alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584ea77b162ec2bd788b4569/karena-gempa-manohara-dihukum-warga
Ngakak 
Karena Gempa, ‘Manohara’ Dihukum Warga
Quote: MEUREUDU | ACEHKITA.COM – “Dilarang masuk, sudah ditutup,” tegas seorang pria bertopi di tepi jalan. Dia dan tiga warga lain berjaga melarang sejumlah orang yang hendak memasuki kawasan wisata Pantai Manohara, saat acehkita ke sana, Ahad 11 Desember 2016.

Pantai Manohara terletak di Desa Meuraksa Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya. Pantai Manohara sebelumnya bernama pantai Meuraksa atau pantai Meureudu.

Pantai itu menjadi favorit warga Aceh serta wisatawan sepuluh tahun belakangan, Setelah konflik bersenjata dan tsunami menyapu pesisir Aceh 26 Desember 2004 lalu, pantai ini perlahan mulai hidup.

Kafe kecil mulai berdiri di area pantai dan sering dijadikan tempat nongkrong muda-mudi kampung.

Nama Manohara diambil dari nama artis Manohara Odelia Pinot, yang sempat dipersunting oleh Teungku Muhammad Fakhry Petra, putra mahkota Kerajaan Klantan, Malaysia. Rumah tangga mereka kisruh dan nama Manohara melambung.

Seorang pemilik kafe di pantai itu kemudian menamakan Manohara sebagai nama kafenya. Lambat laun orang-orang mulai menyebut pantai ini sebagai Pantai Manohara.

Dari mulut ke mulut, Pantai Manohara kemudian terkenal dan banyak warga dari kabupaten-kabupaten tetangga berkunjung ke sana.

Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang Aceh Rabu lalu berpusat 18 kilometer dari timur laut Manohara berkedalaman 10 kilometer. Pantai itu daratan paling dekat dengan pusat gempa. Namun, kafe-kafe di sana tak berdampak hebat. Karena umumnya terbuat dari kayu.

Hanya saja di beberapa titik, tanah terbelah. Garisan lobang terbentuk dengan kedalaman semeter. Meskipun tak berdampak serius terhadap keelokan Manohara, paska gempa pantai ini direncanakan akan ditutup dari kunjungan wisatawan.

Penutupan ini beralasan tempat wisata alam itu selama ini menjadi sarang maksiat. “Pusat gempanya kan di sini, jadi ini sebuah peringatan untuk kita. Karena selama ini, pantai Manohara jadi tempat pasangan nonmuhrim berduaan,” ujar warga setempat yang tak ingin namanya ditulis.

Menurutnya, walaupun pihak aparatur gampong selama ini telah mengelola pantai Manohara sesuai syariat Islam, tetapi ada juga perbuatan melanggar ketentuan. “Berduaan saja, kalau bukan muhrim sudah salah.”

Soal berapa lama penutupan, aparatur desa akan menggelar rapat. Sejumlah warga di sana menginginkan pantai itu ditutup selamanya.

Penutupan wisata pantai Manohara akan berdampak dalam segi pendapatan warga. Jika pantai itu ditutup, pemilik kafe akan kehilangan pendapatan sehari-hari.

“Walaupun tidak banyak, sehari 100-150 ribu selalu ada. Cukuplah untuk keperluan sehari-hari,” kata M Jakfar (37 tahun), salah seorang pemilik kafe.

Jika memang hasil rapat nantinya Manohara ditutup dari wisatawan selamanya, lanjut Jakfar, pihaknya berharap bangunan kafe di sana jangan dibongkar.

“Bangunannya jangan dibongkar. Kami nanti bisa berternak di sana,” sambungnya.

Modal tentu saja akan dikeluarkan kembali oleh Jakfar jika beralih ke usaha ternak. “Barangkali kami akan melaut lagi jika tak sanggup berternak.”

Manohara, objek warga menghabiskan akhir pekan. Namanya telah terdengar hampir semua telinga warga Pidie dan Pidie Jaya.

Penutupannya di satu sisi memberi efek positif bagi warga setempat yang baru saja dihentak gempa. Aktivitas wisatawan di sana kerap disebut warga penyebab terjadi gempa. “Perbuatan maksiat dipastikan akan mengundang bala. Nah, di Manohara ini apalagi,” begitulah warga mengeluarkan kalam.

Kini, pintu masuk Manohara dipagari bambu. Dahan-dahan ditabur di atas jalan. Selembar karton ditempelkan. “Pantai Manohara Ditutup.”

Angin berhembus. Karton itu melambai-lambai. Manohara, keelokanmu kini tak dapat lagi dinikmati


SUMBER

loh kemaren panasbung bilang itu BENCANA
lalu skrg orang aceh bilang itu azab karena maksiat
yg bener yg mana?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ap sih emoticon-Leh Uga
njir.... ngga ngerti gue
hadeh malah sibuk azab azaban ....
ya di lihat lagi lah makna adaanya bencana bukannya nyari nyari salah orang
azab atau musibah, bagi manusia tergantung sudut pandangnya.
yg lebih tau yg mana ya cuman Tuhan semata.
Hidup di Zaman yang salah... cocoknya Hidup di Zaman Flintstone... Karena Gempa, ‘Manohara’ Dihukum WargaKarena Gempa, ‘Manohara’ Dihukum Warga
Quote:Original Posted By panasbungoblok
SUMBER

loh kemaren panasbung bilang itu BENCANA
lalu skrg orang aceh bilang itu azab karena maksiat
yg bener yg mana?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


syarat dan ketentuan berlaku aka standar ganda emoticon-Traveller
Yah mao azab atau bencana
Turut bErduka aja
tentunya ada yg salah emoticon-Embarrassment
Judul sesat bakaaaaaaaaaaaarrrrr



emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:Original Posted By killedpeople
Judul sesat bakaaaaaaaaaaaarrrrr



emoticon-Blue Guy Bata (L)


nampak banget masuk karena "manohara" emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By panasbungoblok


nampak banget masuk karena "manohara" emoticon-Leh Uga


Ane kira banyak mulustrasi manohara yg onoh....


emoticon-kisssing
gue kirain krn pertemuan 2 lempeng aktif
ternyata krn pertemuan 2 sejoli non nikah

wah gempa yang aneh emoticon-Embarrassment
ternyata manohara penyebab gempa aceh emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By sichilikya
gue kirain krn pertemuan 2 lempeng aktif
ternyata krn pertemuan 2 sejoli non nikah

wah gempa yang aneh emoticon-Embarrassment


mgkn goyangannya terlalu kuat bray
makanya jadi gempa emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By panasbungoblok
SUMBER

loh kemaren panasbung bilang itu BENCANA
lalu skrg orang aceh bilang itu azab karena maksiat
yg bener yg mana?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


wah rakyat aceh langsung sadar nih
ga ada politisasi kayak nas... #eh
Jadi kapan arab sana kena azab kek gini.

Disana kan byk kota modern seperti dubai yg penuh maksiat atau kota di saudi yg sering terjadi perkosaan terhadapt tkw emoticon-Big Grin