alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584ded351ee5df08158b4573/presiden-jokowi-perintahkan-sertifikasi-tanah-dikebut
Presiden Jokowi Perintahkan Sertifikasi Tanah Dikebut
Presiden Jokowi Perintahkan Sertifikasi Tanah Dikebut

Metrotvnews.com, Balikpapan: Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh kantor wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) bekerja keras. Jokowi ingin proses sertifikasi tanah yang secara nasional masih di bawah 60 persen dikebut.


"Saya minta seluruh jajaran kanwil BPN kerjakan secepat-cepatnya kalau ingin diminta layanan sertifikat. Kerja siang-malam, kerja kantor pertanahan," tegas Jokowi saat memberi sambutan pada acara penyerahan Sertifikat Tanah Program Strategis Tahun 2016 di Balikpapan Sport & Convention Center (Dome), Balikpapan, Senin (5/12/2016).


Presiden juga menegaskan pentingnya reformasi pelayanan di seluruh kantor BPN, mengedepankan unsur kecepatan. Selain itu, dia menekankan agar tak ada pungutan dalam memberikan pelayanan.


Menurut Presiden, ada sekitar 120 juta hektare tanah di seluruh Indonesia yang harus disertifikasi. Saat ini, baru 46 juta hektare yang sudah disertifikatkan.


"Kita 71 tahun merdeka yang sudah diselesaikan baru 46 juta, masih 60 persen lebih yang belum selesai di seluruh Indonesia," ujar dia.


Jokowi menargetkan menyelesaikan minimal 5 juta sertifikat pada 2017, meningkat menjadi 7 juta sertifikat di 2018, dan 9 juta sertifikat di 2019. Presiden berjanji akan mengecek langsung realisasi program tersebut.


Bekas Gubernur DKI ini juga memerintahkan penambahan 10 ribu juru ukur dari jalur non-PNS. Juru ukur diharapkan bisa langsung bekerja setelah menjalani uji kompetensi.


"Ini kalau harus mengangkat PNS, memakan waktu lama. Sudah, enggak usah PNS, sekarang pakai uji kompetensi saja langsung jadi juru ukur, cepat-cepatan. Kalau enggak cepat nanti enggak selesai-selesai," tegad dia.


Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dalam laporannya mengatakan, pada 2025 diharapkan seluruh tanah di Indonesia sudah bersertifikat. Minimal, seluruh tanah sudah terdaftar.


"Untuk itu Kementerian Agraria dan Tata Ruang akan merekrut 2500-3000 tenaga juru ukur untuk melakukan percepatan program ini,” kata Sofyan.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...-tanah-dikebut

---

Kumpulan Berita Terkait SERTIFIKAT TANAH GRATIS :

- Presiden Jokowi Perintahkan Sertifikasi Tanah Dikebut Presiden Jokowi Perintahkan Sertifikasi Tanah Dikebut

- Presiden Jokowi Perintahkan Sertifikasi Tanah Dikebut BPN Sumut Serahkan Sertifikat Tanah untuk 2.000 Warga

- Presiden Jokowi Perintahkan Sertifikasi Tanah Dikebut Kebut Sertifikasi, Kementerian ATR Rekrut 2.000 Tenaga Survei

×