alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584e1a4ba09a397e048b456c/h2h-event-pak-agus-dan-tuduhannya
[H2H Event] Pak Agus dan Tuduhannya
[H2H Event] Pak Agus dan Tuduhannya

Pada suatu hari, ada sebuah keluarga yang tinggal di sebuah desa. Keluarga ini merupakan keluarga Petani.
Si Bapak bernama Pak Agus dan si Ibu bernama bu Ijah. Pak Agus mempunyai satu petak sawah yang bersebelahan dengan sawah pak Edi.

Suatu hari, pak Agus pergi kesawah bersama pak Edi, mereka bertemu di tengah jalan. Mereka sangat akrab berbincang-bincang, sampai mereka tak sadar kalau mereka sudah sampai di sawah.

Setelah sampai sawah, mereka mulai mencangkul sawah mereka masing-masing, setelah 2 jam mereka bekerja, mereka akhirnya istirahat di sebuah pondok dari bambu yang mereka buat sendiri. Mereka sedang menunggu rantangan berisi nasi dan lauk dari istri mereka masing-masing. Saat masing-masing istri mereka datang membawa makanan, tampak Pak Agus dan Pak Edi semangat membuka rantangan mereka masing-masing, setelah dibuka, mereka tampak lahap sekali memakan makanan tersebut. Sembari menunggu pak Agus selesai makan, bu Ijah pergi ke sawah untuk melihat sawahnya, bu Ijah pun melihat cangkul yang dipakai Pak Agus. Bu Ijah membawa pulang cangkul kesayangan pak Agus karena bu Ijah merasa cangkul itu telah rusak. Setelah membawa pulang cangkul itu, bu Ijah kembali ke pondok bambu untuk membawa pulang rantangannya, tetapi bu Ijah tidak melihat pak Agus berada di pondok. Pak Edi berkata pada bu Ijah,

Quote:
"Mbak, pak Agus pergi ke rumah warga untuk buang air kecil", kata pak Edi.

"Oh, iya-iya, nanti bilang sama bapak, saya pamit pulang, ya? kata bu Ijah.

"Iya, mbak" jawab pak Edi.




Setelah itu, pak Edi melanjutkan pekerjaannya. Sepulang dari buang air kecil, pak Agus pergi ke sawahnya, namun pak Agus tampak mencari-cari cangkul kesayangannya. Namun usahanya sia-sia, cangkulnya tak ketemu juga, pak Agus pun menuduh pak Edi yang telah mencuri cangkulnya.

Quote:
"Hei, pak Edi, kembalikan cangkul saya, anda sudah tua tapi masih mencuri saja" kata pak Agus

Lantas pak Edi terkejut dan heran karena pak Agus menuduh pak Edi tanpa bukti, lalu pak Edi menjawab,

"cangkul? saya tidak ada mengambilnya, pak", kata pak Edi

"sudahlah, mengaku saja kamu, atau saya lapor kamu ke pak lurah !", ancam pak Agus

"silahkan, pak, silahkan. Saya tidak takut ancaman bapak, karena saya tidak merasa mencurinya", ujar pak Edi tegas



Mereka tampak beradu mulut, pak Agus berencana akan melapor pak Edi ke pak lurah besok. Pak Agus pun pulang dengan penuh emosi, sesampainya di rumah, pak Agus duduk di ruang tamu dengan keadaan emosi.

Bu Ijah menghampiri pak Agus dan melihat suaminya duduk di ruang tamu dengan mimik muka yang emosi, melihat suaminya seperti itu, bu Ijah mengerti perasaan yang sedang dialami pak Agus, lalu bu Ijah bertanya,

Quote:
"ada apa, pak? Sepertinya bapak sedang marah? tanya bu Ijah

"si Edi, buk, dia mencuri cangkul kesayangan bapak, rencananya besok mau lapor dia ke pak lurah", jawab pak Agus yang mulai sedikit tenang

"cangkul yang tadi bapak bawa ke sawah ?", tanya bu Ijah lagi

"ia, bu, yang tadi bapak bawa ke sawah", jawab Pak Agus dengan tenang

"aduh, pak. Cangkul bapak ibu simpan tadi waktu ibu ke sawah bawa makanan, ibu liatnya cangkulnya sudah rusak", seru bu Ijah dengan rasa bersalah

"ah, yang benar,bu. Coba sini bapak lihat", kata pak Agus tampak tak percaya



Bu Ijah pun pergi ke belakang rumahnya, tempat bu Ijah menyimpan alat-alat untuk bertani, bu Ijah pun kembali ke ruang tamu sambil membawa cangkul yang ia bawa dari sawah tadi.

Quote:
"ini, pak. Maaf ya, pak, ibuk udah bikin bapak sama pak Edi berantam, sebaiknya bapak jangan lapor ke pak lurah dan bapak harus minta maaf sama pak Edi", kata bu Ijah dengan memohon

"aduhh, bu, kenapa gak bilang sama bapak tadi?", tanya Pak Agus

"tadi ibu gak liat bapak di sawah", jawab bu Ijah

"hmm, iya, bu, besok bapak minta maaf sama pak Edi, sekalian tidak jadi melapor ke pak lurah" seru pak Agus

"iya, pak, iya" jawab bu Ijah




Esok paginya, pak Agus pergi ke rumah pak Edi untuk meminta maaf,

Quote:
"pak Edi, saya minta maaf sudah menuduh bapak mencuri cangkul saya, ternyata istri saya menyimpannya di rumah, dan saya tidak jadi melapor pak Edi ke pak luar", mohon pak Agus

"ia pak Agus, saya sudah memaafkan pak Agus, sebagai manusia kita harus saling memafkan, Tuhan saja maha pengampun, masa kita yang umatnya tidak bisa mengampuni, benar tidak pak Agus?", tanya pak Edi

"hehehe, iya, pak Edi, terimakasih sudah memaafkan saya, ayo kita pergi ke sawah, pak" ajak pak Agus

"iya-iya, ayok, pak Agus", jawab pak Edi



Akhirnya, pak Agus meminta maaf pada pak Edi karena pak Agus menuduh pak Edi yang mencuri cangkulnya, mereka kembali bersahabat dan mereka akhirnya selalu pergi ke sawah bersama-sama.


TAMAT


Pesan Moral dari cerita ini adalah kita tidak boleh langsung menuduh orang seenak kita, tanpa adanya bukti dan kita harus saling memaafkan jika ada orang yang berbuat salah kepada kita.
Wew trit ane top thread, makasih all
[H2H Event] Pak Agus dan Tuduhannya
Ceritanya mantep gan, kita memang jangan menuduh kalo gak ada bukti, semoga juara yaa
Quote:Original Posted By diontambunan
Ceritanya mantep gan, kita memang jangan menuduh kalo gak ada bukti, semoga juara yaa


hehe, makasih gan kunjungannya
saling maaf memaafkan emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By joyoklithi
saling maaf memaafkan emoticon-shakehand


emoticon-Shakehand2
hehe, iya gan, kita harus saling memaafkan, makasih yaa gan kunjungannya
Turn back crime emoticon-Metal

nuduh yg gak2 bikin ribut gajelas emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By Kentut.Menawan
Turn back crime emoticon-Metal

nuduh yg gak2 bikin ribut gajelas emoticon-Hammer (S)


yoi bray, jangan asal nuduh
Bagus.emoticon-Cool
Quote:Original Posted By wahyuew
Bagus.emoticon-Cool


makasih gan
Selamat soree
Up and up
Up and up
Mantab bre..
Lau emang okeh bre
emoticon-2 Jempol
Pak agus emoticon-Ngakak
melintas di sawah pak agus
emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By fallenfeel
Pak agus emoticon-Ngakak


kok ngakak lu bre?
Quote:Original Posted By sinyoreborn
Mantab bre..
Lau emang okeh bre
emoticon-2 Jempol


makasih genk
Quote:Original Posted By joyoklithi
melintas di sawah pak agus
emoticon-Traveller


oke bray
Gemboked