun 2018 nanti.

"Kalau untuk sekarang kita harus optimistis dulu, namanya juga masih dikerjakan. Jadi kita tetap optimistis dapat tercapai 2018," pungkas Herry detik

Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Ayo maju maju ,.. ayoo maju maju ,.. ayoo maju maju majulah INDONESIAKU
emoticon-I Love Indonesia

Apa Kabar Pembangunan Tol Pertama di Kalimantan?

Quote:Tak melulu di Pulau Jawa, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur di Pulau Kalimantan. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,2 kilometer (km) di Desa Karangjoang, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur.
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda menjadi menjadi proyek jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang tengah dikebut pemerintah.
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Pekerjaannya terbagi dalam 5 seksi yakni, Seksi I sepanjang 22,03 kilometer (km) dari Balikpapan Km 13-Samboja, Seksi II 30,98 Km dari Samboja-Muara Jawa, Seksi III 17,3 Km dari Muara Jawa-Plaran. Kemudian Seksi IV 17,95 Km dari Palaran-Samarinda dan terakhir Seksi V 11,09 Km.
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018

Bagaimana perkembangannya?
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
"Kalau tanah, secara total 83%. Yang di ujung malah di atas 90%, seksi I, seksi II, seksi III. Untuk seksi IV masih 41%, dan seksi V 52,6%. Tapi secara total tanahnya sudah 83%. Jadi di bagian yang tanahnya sudah selesai, mereka (kontraktor) langsung masuk, walau memang belum banyak progresnya, tapi sudah mulai masuk tahun ini," terang Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, kepada detikFinance di kantornya, Jakarta, Selasa (20/12/2016).
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
Sedangkan dalam pengerjaan konstruksinya, Herry menjelaskan, saat ini baru satu seksi saja yang telah dikerjakan lebih dari 50%. Sisanya, baru mulai dikerjakan, terutama bagian yang dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018
"Kalau konstruksi kan yang bagian pemerintah sudah berjalan. Nah kalau yang porsi badan usaha baru masuk kemarin, baru mulai melaksanakan di tahap-tahap awal. Pengujian, kan ada yang dibangun terlebih dahulu. Untuk saat ini proses konstruksinya, seksi I itu sudah 54%. Seksi V itu baru di bawah 1%, baru 0,82%. Yang badan usaha belum masuk, sedang mulai persiapan," terangnya.

Dirinya pun mengatakan, dalam proyek tersebut pihaknya ditargetkan untuk menyelesaikan satu tahun lebih cepat dari target yang ditentukan sebelumnya, yakni tahun 2019.
youtube-thumbnail

"Awalnya kan 2019, tapi waktu di Istana kan bilang 2018, itu sudah percepatan sekali. Sebelumnya jangankan mikirin ini, mikirin selesainya saja nggak. Sekarang kita mikirin tahunnya dimajuin," ujarnya.
youtube-thumbnail

Hingga saat ini, kata Herry, tidak ada perubahan dalam biaya investasi dari proyek tersebut. Masih mengacu pada perjanjian sebelumnya yang sebesar Rp 9,97 triliun. Ia pun mengatakan, belum ada kendala yang cukup berarti dalam proyek jalan tol pertama di Kalimantan ini.
youtube-thumbnail

"Kan lelangnya baru kemarin, terus baru ada badan usaha, sejauh ini saya lihat untuk yang ini hanya tinggal menyelesaikan tanah, dan tidak terlalu besar. Jadi enggak terlalu terkendala, dibanding yang lain," tuturnya. Detik
100 km mayan panjang jg
Gokil emoticon-2 Jempol

Bisa jadi kekuatan nanti 2019
semoga ga mangkrak, emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
semoga ya pak emoticon-Om Telolet Om!
mending resmiin 2019 aja pak
sekalian kampanye lagi
sumpah, ane pengen nangis liat ini smua..
emoticon-Mewek

moga lancar sampai selesai, aamiin
Mantep pak de....bagus pembangunan jadi merata, dan moga moga temen ane nga nempuh 7 ampe 8 jem lagi ke bandara terdekat
Alhamdulilah. Smoga cepat terselesaikan. Salam telolet om.
sekarang baru bikin.? yg dulu mimpin 10thn ngpn aja yahh.???emoticon-Bingung
10 tahun yang....




emoticon-Om Telolet Om!
aminnn...


semoga cepet jadi... rapih atau kaga, yg penti ada...


dari pada gak ada sama sekali...

yang 10 tahun itu perencanaan matang gan,.. yang sekarang tinggal jalania aja

emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By psycotech81
sekarang baru bikin.? yg dulu mimpin 10thn ngpn aja yahh.???emoticon-Bingung


youtube-thumbnail
terima kasih patih gajah mada emoticon-Shakehand2
nih gan tahun 2013
Pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan di Provinsi Kaltim kembali dilanjutkan karena Menteri Kehutanan sudah tidak mempermasalahkan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara yang dilalui ruas Paket II.

"Pekerjaan jalan tol Samarinda-Balikpapan ini terdapat lima paket dengan total panjang jalan mencapai 90,22 kilometer," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Kaltim yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur (Kaltim) H Rusmadi di Samarinda, Rabu.

Perkembangan pembangunan jalan tol adalah, pada Paket I dari kilometer 13 Balikpapan hingga Samboja telah terealisasi 69 persen dan diestimasikan hingga Desember 2013 mencapai 90 persen dengan nilai kontrak Rp375 miliar.

Pada Paket II untuk Samboja-Palaran I terealisasi 17 persen. Diestimasikan hingga akhir 2013 mencapai 39 persen dengan serapan dana mencapai Rp374 miliar.

Sedangkan untuk Paket III jalur Samboja ke Palaran II telah terealisasi 73 persen dan diharapkan pada akhir tahun inimencapai 100 persen.

Sementara untuk Paket IV dari Palaran ke Mahakam Kota telah terealisasi 56 persen dengan estimasi pekerjaan sampai 79 persen pada akhir 2013.

Begitu juga dengan Paket V dari kilometer 13 hingga ke Sepinggan, Balikpapan, saat ini sudah terealisasi 28 persen. Diestimasikan hingga Desember 2013 bisa selesai 60 persen.

Untuk Paket II Samboja menuju Palaran I diakui Rusmadi memang realisasinya rendah. Hal itu terjadi karena jalur itu harus melalui Tahura Bukit Soeharto.

Tetapi dengan adanya Surat Menteri Kehutanan yang tidak mempermasalahkan pembanguan jalan tol demi kepentingan masyarakat, kepentingan lebih besar dan strategis, sehingga diperkirakan pada akhir 2013 pengerjaannya dapat dipercepat hingga 39 persen.

Ke depan, lanjut Rusmadi, jalan tol tersebut tidak hanya menghubungkan Balikpapan hingga Samarinda, tetapi akan dilanjutkan hingga ke Bontang dan Kabupaten Kutai Timur yang terhubung pada Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy.
http://www.antaranews.com/berita/391...an-dilanjutkan
Semoga cepet beres

Mangkrak Sejak 2013, Jokowi:Tol Kalimantan Jadi 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda rampung pada 2018.

"Diharapkan seluruhnya Insya Allah akan selesai pada 2018," kata Presiden Jokowi saat meninjau proyek pembangunan jalan tol Seksi V Balikpapan-Samarinda yang terletak di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kamis, 24 Maret 2016.

Ia mengatakan, proyek pembangunan jalan tol pertama di Kalimantan itu sebetulnya sudah dimulai sejak 2010, tapi terhenti pada 2013 karena masalah lahan. Saat itu, Menteri Kehutanan tidak mengeluarkan izin pinjam-pakai Hutan Lindung Taman Hutan Rakyat (Kutai) dan Hutan Lindung Sungai Manggar
Presiden Jokowi pun memaksa Gubernur Kaltim agar proyek dimulai lagi. "Saya paksa dengan Pak Gub untuk dimulai lagi kemarin pada November 2015," ucapnya.

Saat ini kira-kira ruas sepanjang 27 km sedang dikerjakan dengan didanai APBD dan APBN, sisanya diserahkan kepada investor yang mau berinvestasi.

Sejumlah ruas, misalnya, ada yang ditargetkan rampung pada April tahun depan.

"Pembebasan lahan selesai 85 persen jadi kurang sedikit, tapi kita ini bekerja sambil berkejar-kejaran, pembebasan berkejaran dengan konstruksi," kata Jokowi.

Presiden berkunjung ke lokasi tersebut untuk memastikan bahwa proyek telah dimulai lagi pengerjaannya.

"Saya ke sini hanya ingin memastikan bahwa (proyek) sudah mulai lagi, dan ternyata betul November sudah mulai lagi," ujarnya.

Presiden mendapat laporan bahwa konstruksi sudah selesai sepanjang 7,6 km dan total investasi nantinya kurang lebih Rp13 triliun.

https://m.tempo.co/read/news/2016/03/24/090756570/mangkrak-sejak-2013-jokowi-tol-kalimantan-jadi-2018

KAMIS, 15 AGUSTUS 2013: Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Mandek

Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mempertanyakan kelangsungan proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,02 kilometer. Sejak pemancangan batu pertama 2011 lalu, proyek senilai Rp 6,2 triliun tersebut mandek.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Balikpapan, Suryanto, mengatakan penyebabnya karena hingga kini Kementerian Kehutanan tak kunjung menerbitkan izin pinjam-pakai Hutan Lindung Taman Hutan Rakyat (Kutai) dan Hutan Lindung Sungai Manggar (Balikpapan).

Kedua kawasan hutan lindung tersebut menjadi bagian dari ruas jalan tol. “Permohonan izin sudah diajukan sejak 2011,” katanya, Kamis, 15 Agustus 2013.

Menurut Suryanto, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan sudah berulang kali meninjau kawasan hutan lindung yang peruntukannya menjadi pinjam-pakai untuk jalan tol Balikpapan-Samarinda. Izinnya pun tinggal menunggu tanda tangan Menteri Kehutanan. Namun, entah kenapa izin tersebut tak juga turun.

Suryanto mengatakan, kawasan yang ditetapkan sebagai hutan lindung pada 1995 tersebut sebenarnya sudah berubah fungsi karena dihuni oleh masyarakat setempat. Bahkan menjadi lahan untuk para transmigran sejak tahun 1960-an. Selain itu, kawasan hutan lindung bisa digunakan untuk kepentingan ekonomi. Apalagi hanya untuk ruas jalan tol. ”Di sejumlah negara juga melakukannya,” ujarnya.

Dari sisi pembiayaan, semula berupa patungan antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan swasta. Namun, pada kenyataannya, negara yang harus menanggungnya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur hanya mengalokasikan anggaran Rp 1,2 triliun untuk pembebasan lahan di wilayah Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan. Sedangkan pihak swasta hanya menanggung biaya konstruksi Rp 5 triliun.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, pada saat pemancangan batu pertama 2011 lalu, mencanangkan proyek ini menjadi salah satu koridor perekonomian nasional.

Pembangunannya terbagi dalam lima paket pengerjaan, yakni menghubungkan KM (kilometer) 13 Balikpapan-Semboja senilai Rp 374 miliar, KM 13 Balikpapan-Manggar (Rp 373 miliar), Semboja-Palaran (Rp 366 miliar), Palaran-Mahkota II (Rp 363 miliar), dan KM 13 Balikpapan-Sepinggan (Rp 373 miliar). Seluruh paket pengerjaan seharusnya sudah rampung pada 2013.

Proyek jalan tol Samarinda-Balikpapan merupakan tahap awal pembangunan jalur trans Kalimantan Timur. Tahap berikutnya adalah jalan tol Sangata-Maloy sejauh 130 kilometer, Bontang-Sangata 40 kilometer, dan Samarinda-Bontang 84 kilometer. Selain itu, penyelesaian proyek Jembatan Pulau Balang sepanjang 1,5 kilometer. Halaman ini di tutup
Jokowi Targetkan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai 2018