alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584ea841902cfe65158b4576/kenduri-maulid-sampai-juga-ke-mesjid-tuha
Kenduri maulid sampai juga ke Mesjid Tuha
Kenduri maulid sampai juga ke Mesjid Tuha
Ibu-ibu pengungsi di depan Masjid Baitussattar, Mesjid Tuha, Meureudu, Pidie Jaya, Aceh, saat menyendok hidangan kenduri maulid, Senin (12/12)
Enam hari setelah gempa bumi membawa maut dan kesakitan di Pidie Jaya, Aceh, bau rempah meruap dari pelataran Masjid Baitussattar, Mesjid Tuha, Meureudu, Senin (12/12).

Di sana, sejumlah lelaki menyiapkan kari berisi keratan daging dari dua ekor sapi.

Tak jauh dari mereka, di seberang masjid, kurang dari sepuluh perempuan dan laki-laki pengungsi merebus telur ayam, menumis sayur, dan menanak nasi. Kulit yang sudah beberapa hari hanya terlindung papan balai pun mesti diuji panas dari tiga dandang dan unggunan kayu bakar.

Udara memang merambatkan harapan akan makan besar, tapi suara dari para pelantun zikir dan salawat di salah satu balai ikut meminta ruang.

Al Madad! Al Madad! Al Madad, Ya Rasul Allah!

Al Madad! Al Madad! Al Madad! Ya Habib Allah!

'Kasihani kami, bantu kami, sokong kami, wahai Rasulullah. Kasihani kami, bantu kami, sokong kami wahai kekasih Allah,' demikian kira-kira bunyi syair dalam bahasa Indonesia.

Lagu yang dialunkan lima orang santri itu secara akapela dimasyhurkan oleh Burdah Ensemble, sebuah kelompok musik beralaskan ajaran tasawwuf asal Montreal, Kanada.

Dan bagi para warga yang mengungsi di balai, rangkaian puji-pujian bagi Sang Khalik dan Sang Nabi, serta janji akan limpahan kari sapi, agaknya menggenapkan penantian akan hari kedua belas Rabiul Awwal.

'Kalau di desa, biasanya ada (kari) kambing, bebek, ayam, tongkol,' ujar Zainal kepada Beritagar.id di pos pengungsian itu. 'Orang bisa pilih-pilih yang dia suka'.

Biasanya, demi menghindari perbenturan dengan acara peringatan maulid di kampung tetangga, warga suatu kampung berdiskusi untuk menentukan hari dan hal-ihwal detail lainnya. Dus, mereka pula yang ikut menyiapkan berbagai bahan seperti beras, bumbu, dan lauk utama.

Masing-masing daerah pun punya menu khas. Di Pidie Jaya, misalnya, sie puteh--daging yang dimasak dengan kuah kental rempah-rempah--jadi penyempurna.

Kondisi gempa bikin variasi menu tahunan tidak berlaku di pengungsian. 'Sekarang adanya cuma lembu aja,' kata Zainal.

Lelaki 37 tahun itu selamat saat guncangan berdaya 6,5 skala Richter menjalar ke Meureudu. Rumahnya 'ada retak', tapi tidak sampai ambruk. Ia, istri, dan seorang anaknya bergegas ke arah kantor Bupati Pidie Jaya setelah guncangan mereda. 'Takut tsunami datang lagi,' katanya.

Tanpa ada kaitan dengan pembicaraan, sambil tetap mengisap rokok mild meski bagian tembakaunya hampir tandas, ia mengeluarkan feature phone Nokia dari saku celana. 'Saya lihat mereka waktu ke Aceh Selatan. Cepat sekali itu gerakannya,' ujarnya memamerkan rekaman satu pertunjukan tari Saman.

Muazin Baitussattar mengingatkan para pemeluk teguh bahwa pintu Zuhur sudah terbuka. Panggilan shalat itu pula yang membuat Zainal menarik layar telepon genggamnya dari wajah lawan bicaranya.

'Nanti ikut makan saja,' ujarnya seraya melangkah ke arah masjid. Makan-makan dimulai setelah sembahyang berjemaah usai, dan anak-anak yatim didahulukan ketika menyendok hidangan.

Di Mesjid Tuha siang itu, acara kenduri tidak digelar secara lazim. Para hadirin mesti mengambil hidangan dari meja yang sudah ditentukan--satu banjar untuk laki-laki, dan satu baris lain untuk perempuan. Setelah itu, kursi-kursi plastik yang sudah tertata menunggu mereka.

'Biasanya kalau di desa-desa pakai nampan,' ujar Zainal sambil menambahkan bahwa hadirin duduk beralaskan tikar. Lantas, orang-orang akan berbagi segala yang tersedia di atas nampan. '(Satu nampan) bisa untuk lima orang lebih,' katanya.

Tempat pelaksanaan acara pun biasanya akan dihias dengan kertas-kertas kaya warna. 'Tidak seperti di sini,' katanya merujuk kepada kondisi tenda di pengungsian. 'Tapi ini kan darurat'.
Kenduri maulid sampai juga ke Mesjid Tuha


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ke-mesjid-tuha

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kenduri maulid sampai juga ke Mesjid Tuha Kerja keras dan semangat di balik laju Indonesia ke final Piala AFF

- Kenduri maulid sampai juga ke Mesjid Tuha 8 ponsel yang menarik perhatian sepanjang 2016

- Kenduri maulid sampai juga ke Mesjid Tuha Cara menjaga agar pasangan tetap saling mencinta