alexa-tracking

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58202301c0cb17f2368b456e/catper-kelud-6-nopember-2016
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Kelud via Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Pesona kawah kelud dari desa Tulungrejo adalah salahsatu destinasi yang ingin saia kunjungi sejak lama, sambil memantabkan info dan setelah menimbang dan baca baca dari berbagai informasi untuk mencapai Kelud via Tulungrejo akhir na ada timming yang pas untuk saia mengunjungi na.


Sabtu siang (5-Nop-16)
saia bergerak dari Gresik untuk menuju kawasan wisata Tretes, sambil membawa perlengkapan bakal dipakai jejalanan esok pagi. walaupun saia sangsi bakalan lanjut jalan ke Kelud ato sekedar jalan di wanawisata Kake Bodo untuk esok pagi
Karna malam na saia masi ada acara rapat dikomunitas, dan selesai rapat saia putuskan* untuk lanjut ke Malang demi mencapai rencana awal ke Kelud.

Malang,
6 Nop 16 jam 01.30 dinihari saia sudah transit di terminal Arjosari-Malang, sambil menunggu bus yang akan saia tumpangi bakal menuju kecamatan Wlingi-Blitar dan dilanjut ojek sampai desa Tulungrejo dirumah bapak Dasuki.

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016

Saia tiba dirumah bapak Dasuki sekitar jam 6pagi, dihalaman rumah sudah tampak beberapa puluh motor pendaki yang diparkir. Sambil menyapa beberapa orang pendaki yang ada -(ternyata pendaki dr gresik jua, thanks sarapan pagi na kawan emoticon-Big Grin) ngobrol ngalor ngidul sambil ritual pagi dan mempersiapkan buat pendakian saia siap berangkat jam 07.20am. Pamitlah saia pada bapak dasuki dan kawan dari gresik untuk memulai perjalanan ini.

Dari depan rumah, lanjut menikuti jalan aspalan keatas sampai dengan hutan pinus dan mengarah ke jalan setapak - ada plang petunjuk yang tertempel di pohon - Lintasan jalan setapak masi datar datas dibawah hutan pinus dan diselingi beberapa batang pohon coklat.
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Selepas kawasan hutan pinus vegetasi mulai berubah menjadi alang alang dan rumput gajah, masi tetap dijalan yang setapak dengan kontur yang landai. Akhir dari trek ini ada sedikit tanjakan dan nampak sebuah bangunan beratap seng tanpa dinding.
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016

(pos I - jam 07.45am).
Lumayanlah trek awal buat pemanasan sebelum dihajar tanjakan demi tanjakan dari pos I menuju pos II.

Lanjut jalan setelah beristirahat sekitar 5menitan, maklum suasana syahdu dalam hutan sendirian plus kabut bikin saia nganu. Ambil hetset pencet ipod dan lanjut jalanlae.
Trek ini tergolong dekat jika dibanding trek sebelum na tapi lumayan menguras tenaga karna tanjakan demi tanjakan tapi masih dalam kungkungan hutan sampai dengan area sedikit lapang dibawah dua pohon besar yang terdapat plang petunjuk lokasi pos II.
Istirahat bentar sambil jepret dokumentasi, saia lanjut aja buat menuju pos III.

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
penanda pos II, masih kabut di jam 08.30am


Dari pos II keatas vegetasi mulai berubah menjadi terbuka, pohon mulai berkurang dan berganti menjadi tumbuhan perdu dan ilalang rimbun disisi kanan dan kiri. Baru saia sadari kalo diantara rimbun ilalang ini saia menyusuri puncak punggungan bukit jadi di kanan-kiri jalur udah jurang, efek kabut dan rimbun na ilalang bikin saia fokus terus kejalur setapak demi mencapai akir punggungan bukit di pos III.

Pos III jam 09.08am atau dikenal sebagai pos sarang burung(sekarang udah ga ada).
Terletak di atas punggungan terbuka yang dapat menampung sekitar 3 - 5tenda ukuran sedang, nda jauh dari pos III ada beberapa lokasi yang sedikit lebih kecil yang dapat digunakan untuk spot tenda jua.

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Tenda


Dari sini udah tampak medan selanjut na berupa turunan curam yang bakal mengarahkan ke bukit-bukit selanjut na sampai ke punggungan gunung Kelud. Trek selanjut na bikin asoy dahg, turun naik punggungan bukit terjal yang dikanan kiri na jurang tanpa ada na pepohonan yang melingkupi jadi kalo panas langsung menerpa.

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Turun

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Dinding Kelud disana


Selesai melahap turunan dan tanjakan sampailah saia pass dikaki gunung kelud, medan na terbuka mulai berbatu kerikil macam daerah pasar bubrah, dikawasan ini mulai dapat ditemui tumbuhan edelweiss.
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Jalur batu

Lanjut pelipir punggungan bukit batu akan mengarahkan kita sampai di ujung sadel kawasan puncak Kelud[ib]1[/b]. Jalur didominasi oleh pasir lembut. Jam 10.00am saia bertemu dengan beberapa pendaki yang akan turun dari kawasan puncak-mereka menceritakan kalo udah nunggu dari pagi tapi kabut belum jua pergi jadi nda dapat pemandangan kawasan kawah.
Dari jalur sadel saia melipir kea rah kanan untuk menuju kawah spot pemandangan kearah kawah Kelud, medan terbuka melintasi bukit2 kecil yang masi didominasi pasir dan kerikil.

Alhamdulillah kabut sudah hilang berganti panas terik, separuh perjalanan hari ini (10.18am) saia disuguhi pemandangan kearah kawah kelud sisa erupsi, berupa cerukan dengan air berwarna kuning. Ada tiga orang pendaki dimari, bakal bantuin saia buat ambil pose nie emoticon-Embarrassment
Sambil istirahat dan ambil beberapa pose saia kembali turun kebawah kaki gunung untuk cari tempat berteduh dari terik matahari.

[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Kawah
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016


Selesai istirahat secukup na saia lanjutkan (untuk menuju pos III di bukit sebelah) naik beberapa bukit,
Panas terik bikin cepat haus dan napas ngos-ngos. Sampai di pos III saia mulai isi kalori lagi bakal lari sampai rumah pak Dasuki.
Tepat adzan ashar, saia sampai dibatas jalan aspal dan menelusuri jalan desa sampai di rumah pak Dasuki.
Istirahat, mandi, berganti pakaian kemudian saia berpamitan kepada keluarga Pak Dasuki untuk pulang dan diantarkan anak pak Dasuki menuju Kawedanan-Wlingi untuk naik bus antar kota

Note:
1. Sepanjang jalur puncak banyak pasir dan batuan lepas.
2. Jalur pos II sampai kawasan puncak kawah banyak melintasi punggungan terbuka dengan jalur setapak yang ditutupi ilalang rimbun, berhati-hatilah dalam melangkah atopun berpapasan dengan pendaki lain

Lama perjalanan:
BC - Pos I 55menit
Pos I - Pos II 35menit
Pos II - Pos III 38menit
Pos III - Kawah 70menit

Start jam 07.20am – Finish jam 03.00pm
Total 7,5jam PP termasuk istirahat pose pose dan ngobrol dengan pendaki lain na



Spoiler for bonus, IGO Malang :


Akses termudah menuju Tulungrejo adalah via Wlingi. Jadi dari Malang atopun Blitar tujulah ke Kecamatan Wlingi,
Transportasi dari Wlingi menuju Tulungrejo ada angdes (terbatas waktu) atopun ojek

Berangkat
Transportasi dan biaya:
Dari Malang,
terminal Arjosari gunakan bus jurusan Ponorogo/Trenggalek kemudian turun di Wlingi-Blitar (tepat na Kawedanan) 15k
Naik ojek menuju ds Tulungrejo (Kelud via perhutani Tulungrejo) 30k
Simaksi seiklas na aja, tapi wajib mencatatkan data diri di buku tamu dirumah Pak Dasuki.

Pulang
Bus dari Kawedanan, Wlingi Blitar - Arjosari Malang 15k
Bus PATAS Malang – Surabaya 25k
Bus Surabaya – Gresik 6k
Parkir motor 5k

inpo tambahan

- Akses kendaraan umum menuju Tulungrejo susah. Pesan ojek ato kendaraan buat antar/jemput sebelum na.

update:
Quote:


18 mar 17.
  1. udah ada tiket pendakian dr perhutani RPH Blitar

  1. ada tambahan biaya buat antar dan jemput pendaki dr loket menuju titik start dibatas hutan.

  1. udah ada warung makan dari warkamtu. lumayan isa mensupport perut sebelum dan sesudah pendakian



[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
[Catper] Kelud, 6 Nopember 2016
Padahal udah ada tulisan kentang tapi tetap aja terbaca haha haha haha

Ambil koran, kopi dan gorengan sembari nunggu lanjutannya
image-url-apps
Ude om, ane tambahken bonus sekalian emoticon-Embarrassment

KASKUS Ads
Quote:


Di kawah ada penambangan ya Om?

image-url-apps
Quote:


Kek na gitu, itukan objek wisata kawah kelud via kediri om.
Nah yang tumpukan pasir itu sisa erupsi dikeruk demi revitalisasi dan perbaikan kawasan wisata
Wah seru emoticon-Belo
image-url-apps
Mangpir lah mbah Kernell, masi ada jalur Karangrejo yg bikin saia penasaran emoticon-Embarrassment
wow, kawahnya jd gitu ya gan setelah erupsi thn 2014
ane thn 2012 gowes dr plosoklaten sampe puncak kelud
di tengah kawah masih tumbuh anak kelud..
image-url-apps
Quote:


Ia kakak, sekarang udah jadi danau lagi ditengah na
sekarang pos ijin di depan kantor perhutani udah gak di pak dasuki lagi, awal desember kemaren kesana ternyata banyak pacetnya emoticon-Frown
image-url-apps
Quote:


WeW, ada penampakan kantor perhutani disebelah mana ya gan? Saia waktu itu nda paham disebelah mana ada kantor perhutani
Tz dirumah pak Dasuki sepi dund...ato menjelma menjadi tempat parkir kendaraan aja yaa
Quote:


sekitar 200 meter sebelum rumah pak dasuki, ada gapuranya kok sama tulisan bahwa ijin pendakian diurus di situ. Buat parkir luas, ada mushola sama toilet juga. Pas tanya sama yg urusin ijin sih nantinya ijin harus di situ semua soalnya di pak dasuki enggak ada kejelasan dananya :/
image-url-apps
Oh sedikit nggeh saia, tepat na bener dikiri jalan ya gan?

Tempo ari waktu kesitu masi diproyek, dan sempat dibilangi sama anak na pak dasuki...cuman nda dijelasin bakal jadi pos perijinan wisata pendakian seh
nah bener itu om, katanya sih biar duit yg terkumpul bisa dikelola buat penataan jalur dll, soalnya kan di situ plang atau petunjuk arah hampir gak ada, tulisan pos aja cuma ada di pos 2 emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Sebaik na bijitu, biar ada pengelolaan dan minimal ada penanggung jawab URC kalo darurat
knapa gk lewat kediri aja gan ??
image-url-apps
Quote:


Karna kepingin na via mBlitar om emoticon-Embarrassment
Mantaps Tripnya gan, bisa jadi referensi tujuan ane selanjutnyaaa emoticon-Toast emoticon-Toast
image-url-apps
Quote:


monggo mas gan dicobain ke kelud via tulungrejo
image-url-apps
update terbaru udh d tambahken emoticon-Embarrassment
×