alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584d936812e2575d0c8b4569/mengenang-marie-muhammad-dan-pembredelan-tempo
Mengenang Marie Muhammad dan Pembredelan Tempo
TEMPO.CO , Jakarta - Almarhum Mar’ie Muhammad mencatatkan sejarah panjang sebagai sosok pejabat yang anti terhadap korupsi di era Orde Baru. Sejarah juga mencatat bahwa ia berada di balik penentangan pembelian kapal perang eks Jerman Timur pada 1994.
“Mengenang Mar’ie, ingat kasus pembredelan Majalah Tempo pada 1994,” kata Redaktur Senior Tempo, Toriq Hadad mengenang seperti dikutip dari akun Twitternya pada Minggu, 11 Desember 2016. “Tempo menulis pembelian kapal perang eks Jerman Timur yang ditolak Mar’ie.”
Toriq paham betul bagaimana sikap Mar’ie saat itu atas pembelian kapal bekas yang disebut tak layak pakai tersebut. Toriq mengatakan pria yang biasa disebut Mr. Clean itu tak sepakat uang negara digunakan untuk membeli kapal bekas.
“Menkeu Mar’ie tak setuju uang negara untuk beli kapal bekas,” tulis Toriq. “Menteri Ristek BJ Habibie sebaliknya. Soeharto anggap Tempo adu domba, dibredel.” Toriq adalah satu di antara wartawan Tempo kala itu yang berhasil mengungkap pembelian kapal bekas tersebut.
Pembredelan ini dilakukan Orde Baru lantaran Tempo mengupas pembelian 39 kapal perang Jerman Timur. Salah satu kapal, bernama KRI Teluk Lampung dilaporkan tenggelam saat berlayar dari Jerman menuju Indonesia. “Saat itu suhu politik Jakarta sedang hangat karena Menteri Keungan Mar’ie Muhammad menolak harga yang diajukan Menteri Habibie,” tulis Majalah Tempo pada 11 Juni 1994.
Habibie mengajukan harga US$ 1,1 miliar, kala itu. Dua tahun sebeumnya, harga 39 bangkai kapal tersebut hanya dihargai US$ 12,74 juta atau setara Rp 27,5 miliar dalam rupiah kala itu. Melambungnya harga kapal ini karena alasan perbaikan kapal dan biaya pengiriman kapal.
Sebelumnya, pada 1992, Fraksi ABRI berkunjung ke Jerman, mengecek kapal yang akan dibeli pemerintah. Anggota Dewan mendapati kapal-kapal itu rongsokan belaka. Ketua Fraksi Abu Hartono masa itu menyebut sebagai besi tua. Waktu itu Habibie mati-matian meyakinkan bahwa kapal-kapal itu masih berfungsi baik.
Pemberitaan Tempo tersebut membuat situasi politik memanas. Ada kecurigaan pembelian kapal tersebut melibatkan keluarga dan orang dekat Habibie. Presiden Soeharto dalam pidatonya marah besar. Hingga akhirnya, Menteri Penerangan Harmoko masa itu mengusulkan agar Tempo dibredel. Tempo dibredel pada 21 Juni 1994 bersama Detik dan Editor.
Mar’ie diangkat sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Soeharto pada 17 maret 1993. Pada masa menjabat, ia menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar. Bahkan selama lima tahun menjadi Menteri Keuangan, pada awal 1997, Indonesia pernah menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian.
Kini ia telah berpulang. Mar’ie meninggal pada usia 77 tahun pada Minggu dini hari di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur. Mar’ie menderita sakit paru-paru sejak lama. Keluarga berencana memakamkan jenazah Mr Clean itu pada hari ini juga di TPU Tanah Kusir Jakarta.






https://m.tempo.co/read/news/2016/12/11/078827159/mengenang-marie-muhammad-dan-pembredelan-tempo
Low profile nih orangnya... Ane pernah ngopi bareng di warung kopi biasa
Semoga Allah menggolongkan beliau kepada orang2 yg baik... Aamiiin
RIP pak marie muhammad...emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By cenghay
Low profile nih orangnya... Ane pernah ngopi bareng di warung kopi biasa
Semoga Allah menggolongkan beliau kepada orang2 yg baik... Aamiiin


Dapat julukan mr.clean diera pak harto,ane cuman bilang bisa bilang wooww
Org sakti dijamannya enih bre emoticon-Toast
emoticon-2 Jempol
RIP Pak Mar'ie emoticon-Turut Berduka
emoticon-Turut Berduka
semoga diterima di sisi Tuhan YME
cepat atau lambat sejarah pasti akan memperlihatkan kebenaran yg sesungguhnya.

Bravo n RIP Pak Marie..
ingat kacamata beliau yang tebal kalo liat beliau di tv emoticon-Malu

kalo kabinet² zaman orba Ane rasa mudah untuk diingat namanya karena reshuffle kabinet itu dulu gak ada emoticon-Big Grin jadi sekali dilantik seterusnya tuh sampai ketemu pemilu lagi (5 tahun),....

emoticon-Berduka (S) selamat jalan pak Marie...


emoticon-Turut Berduka
ane inget nih Mr.clean...katanya emang bersih waktu itu, skg julukannya banyak dipake jd nama tempat laundry
hehehe orde baru pers di bredel pada diem. jaman skrng dibredel ? kocaknya dunia ini
Quote:Original Posted By ale.tomo
Org sakti dijamannya enih bre emoticon-Toast


Bukannya pak Soedomo bre ? Ckakakk.... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wowo.jonggrang


Bukannya pak Soedomo bre ? Ckakakk.... emoticon-Big Grin


Klo yg itu gak ikutan dah ane bre emoticon-Ngakak
Zaman mbah Harto protes karena korupsi
Sekarang demo berjilid2 + mau makar karena penistaan agama... Ada2 gajah



Quote:Original Posted By wowo.jonggrang


Bukannya pak Soedomo bre ? Ckakakk.... emoticon-Big Grin


wah apa tuh gan kok tiba2 nyaut ke pak domo?lupa ane...yg ane inget malh ucapn khas pak harmoko.."menurut instruksi bapak presiden.."dengan suara khasnya
ana tak tahu menahu soal orde baru.. ane baru punya otak sejak mamak banteng berkuasa.. sebelum itu ane masih bocah..
ane yakin, yang komen di trit ini pasti kelahiran 80 kebawah
dan ane yakin, otaknya sudah pada jadi
bahasanya adem2
ngga seperti...... asuuu......dahlaaaah.........
wah ane baru tau nih
Buzzer gak ngerti masalah inih