alexa-tracking

Hatta Taliwang Ajukan Penangguhan Penahanan, Polisi: Keputusan di Penyidik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584e712e9252330b098b4567/hatta-taliwang-ajukan-penangguhan-penahanan-polisi-keputusan-di-penyidik
Hatta Taliwang Ajukan Penangguhan Penahanan, Polisi: Keputusan di Penyidik
Hatta Taliwang Ajukan Penangguhan Penahanan, Polisi: Keputusan di Penyidik

Jakarta - Aktivis Hatta Taliwang mengajukan penangguhan penahanan ke penyidik Polda Metro Jaya. Pihak Polda Metro Jaya belum memastikan, apakah permohonan penangguhan penahanan tersebut akan dikabulkan atau tidak.

"Penangguhan penahanan itu kewenangan dari pada penyidik, tergantung pertimbangan penyidik," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/12/2016).

Argo mengatakan, penyidik memiliki pertimbangan tersendiri untuk mengabulkan atau tidaknya penangguhan penahanan yang diajukan seorang tersangka.

"Penahanan itu syarat subjektivitas penyidik, karena dikhawatirkan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatannya. Kalau ditangguhkan penahanannya kan harus melihat ke situ juga," jelas Argo.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Hatta dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan Hatta ke penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Wakil Ketua ACTA, Ahmad Leksono menyampaikan permohonan penangguhan penahanan tersebut siang tadi.

Salah satu putera Hatta, Rezqa Rencana Islami (30) menjadi penjamin, ditambah sekitar 19 orang tim kuasa hukumnya. Menurut Ahmad, sejumlah tokoh nasional juga siap menjadi penjamin dalam upaya permohonan penangguhan penahanan tersebut.

Hatta ditangkap pada Kamis 8 Desember dini hari di rumahnya di Rusun Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hatta disangkakan dengan Pasal 107 jo Pasal 110 KUHP dan atau Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 ayat (2) UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).