alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583190c3c2cb17404b8b4569/ramai-soal-kemenag-ambil-alih-sertifikasi-halal-dari-mui-ini-penjelasannya
Ramai Soal Kemenag Ambil Alih Sertifikasi Halal dari MUI, ini Penjelasannya
Beredar kabar sertifikasi produk halal yang biasa ditangani oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) kini diambil alih sepenuhnya oleh Kementerian Agama (Kemenag). Apa benar kabar tersebut?

Kasubdit Produk Halal Kemenag Siti Aminah membantah kabar itu. Dia menegaskan, MUI masih berperan besar dalam menentukan sertifikasi halal sebuah produk.

"MUI tetap berperan. Sertifikasi halal itu tidak bisa dikeluarkan oleh Kementerian Agama tanpa adanya fatwa Keputusan Penetapan Kehalalan Produk dari MUI," kata Siti Aminah kepada detikcom, Minggu (20/11/2016).

Siti menjelaskan secara singkat tentang proses penetapan sertifikasi halal produk. Masyarakat yang ingin mendapatkan sertifikat label halal harus mendaftar ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. Badan ini kemudian meminta kepada Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) untuk melakukan audit atau pemeriksaan produk yang dimaksud.

Siti Aminah menjelaskan, hasil audit LPH ini kemudian diserahkan kepada BPJPH. BPJPH kemudian menyampaikan hasil audit LPH itu ke MUI untuk dikeluarkan fatwa Keputusan Penetapan Kehalalan Produk.

"MUI lah yang kemudian menetapkan kehalalan produk itu lewat fatwa Keputusan Penetapan Kehalalan Produk. Surat ini kemudian diserahkan kembali ke BPJPH untuk kemudian dikeluarkan sertifikasi halal produk tersebut," jelas Siti Aminah.

"Jadi, MUI tetap melakukan kegiatan itu. Justru, kalau tidak ada fatwa Keputusan Penetapan Kehalalan Produk dari MUI itu, Kementerian Agama tidak bisa mengeluarkan sertifikasi halal," tegasnya lagi.

https://m.detik.com/news/berita/d-3349741/ramai-soal-kemenag-ambil-alih-sertifikasi-halal-dari-mui-ini-penjelasannya

Mestinya pemerintah punya dewan atau majelis sendiri untuk mengeluarkan label halal. Mengingat kepercayaan terhadap yang saat ini menurun karena kekhawatiran di tumpangi kepentingan politik semata.

Harusnya sih label halal itu pemerintah yang keluarin. Supaya lebih jelas, dan penjelasan sabab musabab kehalalan tsb juga mesti transparan.
Ramai Soal Kemenag Ambil Alih Sertifikasi Halal dari MUI, ini Penjelasannya
Dan yang paling di harapkan agar ke depan lembaga fatwa tidak di isi oleh orang yang ada di kepengurusan organisasi politik, apalagi sampai di isi oleh timses politik pihak tertentu. Mudah mudahan bisa
setuju aja sih gw. betul memang yg seharusnya menyertifikasi adalah kemenag
MUI diatas angin
emoticon-Recommended Seller
emoticon-Wkwkwk
Semoga bisa menjadi lebih baik lagi....
Quote:Original Posted By bulujagunghot

Dan yang paling di harapkan agar ke depan lembaga fatwa tidak di isi oleh orang yang ada di kepengurusan organisasi politik, apalagi sampai di isi oleh timses politik pihak tertentu. Mudah mudahan bisa


ini yang susah.
emoticon-Leh Uga
berarti makin rumit donk ya, buat bikin sertifikat halal ?


mui dan fanboynya langsung kejang-kejang, jokowi pasti disalahkan emoticon-Leh Uga
PNBP kemenag emoticon-Big Grin
rebutan stempel halal emoticon-Wakaka
Jadi tumpang tindih yaa. Kenapa ormas seperti MUI harus yang mengeluarkan sertifikat halal.
bayar berapa buat dapet sertifikasi halal....?!??
Quote:Original Posted By kemambung
PNBP kemenag emoticon-Big Grin


Yg penting standar pelayanan, tarif sama pembayarannya jelas.

Jd inget plesetan pnbp = penerimaan negara, bukan (penerimaan) pribadi emoticon-Ngakak

Silahkan tanya sama yg udah berpengalaman terima langsung sm diterima negara (pnbp), beda bgt rasanya emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By vicking


Yg penting standar pelayanan, tarif sama pembayarannya jelas.

Jd inget plesetan pnbp = penerimaan negara, bukan (penerimaan) pribadi emoticon-Ngakak

Silahkan tanya sama yg udah berpengalaman terima langsung sm diterima negara (pnbp), beda bgt rasanya emoticon-Angkat Beer


dan semoga sertifikat expired, tidak auto haram emoticon-Big Grin
Semoga bisa lebih transparan saja prosesnya
yang bener kemenag donk yah
duidnya selama ini kemana ya yg masuk mui?emoticon-Stick Out Tongueaket
Quote:Original Posted By hendra.yg
mui dan fanboynya langsung kejang-kejang, jokowi pasti disalahkan emoticon-Leh Uga



jkw harus lengser, berani jkw mengganggu bakul nasi gemuk emoticon-Mad:



*yg marah sama postingan ane, audit dulu keuangan MUI, MUI ada untuk masyarakat, ada biaya untuk proses sertifikat n dpt jg duit dr pemerintah berarti harus bertanggung jwb juga kpd masyarakat. Ayo audit, jgn selalu berlindung dibalik agama
Minimal sekarang duitnya jelas kemana bisa diperiksa, bukan jadi duit belanja istri ke empat provokator bersorban emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By dika160507



jkw harus lengser, berani jkw mengganggu bakul nasi gemuk emoticon-Mad:



*yg marah sama postingan ane, audit dulu keuangan MUI, MUI ada untuk masyarakat, ada biaya untuk proses sertifikat n dpt jg duit dr pemerintah berarti harus bertanggung jwb juga kpd masyarakat. Ayo audit, jgn selalu berlindung dibalik agama


duitnya banyak gan, bayangkan sertifikat halal McD jakarta tidak berlaku di pekanbaru. semua cabang harus ngurus sertifikat sendiri-sendiri ke MUI propinsi
http://food.detik.com/read/2016/01/1...rtifikat-halal

MUI emoticon-Najis
Yang penting bisa diaudit. Gak kaya sekarang.
Quote:Original Posted By primal.zerg
nazbung radikal kejang-kejang terutama MUI emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


ulama gak mungkin salah kata nasbung emoticon-Najis